• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 9 Hal Penting yang Menurut Ane Harusnya Diajarkan di Sekolah, Mengurangi Madesu!

millenieAvatar border
TS
millenie
9 Hal Penting yang Menurut Ane Harusnya Diajarkan di Sekolah, Mengurangi Madesu!

Apa tujuan 12 tahun bersekolah 4 tahun kuliah? sahabat ane dengan joke nya menjawab,“’jelas lah buat apa lagi kalau bukan buat reunion.” Wadidaw.. walupun itu joke satir, seperti itu benar dah. Karena menurut ane pribadi pendidikan kita itu lebih fokus  dengan ilmu pengetahuan yang tidak akan di gunakan di kehidupan nyata setelah lulus.

Kebanyakan apa yang di pelajari di sekolah hanya untuk menambah wawasan, jadi nya para adek-adek sekalian, bingung gak tahu mau ngapain setelah lulus. Basic Paling keseminar berharap tips sukses eh tau nya yang sukses yang bikin seminar.

Dan seharus nya menurut ane pribadi ada beberpa hal penting yang seharus nya di ajarkan sekolah, dan hal penting tersebut akan berguna setelah siswa lulus dan menjalani kehidupan yang kejam dan nyata. Supaya menjadi manusia-manusia yang berkulitas, tidak medesu(masa depan serem) dan yang jelas tidak jadi beban keluarga kelak.

1. Literasi Digital

Spoiler for spoiler:


Salah satu hal penting yang harusnya di ajarkan sekolah di abad 21 ini adalah Literasi Digital. Di jaman ini anak-anak tumbuh berkmabang dengan apa yang namanya digital, dan kita tahu digital sendiri isi nya penuh dengan hal-hal negative. tiktok penuh joget-joget hot, twitter penuh pap mantan, media besar penuh berita hoak dan sikap masyarakt juga wadidaw.

Maka dari itu sejak dini.. ketimbang anak dilarang mengunakan smartphone/ media sosial lebih baik di edukasi cara mengunakan media sosial dengan baik dan bener, toh mereka juga nanti nya akan akrab dengan dunia digital di masa depan.

2. kesehatan mental

Spoiler for spoiler:


Begini bosqu memang di sekolah diajarkan apa yang namanya olah raga untuk kesehatan fisik, tapi perlu tahu juga kesehatan mental juga tidak jauh penting. Gak lucu juga kan tumbuh kuat tapi sering murung. atau tumbuh sehat tapi diem di pojokan. Tiba-tiba nulis status..”pengen pulang rumah (surge), capek menjalani hidup(bundir).” serem juga kan..iya kalau itu kesurga lha kalau ke sebalik nya.

Dan dengan ada di ajarankan kesehatan mental di sekolah siswa yang telalh lulus  mampu mengelola emosi nya, dan yang penting mental nya jadi kuat terhadap dunia yang keras ini. apalagi di jaman sekarang banyak orang yang kena ngaku kena mental, entah itu bipolar atau apapun itu.

3. logika, rasional dan stoikisme

Spoiler for spoiler:


Menurut ane sekolah juga harus mengajarkan siswa nya untuk bisa berfikir logika dan rasional, mungkin ini tidak berlaku pada saat anak bersekolah tapi setelah lulus dari sekolah. Cara berfikir ini diperlukan. karena hal ini akan mempengaruhi setiap keputusan dalam hidup, yang nanti nya kan berpengaru ke masa depan kelak.

sehingga ketika anak lihat postingan temen yang berhasil dia tidak iri dengki, dan ketika menyadari bahwa hidup itu tidak akan seperti yang kita ingin nya, dia akan baik-baik saja. Tidak hidup dalam bayang-bayang pencapian orang lain, tidak hidup dalam kehaluan kata-kata motivasi. apa yang dia jalani akan berdasarkan logika dan rasional,

4. Edukasi seks

Spoiler for spoiler:


Mungkin ini akan jadi sulit untuk diajarkan di sekolah, mungkin karena ilmu agama dan masyarakat masih menilai hal tersebut tabu. padahal mah ini masalah yang saat kita hadapi, dan tahun-tahun kedepan nya. kalau ane lihat nya edukasi seks itu disalah pahami, edukasi seks itu bukan mendukung seks bebas tapi mengontrol seks bebas, dimana mencegah kehamilan di usia dini.

dan kenapa edukasi seks itu penting, karena anak – anak jaman sekarang keingintahuan mereka sangat kuat. Tapi, sayangnya mereka malas bertanya, mereka memilih untuk mencoba sendiri. Terjun langsung ke kegelapan tanpa mengetahui bahaya yang mengintai mereka.

