Lockdown666Avatar border
TS
Lockdown666
Pesawat Cathay Pacific Nyaris Terkena Rudal Kapal Selam China, Picu Kepanikan


BEIJING - Sebuah pesawat Boeing 777 Cathay Pacific nyaris terkena rudal yang ditembakkan kapal selam China ketika terbang di atas Laut China Selatan . Beruntung, petugas kontrol lalu lintas udara yang panik memerintahkan pilot untuk berbelok 90 derajat ke kiri.

Kejadian itu direkam dalam video yang telah beredar di media sosial Senin kemarin. Video itu diduga diambil dari dalam kokpit pesawat Cathay Pacific.

Belum diketahui berapa penumpang dan awak yang berada di atas penerbangan unggulan Hong Kong tersebut pada saat kejadian.

Menurut pilot Allegiant Air, John Carter, sebuah pesawat Boeing 777 Cathay Pacific terbang di atas Laut Cina Selatan ketika awak pesawat menerima telepon dari kontrol lalu lintas udara yang memberi tahu mereka: "Segera belok kiri 90 derajat!"

Pemberitahuan itu untuk menghindari rudal, yang diyakini sebagai JL-3 yang diluncurkan dari kapal selam bertenaga nuklir Type 094 milik Angkatan Laut China.


Para ahli percaya video rekaman itu asli, termasuk jenis kapal selamnya. Analis pertahanan H. I. Sutton, seperti dikutip Mail Online, Senin (30/5/2022), mengatakan rekaman itu tampak kredibel.

Video tersebut menunjukkan apa yang tampak seperti rudal yang terbang di atas awan beberapa saat setelah beriak di lautan dan menghilang ke langit.

Tidak ada Pemberitahuan untuk Penerbang (NOTAM) yang dikirim untuk memperingatkan pesawat bahwa peluncuran rudal dijadwalkan, menunjukkan bahwa tes misil kapal selam China itu mungkin dimaksudkan untuk dilakukan secara rahasia.

Video tersebut pertama kali muncul pada 24 Mei, tetapi tanggal dan lokasi sebenarnya dari pengambilan gambar video tersebut masih belum diketahui.

Pada 26 Mei, China mengumumkan akan melakukan latihan militer di Laut China Selatan.

"Latihan militer akan diadakan dan dilarang masuk," kata Administrasi Keselamatan Maritim setempat dalam sebuah pernyataan, memperingatkan bahwa area seluas sekitar 100 kilometer persegi akan ditutup untuk lalu lintas laut selama lima jam.

Pihak maskapai Cathay Pacific belum berkomentar atas beredarnya video tersebut. Militer China juga masih bungkam.


https://international.sindonews.com/...an-1653969930/
0
631
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.