• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Pokoknya Jangan Lakukan, Sikat Gigi Langsung Berkumur (Ini Akibatnya!)


Sejak kemarin teman kerja saya Arman (nama samaran) tidak masuk kerja karena sakit gigi, teman satu ruangan yang biasanya paling berisik kemarin lusa mulai mengeluh kalau giginya sakit akibat banyak karangnya. Dan pagi tadi dia WA ke saya kalau dia hari ini mau absen kerja.

"Bro, bilang boss sama Vita (manajer), gw absen dulu yak, gigi gw sakit banget nih.. sedari semalem gak bisa tidur. Pagi ini gw mau ke dokter gigi."Begitulah kira-kira isi WA si Arman. Dan siangnya saya coba menghubungi dengan maksud mencari kabar terakhirnya.

"Sumpah bro, gw baru tahu ternyata berkumur lama-lama malah gak bagus ya, buat gigi," kata Arman menjawab video call saya.

"Lo kan yang gw tahu setiap istirahat makan siang atau ngemil selalu sikat gigi, aneh aja rasanya.. gigi sebersih elo malah sakit (gigi)," kata saya.

Arman pun menjelaskan berdasarkan nasehat yang dia terima dari dokter tentang hubungan berkumur setelah sikat gigi. "Lo, jangan tiru cara gw lah, bro," kata Arman mewanti-wanti kepada saya.

"Bukannya setelah sikat terus berkumur makin bersih, kan menghilangkan kotoran disela gigi yang gak terjangkau bulu sikat?, kata saya balik bertanya (korban iklan, hehe).



"Gini bro, menurut dokter bukan tidak boleh berkumur samasekali, ya tapi tidak boleh dilakukan terlalu lama gak boleh lebih dari 30 detik, cukup 1x saja apalagi berulang kali setelah sikat gigi, karena akan menghilangkan kandungan pasta giginya."

"Maksudnya gimana, bro," tanya saya lagi

"Nih, ya dipasta gigi itukan ada yang namanya Fluor. Nah, fluor ini sangat dibutuhkan untuk kesehatan gigi, manfaatnya itu untuk mencegah karies atau gigi jadi berlubang. Jadi kalau kumur lama setelah sikat gigi malah merugikan kesehatan gigi."



Akhirnya saya baru mengerti dan paham maksud Arman. Setiap hari di kantor Aman memang sering sikat gigi lalu berkumur-kumur sampai berulang kali dan sudah dilakukan cukup lama. Putih dan rapih, sih memang giginya.

Ternyata yang seharusnya fluor melapisi bagian terluar gigi malah terbuang sia-sia terbawa oleh air kumur. Gigi jadi tidak memiliki 'tameng' untuk mencegah gigi berlubang. Padahal niatnya Arman kepingin giginya benar-benar bersih malah memberi celah kepada kuman untuk mudah masuk lebih jauh kebagian dalam gusi, terlebih hobinya sering ngemil dan ngopi. Wew, jangan ditiru kebiasaan si Arman ini ya, gan.




Sebuah opini
Ref. Arman Ns (rekan kerja)
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 15-06-2022 12:37
miawmow
kronggahan
emineminna
emineminna dan 15 lainnya memberi reputasi
16
4.4K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.