5. Parenting

Spoiler for spoiler:


walupun mengajarkan parenting disekolah agak wadidaw tapi  ini penting sebagai pengaturan dasar setiap siswa yang kelak juga bakal jadi orang tua. karena  perlu di ketahui kebanyakan orang tua itu tak paham jadi orang tua yang bener. Dan banyak orang tua diluar sana, mereka jadi orang tua-orang tua yang nyebelin untuk si anak.

Maka nya banyak anak di luar sana lebih nyaman dengan teman-teman nya dari pada dengan orang tua nya sendiri. banyak juga orang tua memberi tekanan berlebihan, sehingga anak lebih percay orang lain dari pada oran tua nys sendiri. kalau hal tersebut sudah terjadi, ya bisa dibilang keluarga tersebut sudah kalah seja awal.

6. Mengelola uang

Spoiler for spoiler:


Disekolah memang benar kita di ajarkan matimatika, tapi mengolal uang dan matimatika itu dua hal berbeda. Mana bisa mengelola uang dengan rumus log atau rumus diagonal, maka dari itu penting nya siswa di ajarkan manajemen keuangan entah itu merencanakan, mengatur, mengarahkan, dan mengendalikan uang yang mereka miliki dari hasil bekerja.

hal ini juga akan mengurangi manusia-manusia yang suka hutang tapi tak pernah ada niat membyar nya, mengolala uang juga bakal mengasah anak apa yang namanya kebutuhan yang harus di dahulukan atau di kesampingkan.

7. Ilmu dasar bisnis

Spoiler for spoiler:


menueur ane pribadi ilmu bisnis itu penting untuk di ajarkan  sekolah, karena pada akhir ny setelah lulus juga segala macam urusan akan luluh dengan uang, maka dari ilmu dasar bisnis itu penting. karena yang ane rasakan dan amati kebanyakan sekolah itu mengarah kan anak didik nya setelah lulus itu jadi karyawan, walupun jadi karyawan gak dosa. masa selamanya jadi karyawan.

8. Investasi

Spoiler for spoiler:


Nah itu juga penting, sekolah seharus nya mengajarkan pelajaran investasi, terutama bagaimana cara berinvestasi dan metode-motode nya. menunur ane daripada mengamati mikroba atau amoeba membelah diri mending tahu cara kerja investasi. karena itu sangat bermanfaat di masa depan,. manurut ane juga investasi adalah cara cerdas mengaasilkan uang.

9. Public speaking

Spoiler for spoiler:


Bagi yang gak paham apa itu public speaking,  public speaking adalah bagaimana cara kita komunikasi untuk menyampaikan pesan atau informasi di depan banyak orang, secara lancar dan easy. Apa penting nya sampai harus di pelajari di sekolah? begini bosqu banyak 70 persen orang yang mudah bergaul dan mendapat banyak relasi bisnis adalah orang yang pandai ngomong. ilmu ini juga bisa di terapkan buat nyari ayang,

Nah itu dia beberpa hal yang menurut ane harus nya di ajarkan di sekolah, bagiamana menurut kalaian? beri tannggapan kalian, atau kalau mau nambahin juga boleh. dan terimaskih sudah mampir, sampi jumpa di thread lain nya.

penulis: millenie

sumber: pendapat perbadi



Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:
Diubah oleh millenie 07-06-2022 04:20
jabostyle
Cend0
iblast867583
iblast867583 dan 33 lainnya memberi reputasi
34
7.3K
152
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.