serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Bikin Laper! Inilah 10 Menu Sarapan Khas Kuliner Indonesia. Udah Pernah Coba?
Hai semua!:
emoticon-Hai

Selamat datang di thread serbaserbi.com

Sudah pagi nih, Kaskuser. Jangan lupa sarapan biar kuat menghadapi kenyataan. Nah, pagi ini kita akan membahas tentang menu sarapan yang Indonesia banget, yang berasal dari beberapa daerah di Tanah Air. Cocok banget nih buat kamu yang biasa sarapan roti dan susi atau seral campur susu, dan lagi pengen cobain menu sarapan lain. Oke, gak perlu lama-lama, mari kita bahas satu per satu. Simak thread-nya sampai habis, ya, Kaskuser!

1. Bubur Kanji Rumbi


instagram.com/nisasukarso

Kalau Gansis bosan sarapan dengan bubur ayam dan pingin nyoba sarapan bubur yang lain, Gansis bisa nyobain bubur kanji rumbi asal Aceh ini. Isiannya berupa bubur nasi santan yang ditambah kaldu daging dan kaya rempah-rempah. Kadang juga ditambah udang dan toping sayuran tergantung selera. Paling enak kalau ditaburi bawang goreng biar makin gurih.

2. Lontong Pical


instagram.com/wisatakuliner.padang

Dari Aceh kita terbang ke Sumatera Barat. Kita kenalan dulu sama menu sarapan sejuta umat di Negeri Rendang ini. Namanya lontong pical, ya, sesuai namanya, berisi lontong (kadang ketupat) digado dengan mie kuning atau bihun, ditambah sayuran seperti rebusan daun singkong, kangkung, taoge, lobak atau bunga kol, dan ditaburi toping tahu goreng serta kerupuk merah. Tak ketinggalan kuah kacang lumer yang gurihnya lamak bana! Btw, ini menu sarapan favorit saya, Gansis. Biasa saya beli seharga 6000 rupiah seporsi, sisanya saya belikan bakwan dan salalauak hangat.

3. Mie Balap


instagram.com/makanmana

Ingin sarapan mie? Mie balap mungkin bisa Gansis coba. Mie yang berasal dari Medan ini terbuat dari mie kwetiau, bihun, dan mie lidi yang dimasak dengan bumbu khas. Agar lebih nikmat, penjual mie balap biasanya menambahkan telur dan cumi-cumi ke dalamnya. Oh iya, menu ini dinamakan mie balap karena proses masak dan penyajiannya sangat cepat. Ngomong-ngomong, kalian tim makan mie balap pakai nasi atau tidak pakai nasi?

4. Kupat Tahu


instagram.com/markthambas

Tahu juga cocok sebagai menu sarapan. Makanan kaya protein ini juga nikmat-nikmat saja bila diolah dengan cara apa saja, termasuk jika dimasak menjadi kupat tahu khas Jawa Barat ini. Cara bikinnya pun gampang. Gansis tinggal tambahin tahu goreng dengan kupat atau ketupat kemudian disiram bumbu kacang dan tambahkan kerupuk. Gansis juga bisa tambahkan sayur, udang goreng, irisan ayam dan daun seledri. Tapi, ini tergantung selera, ya.

5. Pisang Goreng Nasi Katan


instagram.com/samba.ibu

Salah satu menu sarapan favorit saya (yang lain) adalah pisang goreng yang dimakan dengan nasi ketan. Penjual sarapan di Sumatera Barat banyak yang menjual ini. Biasanya, pisang goreng ditaruh di wadah terpisah, sedangkan nasi ketannya dibungkus daun pisang. Nasi ketan yang memang gurih menjadi lebih kaya cita rasa bila ditambahkan parutan kelapa. Enak banget kalo dimakan anget-anget dan minum teh talua yang manis. Gansis pernah makan ini?

6. Tipat Blayag


instagram.com/taufikhidayatnat

Oke, sekarang kita hijrah ke Buleleng. Di Buleleng kita bisa menemukan menu sarapan gurih yang tak kalah maknyus. Tipat Blayag, olahan tipat (ketupat) yang dimakan dengan kuah ayam nyat-nyat dengan bumbu basang gede yang super gurih. Jangan lupa tambahkan taoge, sayuran, dan ayam suwir biar lebih lengkap. Kalau suka, kita juga bisa tambahkan kacang goreng dan kerupuk. Hmm, saya jadi tambah lapar.

7. Tajin Sobih


instagram.com/ny.rempong

Ingin sarapan dengan makanan manis? Kuliner asal Madura ini mungkin bisa dicoba. Tajin sobih adalah bubur dari tepung ketan dan terigu yang dilumeri gula merah di atasnya. Biasa juga dihiasi dengan warna-warna alami seperti hijau dari daun suji biar lebih menarik. Bisa dimakan dengan lopes ketan juga loh.

8. Martabak Sagu


halallife.id

Martabak juga bisa dijadiin menu sarapan loh, Gansis. Tepatnya martabak sagu khas Papua. Sesuai namanya, menu ini terbuat dari adonan sagu halus, kemudian digoreng. Makannya pun harus pakai gula aren atau gula merah biar lebih nikmat. Gorengan sagu yang legit dan gurih tentu pas banget bila dicampur dengan gula aren yang manis. Duh, saya jadi pingin nyoba.

9. Songkolo


instagram.com/dapur_kokoh

Di Makassar ada menu enak yang cocok dijadikan sarapan. Namanya Songkolo, hidangan dari nasi ketan hitam atau putih yang ditaburi parutan kelapa sangrai. Biar lebih nikmat, Gansis bisa tambahkan sambal teri dan telur di atasnya. Bisa juga pakai udang goreng atau ayam suwir, semuanya tergantung selera.

10. Nasi Ulam


instagram.com/ajakmakan

Terakhir ada menu dari Betawi, yaitu nasi ulam yang rasanya super gurih. Sesuai namannya, kuliner ini adalah nasi kemudian dihidangkan dengan berbagai bumbu rempah, daun kemangi, kacang giling, dan serundeng. Gansis juga bisa menambahkan lauk lain sesuai selera, seperti, perkedel, ayam goreng, kerupuk, dendeng, bahkan tahu dan tempe goreng.

Gimana, Gansis? Laper gak? Hehe!

Sebetulnya jika berbicara tentang kuliner Indonesia, tentu waktunya akan lamaaa banget! Karena Indonesia memang kaya akan warisan budaya berupa kuliner yang tersebar di seluruh pelosok negeri. Jadi, untuk pembahasan pagi ini, cukup 10 kuliner itu saja dulu.

Jangan lupa komen menu sarapan lain yang biasa Gansis santap, ya!

Terima kasih sudah mampir

Sumber: 1, 2, 3, 4, 5


Diubah oleh serbaserbi.com 25-05-2022 01:16
cheria021
KurohinaM1911
evywahyuni
evywahyuni dan 10 lainnya memberi reputasi
11
5.4K
108
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Selera Nusantara (Indonesian Food)
Selera Nusantara (Indonesian Food)
icon
9KThread6.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.