Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
448
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/6289fc2d25f8307381562563/kenapa-negara-maju-tidak-religius
Negara maju dalam dunia modern saat ini terkesan tidak religius, namun sebaliknya negara yang religius masih banyak yang statusnya masih negara berkembang atau tidak maju. Tentu menimbulkan banyak pertanyaan kenapa Amerika, Jepang, Korea, Swiss, Norwegia dan negara-negara maju yang lainnya itu seperti tidak peduli dengan religi? Negara maju yang dimaksud bukan hanya maju ipteknya dan finansial, ta
Lapor Hansip
22-05-2022 16:02

Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?

icon-verified-thread


Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?

Negara maju dalam dunia modern saat ini terkesan tidak religius, namun sebaliknya negara yang religius masih banyak yang statusnya masih negara berkembang atau tidak maju.

Tentu menimbulkan banyak pertanyaan kenapa Amerika, Jepang, Korea, Swiss, Norwegia dan negara-negara maju yang lainnya itu seperti tidak peduli dengan religi?

Negara maju yang dimaksud bukan hanya maju ipteknya dan finansial, tapi juga maju secara moral. Tapi, negara yang religius malah mendapati kemunduran moral, contoh India sebagai negara religius tapi kasus pemerkosaannya cukup tinggi, KDRT, bunuh diri, intimidasi, bullying dan sebagainya sering terjadi.

Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?

Atau contoh lain adalah Amerika Latin, dimana negaranya cukup religius tapi kasus pembunuhannya paling tinggi. Bahkan negara timur tengah, negara yang cukup religius sering kali membuka sarana untuk perang. Kita tahu perang itu seperti apa, siapa yang mati dan menjadi korban? Wanita dan anak-anak sering menjadi korban perang.

Nah, kenapa bisa seperti itu?

Bahkan baru-baru ini ada fenomena menarik kalau Ustadz Abdul Somad ditolak oleh Singapura, salah satu negara maju di dunia. Hal ini cuma satu alasannya, akibat ceramahnya bertolak belakang dengan nilai-nilai yang dianut Singapura.

Hal ini tentu sangat menarik untuk dibahas, kenapa mereka alergi terhadap hal-hal yang religius?

Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?

Keyakinan tanpa akal logika, hasilnya akan banyak penyimpangan dan juga kerusakan. Karena sebuah keyakinan itu tidak definitif, tidak jelas, hanya bisa dirasakan dan sebagainya.

Karena mereka tak bisa menterjemahkannya yang berkaitan dengan ego, kehendak, khayalan, cita-cita, fantasi dan lainnya, lalu beranggapan akal dan pikiran itu musuh dalam sebuah keyakinan. Maka hasilnya banyak terjadi penyimpangan dalam hal yang diyakini tersebut.

Contoh, ada orang ngebom orang lain atau ada orang digebukin berjamaah. Padahal jelas secara akal dan pikiran maupun logika itu sebuah tindakan kejahatan, namun mereka anggap itu pembelaan dirinya pada keyakinan yang ia anut. Padahal 100% itu hawa nafsu, jengkel dan juga emosi.

Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?

Karena tak bisa menterjemahkan hawa nafsu yang sebenarnya tidak terukur, maka rasa cinta pada keyakinan yang tak tertakar ini di kamuflasekan seakan ajaran dalam keyakinannya menganjurkan hal tersebut. Kalau seperti itu tentu jelas sesat dan menyesatkan.

Karena bila memang dia berkeyakinan yang baik, tentu tidak akan menghakimi orang lain. Bahkan sering intropeksi, atau menghisab dirinya sendiri.

Bahkan dia juga bertindak hati-hati tidak mau memamerkan ketaatannya kepada Tuhan, atau bangga terhadap jumlah pengikutnya yang banyak. Intinya tidak mau tenar, urusan keyakinan itu hanya antara dirinya dan Tuhan. Namun masyarakat awam meninggalkan orang baik seperti ini karena berkeyakinan tanpa akal dan logika atau ilmu, mereka lebih banyak mengikuti jejak orang yang bertipe sebaliknya.

Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?

Maka konteksnya, keyakinan yang dimiliki oleh sosok manusia yang banyak diikuti masyarakat religius saat ini adalah menyebarkan tafsiran atas kebodohan dan kemalasan. Bahkan menghambat ilmu yang seharusnya menjadikan peradaban modern itu lebih maju.

Contoh, ngapain sih belajar matematika gak akan ditanya di akhirat. Ngapain juga sih belajar bahasa asing, mati juga gak dipakai ilmunya. Inikan justru menghambat manusia untuk berfikir dan berkembang untuk maju.

