si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Diwarnai Optimisme Tinggi Saat Pertama Kali Muncul, Produksi Su-75 Kini Ditunda
Quote:


Saat ditunjukkan pertama kali dalam acara MAKS 2021 yang berlangsung di Moskow pada 20 Juli tahun lalu, penampakan pesawat tempur single engine Su-75 langsung membetot perhatian publik. Empat bulan kemudian Su-75 diboyong ke luar negeri untuk pertama kalinya dan tampil dalam ajang Dubai Air Show 2021 yang dilaksanakan pada 14-18 November 2021 di UEA. Rencananya pada tahun 2023 prototype pesawat akan melakukan penerbangan perdananya, sementara produksi massal akan dimulai pada tahun 2025 atau 2026. Akan tetapi setelah Rusia melakukan invasi ke Ukraina rencana tersebut bisa jadi berubah.

Tetapi mengutip artikel flightglobal.comCEO Rostec Sergey Chemezov mengatakan jika produksi Su-75 akan mundur pada tahun 2027, hal itu dikatakan Chemezov saat pertemuan dengan Vladimir Putin pada pertengahan bulan ini. “Kami berencana untuk memulai produksi massal pada 2027,” kata Chemezov kepada Putin.

Chemezov juga mengatakan kepada Vladimir Putin bahwa perusahaan tidak menggunakan dana anggaran yang disediakan untuk pertahanan nasional, mereka saat ini mengembangkan Su-75 dengan dana perusahaan. Di sisi lain sampai saat ini Moskow belum memutuskan apakah akan membeli Su-75 untuk Angkatan Udara Rusia, selain itu apakah Angkatan Udara Rusia benar-benar tertarik dengan pesawat bermesin tunggal ? Mengingat selama ini mereka setia memakai pesawat bermesin ganda. Pada pertemuan antara Chemezov dan Putin, pimpinan Rostec juga menyatakan harapan bahwa Kementerian Pertahanan Rusia akan segera membeli Su-75.


Quote:



Su-75 yang mendapat julukan "Checkmate"adalah pesawat tempur generasi kelima yang dibuat oleh Sukhoi, berbeda dengan pesawat generasi kelima sebelumnya yakni Su-57 yang memakai mesin ganda; Checkmate didesain dengan mesin tunggal. Su-75 digadang-gadang jadi lawan tanding F-35 buatan AS, di mana pihak Rusia mengklaim jika pesawat ini akan dihargai lebih murah. Beberapa komponen Su-75 menggunakan kompomen milik Su-57, mulai dari sistem on-board hingga mesin. Hal ini dilakukan agar lebih efisien dalam produksi dan memudahkan dalam perawatan.

Menyasar negara dengan anggaran militer "ngepres" Su-75 dibanderol murah, yakni seharga US$ 30 juta atau setara Rp 426 miliar per unitnya. Sementara itu JF-17 Thunder buatan Pakistan dan China yang juga ditawarkan untuk negara dengan anggaran "ngepres" dibanderol seharga US$ 55,33 juta atau setara Rp 785 miliar per unitnya.

Sebagai pesawat tempur generasi 5, Su-75 punya kemampuan stealth (siluman) yang artinya akan susah dideteksi oleh radar musuh; persenjataan Su-75 nantinya akan ditempatkan di dalam badan pesawat serta dicantelkan pada hardpoint di sayap pesawat. Payload senjata yang bisa dibawa seberat 7.400 kg. Untuk kecepatan maksimumnya adalah Mach 1.8, dan tanpa tangki bahan eksternal pesawat dapat terbang sejauh 2.800 km.

Untuk radius tempur bergantung pada payload yang dibawa, tapi pihak Sukhoi menyebut radius tempur Checkmate dalam rentang 1.000-1.500 km. Untuk senjata yang dibawa berupa rudal udara ke udara jarak menengah/jauh Vympel R-77M, rudal jelajah udara ke permukaan Kh-59Mk2 (320 kg), rudal anti radiasi Kh-58UShKE (650 kg). Untuk rudal Kh-59Mk2 dan Kh-58UShKE hanya bisa ditempatkan di dalam main weapon bay (central bay) di dalam badan pesawat. Sukhoi juga mengatakan jika Checkmate kelak bisa meluncurkan rudal hipersonik. Checkmate sendiri diperkirakan bakal punya panjang 17 m dan lebar sayap 12 m.


Ada Apa dengan Checkmate ?


Jika agan membaca sekilas spesifikasi bocoran dari Sukhoi di atas, pasti sudah terbayangkan betapa hebatnya pesawat ini kelak. Akan tetapi mengapa produksinya justru ditunda ? Perang dengan Ukraina adalah salah satu faktor utama mundurnya jadwal produksi Su-75, sanksi dari Barat yang berdampak pada ekonomi Rusia juga membuat produksi dan pengembangan Su-75 terhambat. Terlebih ada komponen yang harus diimpor dari luar Rusia.

Terkait komponen yang diimpor tersebut artikel 19fortyfive.comjika komponen yang dimaksud adalah semikonduktor, yang telah menjadi vital bagi industri penerbangan. Di mana kompomen ini memberi daya pada komputer pesawat. Dan entah komponen apalagi yang akan dibutuhkan Rusia untuk membuat Su-75 kelak, tapi mengingat pesawat ini masih dalam tahap pengembangan tentunya Rusia juga harus mencari komponen dari negara lain untuk menyempurnakan desain Su-75.

Rusia sendiri memperkirakan bisa memproduksi hingga 300 pesawat dan akan mengekspornya dalam kurun waktu 15 tahun setelah produksi massal pertama dilakukan, akan tetapi setelah invasi ke Ukraina; menjual produk Rusia ke luar negeri bukanlah perkara mudah. Apalagi ketika melihat banyak pesawat Rusia berguguran di Ukraina, produk pesawat mereka pun semakin diragukan.


Quote:



Meski pada awal kemunculan pihak Rostec yang ikut menangani ekspor pesawat tempur Rusia mengatakan jika sudah ada negara yang sudah mengatakan berminat pada Su-75, nyatanya sampai sekarang belum ada negara yang mengatakan tertarik pada pesawat tersebut. Selain itu Angkatan Udara Rusia juga belum mengatakan bakal membeli pesawat ini. Jika Rusia berniat mengekspor Su-75, tentu Angkatan Udara mereka harus memakainya lebih dulu.

Meski ada nama Vietnam, Uni Emirat Arab sampai India sebagai kandidat kuat yang akan meminang Su-75; faktanya di ketiga negara tersebut masih "adem ayem" alias tidak ada pengumuman penting terkait niat meminang Su-75.

Jika negara yang jadi target ekspor Su-75 itu berada dalam lingkup pengaruh Amerika, mereka kemungkinan akan memilih F-35. Jika negara itu ada di lingkup pengaruh Rusia, mereka mungkin akan lebih memilih mempertimbangkan terlebih dahulu apa pun yang ditawarkan oleh Rusia – karena beberapa diantara mereka tidak punya anggaran yang besar. Rusia sebenarnya memiliki sejarah desain kedirgantaraan yang membanggakan, dan apa pun yang diluncurkan dari jalur produksi Sukhoi pasti akan berfungsi dengan baik.


Quote:



Referensi Tulisan: flightglobal.com& flightglobal.com
Sumber Foto: Rostec
Diubah oleh si.matamalaikat 23-05-2022 09:51
gta007
gabener.edan
jlamp
jlamp dan 18 lainnya memberi reputasi
19
5.3K
35
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.