rm057Avatar border
TS
rm057
Ampun! Ekonomi AS Dibayangi Resesi, Inflasi Naik Hingga Saham Rontok



Ekonomi Amerika Serikat (AS) dalam kondisi rumit. Resesi menjadi ancaman yang menyelimuti AS.

Mengutip CNN, Selasa (17/5/2022), saat ini AS tidak berada dalam resesi, tetapi ada tanda-tanda bahwa itu sudah dekat. Tanda itu di antaranya, The Fed yang menaikkan suku bunga imbas inflasi.

Kenaikan suku bunga acuan dilakukan untuk menekan lonjakan harga, namun ini berujung pada tingginya biaya pinjaman dan bisa memperlambat ekonomi.

The Fed dinilai sangat terlambat menaikkan suku bunga. Inflasi menjadi perhatian yang berkembang sepanjang 2021, tetapi bank sentral baru mulai menaikkan suku bunga pada Maret 2022. Jadi The Fed perlu mengejar ketinggalan dan mengambil tindakan yang jauh lebih besar daripada jika mulai menaikkan suku bunga tahun lalu.

Gubernur The Fed Jerome Powell mengatakan bulan ini bank sentral AS akan terus menaikkan suku bunga 0,5 poin persentase pada akhir setiap pertemuan sampai inflasi terkendali. Lalu, The Fed akan terus menaikkan suku bunga 0,25 poin untuk sementara waktu.

Kemudian, maraknya aksi jual di pasar saham juga menjadi tanda resesi. Setelah mencapai rekor tertinggi pada awal Januari, pasar saham telah kehilangan hampir seperlima dari nilainya.

Ada kekhawatiran suku bunga yang lebih tinggi akan mengikis keuntungan perusahaan, investor pun memilih jalan untuk keluar. Hal ini tidak bagus untuk sentimen konsumen. Ketika mereka melihat catatan merah di layar ponsel mereka, itu dapat membuat orang berhenti.

Tanda resesi selanjutnya dilihat dari pasar obligasi ketika investor tidak begitu tertarik pada saham. Mereka kerap ke obligasi, namun kali ini justru tidak terjadi.

  https://finance.detik.com/berita-eko...a-saham-rontok.




Diubah oleh rm057 17-05-2022 07:05
37sanchi
andrah.aja
andreprasety327
andreprasety327 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar NegeriKASKUS Official
78.9KThread10.6KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.