Atau dengan kata-kata ajaib kalau rezeki udah diatur, banyak do'a aja. Atau sedekah motor dapat ganti mobil mewah, kamu tak akan pernah menjangkau logika Tuhan, nanti Tuhan yang mengatur itu semua. Pokoknya ikuti saja, taklid sama guru. Hingga hilanglah sisi kritis mereka, ketika ada yang kritis langsung mendapatkan cap munafik, kafir dan lain sebagainya dan ini juga membenarkan terjadinya konflik internal di keyakinan yang sama.

Maka timbulah banyak kelompok, keyakinan sama tapi saling tuding bahwa yang asli hanya satu yang lainnya palsu. Bahkan sesama mereka pun saling ribut, saling caci maki dan membenci, padahal semua ajaran keyakinan intinya mengharuskan berbuat kebaikan dan juga kedamaian.

Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?

Akhirnya terjdilah pembelaan dalam kejahatan yang dilakukan atas nama keyakinan tertentu. Contohnya sudah dijabarkan diatas.

Jadi orang yang seperti itu bisa dibilang gagal dalam mentafsirkan pesan dalam suatu ajaran keyakinan, malah menghambat dan meremehkan akal budi manusia, sehingga akhirnya mereka tidak bisa maju.

Ketika negara maju, tidak memberikan ruang untuk guru-guru religi dengan pemahaman yang salah kaprah itu maka terciptalah peradaban dunia yang mereka kendalikan.

Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?

Namun efeknya, negara-negara maju ini juga takut dengan tokoh-tokoh atau orang-orang religius yang baik, karena alasan yang tadi itu. Duh, jadi repotkan.

Lantas bagaimana kita yang hidup di negara religius, namun ingin mendalami keyakinan itu dengan baik?

Agak rumit, tapi ada wejangan dari guru-guru,

orang-orang yang sholih berada di tengah banyaknya orang-orang yang jelek, orang yang mendurhakai mereka (orang shalih) lebih banyak daripada yang mentaati mereka

(HR. Muslim).


Dan mayoritas itu bisa jadi belum tentu sebuah kebaikan, masihkah kita mengikuti apa yang dikatakan oleh mayoritas? Silahkan dipikirkan.

(Religius dan maju, bisa dilihat contohnya dimasa peradaban Romawi, Mesir Kuno, Yunani kuno, hingga Dinasti Abbasiyah, mereka banyak melakukan pemikiran yang logis, antara ilmu dan religi berjalan beriringan)

Bila data grafik diatas ada kesalahan, bisa lihat data grafik dibawah ini karena data pertahun akan terus berubah.

https://worldpopulationreview.com/co...eist-countries


emoticon-Angel

Sumber klik, klik, klik, klik


Diubah oleh .nona.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lleonelbasti372 dan 64 lainnya memberi reputasi
63
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
51.8K Anggota • 911.3K Threads
Halaman 1 dari 10
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 16:02
Apa tanggapanmu juragan?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 3 lainnya memberi reputasi
3 1
2
Lihat 14 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 14 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 16:03
Semoga hidup di negara manapun juga tercipta kedamaian dan juga kemajuan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
gigbuupz dan 4 lainnya memberi reputasi
5 0
5
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 16:20
Negara sekuler lebih baikKenapa Negara Maju, Tidak Religius?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lleonelbasti372 dan 19 lainnya memberi reputasi
18 2
16
Lihat 8 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 8 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 16:20
Itu pendapat saja

Pemilu kemarin juga abstain. Jadi ya... terserah ane
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 5 lainnya memberi reputasi
6 0
6
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 16:38
Pantes china warganya smart wong cuma 3%. emoticon-Leh Uga

Edit : ane malah penasaran kenapa Arab Saudi bisa gak ada datanya
emoticon-Leh Uga
Diubah oleh provocator3301
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kentutz dan 7 lainnya memberi reputasi
8 0
8
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 16:52
mau komen ketus takut ada yg marah....

ya sudah....

emoticon-Ngakak saja lah ....
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 8 lainnya memberi reputasi
8 1
7
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 16:59
Negara yg urusin agama ga maju2.
Buat negara maju Agama ga penting.
Urusan individu.. Mau pny agama kek, ga beragama kek, ga ngurusin
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 22 lainnya memberi reputasi
21 2
19
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 17:00
Indonesia negara agamis, orang2nya religius tp
Juara korupsi, juara download film porno.

emoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakakaemoticon-Wakaka
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lleonelbasti372 dan 29 lainnya memberi reputasi
30 0
30
Lihat 12 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 12 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 17:17
pola pikirnya kurang sip
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lontongpecell dan 4 lainnya memberi reputasi
3 2
1
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 17:23
Pemerkosaan tertinggi didunia :
Ada amerika inggris, swedia..
Cek this: https://www.liputan6.com/global/read...nggi-di-dunia#

Semua Perang yg terjadi ddunia.. Pasti ada negara maju sebagai pemicu nya...

