• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Viral Lautan Manusia Fans NCT Dream, Ini Disebut Parasocial Relationship! Apa Itu?

abdulqadirzAvatar border
TS
abdulqadirz
Viral Lautan Manusia Fans NCT Dream, Ini Disebut Parasocial Relationship! Apa Itu?


Setelah viral safa dan mbak-mbak 29 tahun aktivitas HAM, lalu sekarang viral fans NCT Dream yang banyak banget di bandara lari-larian kayak film zombie "train to busan", pasti banyak yang nanya kok bisa sih segininya kalau ngefans?Kalau di dalam psikologi, ini disebut sebagai Parasocial Relationship gan. Apa itu parasocial relationship? Kuy kita bahas sedikit.

Dikutip oleh Horton & Wohl (1956), Parasocial Relationship adalah hubungan satu sisi yang dibentuk oleh seseorang dengan “media persona.” Seperti karakter film, tokoh kartun, pembawa berita, host talk show, dan selebtriti.

Quote:


Jadi gak cuma sama artis kpop doang ya. Kalo ente ngerasa sayang banget sama Luffy, semangat banget ngeliat Messimain bola, atau seneng dan kesemsem jatuh cinta pas lihat foto-foto nya Anya Geraldine, itu sebutannya di psikologi komunikasi ya tetep parasocial relationship.

“Loh cara terbentuk hubungannya gimana? Padahal cuman ngeliat persona di hp?". Nah terbentuknya parasocial relationship ini tuh ketika ente merasa ada hubungan yang intim karena waktu yang ente habiskan dan interaksi dengan media persona orang itu.

Quote:


Contohnya apa tuh? Ya sesimple ente ngeliatin story seleb A setiap hari dan ente tau kehidupannya kayak gimana, pasti lama-lama mulai terasa ada hubungan karena tau mereka kabarnya gimana, apa yang dilakukan, dan aktivitas tiap harinya.

Apalagi kalo di dunia K-Pop. Beuh nontonin reality show atau game show bias dan ketawa bareng bias tuh rasanya nyenengin banget. Apalagi kita jadi seakan-akan tau mereka tuh kayak gimana sih orangnya. Oh seleb A tuh pendiem ya, oh seleb B tuh gemees banget suka loncat-loncat kayak pocong dan sebagainya hehe.

Quote:


Parasocial relationshipini pada dasarnya menyerupai hubungan kita sama temen/keluarga/pacar dalam beberapa cara, salah satunya: Kita kadang merespon media persona ini sama kayak kita “ngobrol” sama temen. Misal pas Ace jd donat kita dalem hati bisa aja ngomong “sing sabar yo Luff".

Yah meskipun kita tau hubungan kita sama dia itu nggak nyata, tapi tapi kita bakal tetep merasa meaningful dan nyata secara psikologis.

Quote:


Lalu apakah termasuk penyakit psikologi atau bukan?Bisa jadi ini semacam sakit psikologi gitu. Hubungan parasocial ini bisa berdampak negatif kalo berujung fanatik dan obsesi. Contohnya Safa kemaren. Jadi kisruh dan merugikan kan.

Oke segitu dulu untuk thread ane kali ini, thread ini sifatnya entertainment yang bersumber dari keresahan ane di sosial media ya gan. Kalau kurang informatif ya tolong dimaklumi. Kalau menyinggung ya mohon maaf. Terimakasih udah baca, jumpa lagi di thread ane selanjutnya.


Referensi: Diedit dari tweetnya @boahancuk
Sumber gambar: Tertera
@abdulqadirz©2022
0
964
4
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.9KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.