• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Fakta Tersembunyi Mengenai Mesin Hybrid Vs Bensin (Versi Saia), Udah Tahu, Gan?


Zaman nowlagi ramai teknologi kendaraan khususnya mobil, mulai beralih ke mesin hybrid dan listrik. Sebagai wujud sebuah teknologi modern terbarukan, mesin hybrid dan listrik saat ini digadang mendukung lebih ramah lingkungan dan faktor kenyamanan yang didapatkan lebih baik.

Menjadi warga negara Indonesia yang baik seharusnya kita bangga karena sumber alam Nikel sebagai bahan dasar teknologi baterai kendaraan hybrid dan listrik melimpah dan Indonesia masuk dalam jajaran 5 terbesar di dunia penghasil Nikel.

Jumlah cadangan nikel RI saat ini mencapai 52% dari total cadangan nikel dunia sebesar 139.419.000 ton nikel. Itulah mengapa Elon Musk dan perusahaan lain berlomba-lomba 'ngemis' agar perusahaannya bisa berinvestasi di Indonesia.

Kita yang nasibnya hanyalah sebagai konsumen, pemakai kendaraan jauh sebelum teknologi hybrid dan listrik diciptakan sudah mengenal dengan baik apa itu bahan bakar batubara, solar, dan bensin yakni sebagai sumber tenaga penggerak kendaraan yang diambil dari alam bumi, yang jumlahnya kian terbatas.

Bukan setahun dua tahun kita mengenalnya tapi ibarat sudah mendarah daging nenek moyang dan kita sendiri menggunakan bahan bakar bensin. Kehadiran bensin saat itu dianggap paling ramah lingkungan dibandingkan lainnya, maka banyak produsen kendaraan akhirnya fokus menggunakan teknologi mesin berbahan bakar bensin.

Namun kini era hybrid dan listrik mulai hadir dihadapan kita. Kita (sekali lagi) sebagai konsumen ada baiknya mulai mengenal teknologi hybrid dan listrik ini lebih baik karena manufaktur dan produsen otomotif sudah mulai mempersiapkan untuk kita ke berbagai lapisan masyarakat.

Kita sebagai pengguna kendaraan yang awam sebelum melangkah ke teknologi pure listrik tentu kita juga ingin tahu perbedaan mesin bensin dan hybrid seperti apa. Kalau yang saya pahami dan saya olah dalam pemikiran saya bisa dijelaskan kurang lebihnya adalah sebagai berikut.


Quote:


Quote:


Nah, itulah beberapa point yang bisa kita ketahui tentang perbedaan mendasar keduannya. Kalau saya lihat review dan pendapat konsumen di sosial media memang mesin hybrid lebih nyaman namun bagi yang terbiasa dengan mesin diesel dan bensin mengendarai mobil hybrid dan listrik seperti kehilangan sensasi berkendara, "Seperti naik mobil mainan," katanya.

Ya, menurut saya adalah wajar karena masih menjadi adaptasi berkendara terutama bagi para pengemudi itu sendiri, diperlukan pembiasaan dan kesiapan agar teknologi hybrid dan listrik semakin diterima, memasyarakat, dan terpenting juga adalah: harus murah, pengisian yang cepat, dan minim perawatan!




Sebuah opini
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 29-05-2022 06:22
Swararuri
emineminna
provocator3301
provocator3301 dan 5 lainnya memberi reputasi
6
4.4K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
Otomotif
icon
27.7KThread14.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.