• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Lika-Liku Mahasiswa Tingkat Akhir, Simak Tips Menyelesaikan Skripsi!

ilafit
TS
ilafit
Lika-Liku Mahasiswa Tingkat Akhir, Simak Tips Menyelesaikan Skripsi!
Skripsi Bikin Pusing? Ikuti Tips Menyelesaikan Skripsi!


Skripsi merupakan karya ilmiah yang mana menjadi tugas akhir mahasiswa untuk mendapatkan gelar S1 (Strata 1). Selesai pengerjaan skripsi dan setelah disetujui oleh dosen pembimbing, bisa diajukan untuk melaksanakan sidang. Beberapa mahasiswa ada yang lulus awal 3,5 tahun dari yang seharusnya 4 tahun. Lalu, bagaimana dengan mahasiswa yang lulus 3,5 tahun?

Pengerjaan skripsi konon tidak semudah dalam menulis sebuah novel. Tentu saja, jika novel merupakan imajinasi penulis. Sedangkan, skripsi data yang didapatkan harus valid, tidak boleh sembarangan. Oleh karenanya itu, ada sidang skripsi untuk mengetahui tingkat plagiasi dan seberapa validnya data yang telah mahasiswa tulis.



Gambar Skripsi Teman: Nailis, Mahasiswa Tingkat Akhir


Beberapa mahasiswa mengeluhkan pengerjaan skripsi ini. Dari mulai membuat judul, mencari data yang sesuai dengan judul penelitian, belum lagi penelitian di lapangan yang terkadang banyak sekali kendalanya. Hal ini tentu perlu persiapan yang matang. Mahasiswa harus banyak membaca buku supaya banyak referensi dan menambah wawasan yang didapatkan. Dengan demikian mendapatkan ide untuk pengambilan data dan analisis data. Hal lainnya yang membuat mahasiswa kesal biasanya ketika telah membuat janji kepada dosen pembimbing, tetapi janji dibatalkan atau ketika datang untuk menemui dosen justru tidak ada. Dampak pengerjaan skripsi ini dapat membuat berat badan turun, sehingga diperlukan support dari orang terdekat. Jangan sampai merusak mental orang karena sebuah perkataan yang terlalu menggampangkan segala hal.

Melihat bagaimana perjuangan mahasiswa dalam pengerjaan skripsi, maka dari itu banyak mahasiswa yang tidak menyukai pertanyaan soal skripsi. Bagaimana skripsimu? Kapan sidang? Kapan wisuda? Hal ini menjadi momok memusingkan bagi mahasiswa tingkat akhir. Karena yang dibutuhkan adalah support, do'a supaya skripsi yang dikerjakan mudah dan segera terselesaikan dengan baik. Terlebih lagi jika mau membantu mencarikan referensi.

Merasa lelah soal skripsi, begini tips supaya pembuatan skripsi segera terselesaikan dengan baik:

1. Manajemen Waktu

Manajemen waktu itu penting, jangan sampai waktu yang memanfaatkan manusia. Manusia harus bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Ketika merasa lelah, capek dalam mengerjakan skripsi berhenti dulu sejenak. Tetapi, jangan lama-lama. Kemudian lanjutkan pengerjaan skripsimu. Setiap waktu manfaatkan dengan membaca materi yang sama yang sesuai dengan judul skripsinya.

Jangan terlalu dibawa beban dalam mengerjakan skripsi, harus merasa enjoy. Karena memang pengerjaan skripsi ini dapat membuat mental tertekan, stress. Oleh karena itu perlunya healing. Entah jalan-jalan kemana, mengajak teman. Melihat banyaknya dedaunan yang hijau dan pemandangan yang indah akan membuat pikiran menjadi lebih fresh. Merilekskan otak supaya tenang dan tidak banyak pikiran. Karena jika terlalu banyak pikiran akan berdampak pada tubuh, menjadi sakit. Hal ini bukannya skripsi segera selesai justru harus tertunda karena sakit.

Manajemen waktu perlu dilakukan dengan baik dengan mengatur waktu yang tepat. Misal, mempunyai target 3 bulan atau 4 bulan dalam menyelesaikan skripsi ini. Setiap hari dibuka laptop dan bukunya. Jika tidak mengetik, lebih baik disempatkan untuk membaca. Sehari mengetik minimal dua lembar. Entah salah atau benar pada saat melakukan bimbingan nanti, setidaknya sudah berupaya untuk melakukan yang terbaik. Menyesuaikan dengan buku pedoman dalam pengerjaan skripsi dari kampus masing-masing. Ketika mendapatkan coretan dari dosen pembimbing yang harus direvisi oleh mahasiswa, segera direvisi sesuai saran dari dosen pembimbing. Ketika tidak memiliki ide, bisa menonton film, menikmati beberapa makanan kesukaan, scroll akun di media sosial. Ingat, sebagai pengalihan sementara sampai ide telah didapatkan lagi. Sebaik-baiknya mengatur waktu dengan baik.


2. Mengingat Tujuan Utama

Kenapa perlu mengingat tujuan utama? Awal dari masuk kuliah tujuannya apa, dan harus sebisa mungkin menyelesaikannya sampai akhir. Perjuangan selama dari semester satu sampai akhir jangan sampai sia-sia karena membuang waktu dengan banyak melamun, banyak menghalu tanpa mau mewujudkannya. Tujuan utama kuliah mungkin ada beberapa yang ingin menjadi guru, menambah ilmu untuk membuka bisnis, menambah relasi, membahagiakan kedua orang tua. Mengingat cita-cita yang selama ini diidamkan. Oleh karena itu, mengingat tujuan utama perlu sebagai support system yang baik agar skripsi lekas selesai dan lulus sidang dengan nilai yang baik.


Sumber tulisan: Ide @ilafit
Diubah oleh ilafit 16-05-2022 13:30
emineminnaandrah.ajaprovocator3301
provocator3301 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
2K
59
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.2KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.