iskrimAvatar border
TS
iskrim
(Ini) Alasan Produsen Menciptakan Lampu Jauh Pada Kendaraan?


Keberadaan lampu bagi kendaraan bermotor sejak zaman dulu hadir dari berbagai sumber cahaya dan model, sumber cahaya yang dulu dengan api kini menggunakan teknologi led berkualitas tinggi. Lampu bagi kendaraan menjadi amat penting sebagai penerang jalan dan keselamatan yang kala itu jalan raya belum seterang dan seramai sekarang.

Rupanya warisan diciptakannya lampu pada kendaraan tetap berguna hingga detik ini, bahkan amat penting menjadi bagian dari syarat jalan dan keselamatan berkendara. Seperti halnya dunia fashion, bentuk dan teknologi lampu ikut berbenah dan memperrcantik diri tanpa melupakan inti dari fungsi sebenarnya.



Head lamp mobil klasik menggunakan cahaya dari lilin.

Namun sebelum itu, ketika sebuah lampu utama sinarnya terbatas karena jarak jangkau yang lebih jauh maka diciptakanlah lampu high beamatau kita sebut dengam lampu jarak jauh. Seperti namanya berguna untuk membantu penglihatan mata manusia pada objek yang lebih jauh, lebih lebar lewat bantuan sinar lampu jauh.

Agar titik jatuh sinar lampu jauh mampu menjangkau objek yang lebih jauh daripada lampu dekat (low beam) maka dibutuhkan daya dan daya lampu yang lebih kuat. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 55 Tahun 2015 tentang Kendaraan, lampu high beam atau lampu jauh dapat memancarkan sinar yang cahayanya paling sedikit 100 (seratus) meter ke arah depan. Sinar lampu jarak jauh akan menyorot ke arah tengah-tengah jalan yang akan dilalui pengendara tapi tidak menyilaukan dari arah berlawanan.



Karena sekarang ini sepertinya banyak pengendara yang sengaja atau tidak tahu menggunakan lampu jauh terus menerus disemua situasi jalan, lalu pertanyaannya sekarang adalah kapan waktu yang tepat menggunakan high beam atau lampu jauh ini? Menggunakan lampu jauh diwaktu yang tidak tepat membuat tidak nyaman orang lain dan berbahaya.

Menggunakan high beam atau lampu jauh yang tepat adalah ketika situasi pandangan terbatas oleh minimnya cahaya di jalan yang sepi, berkabut, hujan deras, membaca petunjuk jalan yang tersamar, kendaraan melaju dengan kecepatan kencang disituasi yang aman dan lancar, sebagai alat komunikasi ke pengendara lain, ketika melewati daerah perbukitan atau pegunungan. Inipun penggunaan high beam atau lampu jauh hanya sebentar-sebentar saja, tidak di 'panjer' terus menerus terutama jika bertemu kendaraan lain yang berlawan arah.



Jadi, buat kamu yang sampai detik ini selalu menggunakan high beam atau lampu jauh disegala kondisi jalan, terutama jalan komplek atau perkampungan lebih baik jangan dilakukan lagi, cara ini berlebihan, selain menyilaukan, aki jadi lebih cepat boros, tapi juga berbahaya bagi pengendara dan orang lain.




Sebuah opini
Ref. tkp, tkp2
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 08-06-2022 22:51
cor7
indrastrid
emineminna
emineminna dan 7 lainnya memberi reputasi
8
2.6K
50
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.