.nona.Avatar border
TS
.nona.
Kenapa Rocky Gerung Sering Menang Debat?




Siapa disini yang suka dengan Rocky Gerung, bisa dibilang basic Rocky ini adalah filsafat. Namun dirinya lebih dikenal sebagai seorang pengamat politik, peneliti di Perhimpunan Pendidikan Demokrasi, dan dosen di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia.

Rocky Gerung yang sering terlihat sangat cerdas ketika memberikan pemahamannya kepada lawan bicara, tentu membuat banyak pihak oposisi terpesona. Pemikirannya yang berdasarkan filsafat membuat kata-katanya menjadi banyak kontroversi.



Ketika pemikir filsafat diajak berdebat memang akan semakin rumit. Saya punya sedikit cerita, bagaimana cara pemikir filsafat ini melakukan debat.

Quote:




Poin dari kisah diatas, adalah salah satu contoh yang biasa dilakukan para ahli filsafat yang memulai debat dengan mencocokkan definisi yang akan dibahas.

Seperti apa itu air? Tentu harus dijelaskan dulu, kalau tidak bisa menjelaskannya maka akan kalah dalam perdebatan. Dan akan muter-muter jawabnya kena skak mat oleh lawan debat.



Jadi, debat filsafat itu untuk memberikan pemahaman untuk orang lain bukan mengalahkan argument lawan. Trik ini yang dipakai oleh Rocky Gerung dalam memenangi perdebatan.

Jadi construct berfikirnya itu sistematis, kronologis, dimulai dari hal yang paling mendasar yaitu konsepsi definisi, barulah kemudian nanti muncul ke teori dan seterusnya.

Jadi Rocky Gerung ini tahu setiap definisi dari setiap kata yang ia lontarkan, orang lain tidak. Karena dia latarnya filsafat.



Jadi, bagaimana pahamkan kenapa Bung Rocky sering menang debat, definisi itu diperlukan untuk memulai sebuah perdebatan.

Apa juragan punya pendapat berbeda, atau ada pemikiran yang berbeda silahkan disampaikan.

emoticon-Angel

Sumber klik, klik, klik





eyefirst2
keenan09
fiperman
fiperman dan 25 lainnya memberi reputasi
20
11.4K
192
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.