Semua penjajahan didunia ini..pelakunya pasti negara maju.

Sex bebas pasti banyak di negara maju.

Lucu nya.. Negara religius cenderung pasif netral dan pgn damai saja..
Diubah oleh red.mind
profile-picture
profile-picture
profile-picture
lleonelbasti372 dan 13 lainnya memberi reputasi
12 2
10
Lihat 58 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 58 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 17:29
Tapi gimane tuh, ternyata 10 besar negara dengan kasus pemerkosaan tertinggi justru di dominasi dari negara-negara yang situ bilang maju & tidak religi? emoticon-Bingung
profile-picture
mr.guoblok memberi reputasi
1 0
1
Lihat 6 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 6 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 17:32
Karena agama hanya ritualnya aja yg dilaksanakan
profile-picture
profile-picture
profile-picture
woodpecker201 dan 10 lainnya memberi reputasi
11 0
11
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 17:40
Negara maju mah, untuk urusan negaranya ditonjolkan nya itu di sistem, sedangkan religiusnya itu pribadi masing masing.. tpi kalo islam itu sebuah sistem bernegara, dan sama kaya barat untuk religiusnya masing masing pribadi, makanya di islam ada istilah ibadah vertikal (religius langsung ke tuhan nah ini urusan pribadi) ibadah horisontal (paham bernegara nah ini urusan bareng bareng smua manusia di negara berpaham ini)
profile-picture
profile-picture
profile-picture
woodpecker201 dan 5 lainnya memberi reputasi
5 1
4
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 17:43
W mikir kira2 kadrun2 ini klo ternnyata ditolak sama Tuhan diakhirat nanti bakal demo besar2an g ya?
profile-picture
profile-picture
profile-picture
babitrex dan 7 lainnya memberi reputasi
7 1
6
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 17:52
emoticon-Ultah:
profile-picture
simsol... memberi reputasi
1 0
1
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 17:59
Salah.

Kalo dilihat lebih jeli, negara so called maju itu bukan menjauhi agama.

Mereka sekarang cuma lebih nyaman dengan keyakinan nya, bahwa agama itu adalah urusan pribadi mereka yang pasti dihormati siapapun. Mereka gak takut dengan PENIStaan karena toh itu urusan pribadi dengan YMH. Dan mereka juga menghormati agama yang lain.



Masih ada bule main ke gereja kok tiap minggu.
Pemain2 bola Eropa kalo selebrasi habis cetak gol ada beberapa yang melakukan god bless me.
Pelem2 dan kartun holiwut aja nampilin beberapa tokoh yang kristiani relijius.

Kalo dihina agamanya? Ya kesel, tapi sekali lagi, ini urusan pribadi. Gak sopan kalo dibawa baper depan umum. Cukup simpan dalam hati aja. Liat aja kartun the simpsons ama family guy parodiin Jesus, malah pada ketawa. Oh ada juga webtoon judulnya Adventures of God. Coba baca, ngakak dah.

Moga2 misconception ini bisa clear di Indonesia
profile-picture
profile-picture
profile-picture
shiedika dan 13 lainnya memberi reputasi
14 0
14
Lihat 10 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 10 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 18:02
"biarin di dunia miskin Yg penting masuk surga, orang kafir menang atau kaya di dunia habis itu tempatnya neraka"

Begitu kalimat penghibur orang2 islam yg terhina dan kalah kemajuan sama orang kafir.
profile-picture
profile-picture
profile-picture
caerbannogrbbt dan 19 lainnya memberi reputasi
20 0
20
Lihat 4 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 4 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 18:03
liat datanya kok ikut malu jg ya
profile-picture
profile-picture
jipop dan sagutumbuk memberi reputasi
2 0
2
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 2 balasan
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 18:07
Gurobah..
Dah itu aja..
profile-picture
profile-picture
madjoeki dan nowbitool memberi reputasi
2 0
2
Kenapa Negara Maju, Tidak Religius?
22-05-2022 18:08
Karena warga negara yang tidak maju ternyata tidak benar benar menjalankan ajaran agamanya dengan benar emoticon-Traveller
profile-picture
profile-picture
profile-picture
SAP123 dan 6 lainnya memberi reputasi
6 1
5
Lihat 9 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 9 balasan
Halaman 1 dari 10
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia