cintadineAvatar border
TS
cintadine
3 Acara TV Dewasa yang Pernah Bebas Tayang Sebelum KPI Menyerang

Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Berdiri pada 2002 di mana pada era orde baru peran KPI dilakukan oleh Departemen Penerangan yang kini menjadi Kominfo. KPI dibentuk sebagai lembaga independen untuk mengawasi dan menjalankan regulasi penyiaran televisi dan radio. Awalnya aturan yang dibuat KPI memang tidak seketat sekarang, namun kira-kira sejak tahun 2010 atau semenjak kejadian viral kasus Ariel, Luna Maya dan Cut Tari yang menghebohkan itu, KPI semakin keras dan melakukan pemberangusan terhadap isi siaran bahkan kerap melakukan kebijakan yang tidak masuk akal.

Seperti sensor yang berlebihan dan pemusnahan terhadap tayangan-tayangan tertentu. Jangan wanita yang berpakaian seksi, tupai yang pakai bikini saja sudah kena sensor karena saking takutnya dengan KPI. Iklan Shopee Blackpink yang tak bersalah apa-apa pun pernah disemprot oleh KPI. 


Padahal, sebelum KPI menyerang, pernah ada tayangan-tayangan yang cenderung dewasa dengan bebasnya tayang di tv nasional tanpa adanya sanksi. Acara seperti apakah itu?

Baywatch
Konten Sensitif

Baywatch adalah serial tv barat era 1990an yang temanya adalah sekelompok penjaga pantai dengan kisah keseharian mereka. Ya, mereka memakai pakaian renang dan pernag tayang di RCTI sekitar tahun 1997 setiap Minggu di sore hari. Waktu itu tentunya belum ada KPI dan tidak terjadi apa-apa. Bahkan sekitar tahun 2008 sampai 2009 Bioskop Trans TV juga pernah menayangkan Baywatch versi the movie tanpa sensor padahal saat itu sudah ada KPI namun tidak segalak sekarang.

Kalau sekarang jangankan Baywatch, ada belahan dada sedikit saja langsung diblur bahkan tayangan Puteri Indonesia juga pernah kena blur. Shizuka Doraemon juga kena sensor. Sebenarnya orang gila macam apa yang begitu mudahnya menyensor?

Komedi Tengah Malam
Konten Sensitif

Sesuai dengan namanya, acara ini adalah salah satu program Lativi yang pernah tayang di era 2000an dan ditayangkan pada jam tengah malam ketika anak di bawah umur sedang pada tidur. Kalau dipikir-pikir lagi acara ini memang serba nanggung dan hanya menampilkan wanita seksi saja, itu saja tidak lebih dan kala itu acara ini tidak terendus oleh KPI.

Lativi kala itu memang menjadi tv yang mampu berbeda sendiri dan keluar dari kotak dengan menayangkan acara-acara unik namun semuanya berubah ketika sudah menjadi tvOne.

Kuis Tengah Malam
Konten Sensitif
Entah nama acaranya apa, namun yang jelas kuis ini pernah ada di pertengahan di tahun 2000an dan sempat tayang di TPI pada tengah malam. Biasanya yang memandu kuis ini adalah artis wanita seksi seperti Rahma Azhari atau Yeyen Lidya dan tanpa sensor sama sekali. Acara kuisnya hanya meminta pemirsa untuk mengirimkan SMS premium dan yanh beruntung akan ditelepon dan diberi hadiah uang tunai.

Dengan memakai artis yang hot, memungkinkan untuk menyedot perhatian pemirsa yang kaum adam untuk tetap melek dan bahkan ikutan kuis walaupun peluang menangnya kecil.

Acara Lainnya

Sebenarnya ada banyak acara lainnya yang mengandung materi dewasa di tv Indonesia sebelum KPI menyerang bahkan ada yang tayang sebelum jam 22:00. Agan bisa menyebutkannya kalau masih ingat. emoticon-Big Grin

Ya begitulah kira-kira sedikit acara "dewasa" sebelum KPI menyerang, gan. emoticon-Ngakak (S)

Referensi

kibinyo
j0rji
goeltom25338186
goeltom25338186 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
18.2K
179
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.