• Beranda
  • ...
  • Health
  • Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam

masnukho
TS
masnukho 
Sering Tidur Semalaman dengan Kipas Angin Menyala? Ingat, Ada Bahaya Serius Mengancam
Sering dilakukan ternyata berbahaya bagi keselamatan jiwa, ini dampak buruk tidur dengan kipas angin menyala dalam waktu lama


Cuaca di beberapa daerah di Indonesia beberapa hari belakangan terasa lebih panas dari bulan-bulan sebelumnya. Mungkin Agan dan Sista pun juga merasakan kondisi yang sama jika memang di daerah kalian tengah masuk musim kemarau.

Di kondisi cuaca yang super panas dari pagi sampai malam hari tentu saja membuat banyak orang merasa kurang nyaman saat beraktivitas. Itulah sebabnya AC dan kipas angin dapat dikatakan menjadi teman hidup sehari-hari untuk menghalau rasa gerah atau hareudangyang dirasakan.

Bagi Agan dan Sista yang bekerja di dalam ruangan tentu adanya kipas angin atau AC dapat membantu mendinginkan udara yang panas dan pengap. Namun untuk yang bekerja out door, mereka akan mendapatkan udara langsung dari alam yang memang sudah mengikuti cuaca.

Adapun yang menjadi permasalahan disini GanSis, apa yang akan kalian lakukan saat malam hari di waktu tidur tapi suhu udara atau cuaca masih panas?
Pasti kalian akan memilih tidur ditemani kipas angin atau AC agar bisa tidur lebih nyaman ya GanSis.

Tapi apakah nyaman sudah pasti aman bagi kesehatan?
Mari kita simak beberapa bahaya tidur ditemani kipas angin sepanjang malam.




Banyak orang menduga bahwa tidur dengan kipas angin sepanjang malam aman untuk dilakukan dan tidak ada dampak bahayanya, itulah sebabnya hampir semua orang tidur dengan kipas angin yang terus menyala.

Usut punya usut dari beberapa artikel yang ane baca, ternyata ada beberapa dampak buruk dan bahaya tidur dengan menyalakan kipas angin sepanjang malam yang perlu Agan dan Sista ketahui. Apa saja dampak buruk dan bahayanya?
Berikut ini diantaranya.


1. Dehidrasi

Melihat kejadian nyata yang dialami oleh beberapa orang langsung, yaitu mereka yang tidur dengan ditemani kipas angin menyala sepanjang malam ternyata bisa mengalami dehidrasi akut GanSis.

Orang yang tidur dengan kipas angin menyala beresiko mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh karena cairan tubuh diserap oleh kipas angin yang terus menyala.

Saat dehidrasi dialami secara mendadak karena dampak menggunakan kipas angin terlalu lama, maka tidak bisa hanya dengan minum air melainkan harus dibawa kedokter untuk mendapatkan cairan.

2. Hipotermia

Penurunan suhu tubuh secara drastis hingga 35° atau biasa disebut dengan hipotermia juga dapat terjadi karena Agan Sista tidur sepanjang malam dengan kipas angin yang menyala.

Hipotermia dapat terjadi karena cuaca ekstrim sehingga tubuh akan menggigil dan korban kehilangan kesadaran.

3. Hidung dan Tenggorokan Kering

Agan dan Sista pasti pernah merasakan tenggorokan dan hidung kering setelah tidur dengan AC atau kipas angin yang menyala sepanjang malam, selanjutnya GanSis akan mengalami batuk, pilek, dan juga perasaan kurang nyaman.

4. Paru-paru Kurang Oksigen

Kurangnya pasokan oksigen pada paru-paru karena kipas angin mengganggu sirkulasi udara juga dapat terjadi jika Agan dan Sista terlalu lama di bawah kipas angin. Berhati-hatilah saat dalam keadaan ini karena paru-paru sangat membutuhkan oksigen agar semua organ tubuh dapat berjalan sebagaimana mestinya.

5. Boros Listrik

Kipas angin adalah benda yang merubah energi listrik menjadi energi gerak GanSis. Meskipun energi listrik yang dikeluarkan untuk menggerakkan kipas angin tidak terlalu banyak namun jika dilakukan lama maka juga akan mengeluarkan banyak listrik dan bisa dibilang boros.

Untuk mencegah borosnya listrik Agan Sista bisa menghemat dengan hanya menyalakan kipas angin saat benar-benar gerah.

Konten Sensitif
sumber gambar

Itulah GanSis resiko dan dampak bahaya dari menggunakan kipas angin saat tidur sepanjang malam.

Saat Agan Sista hanya menggunakan kipas angin saat gerah berlebih itu masih bisa dimaklumi oleh tubuh ya, namun saat sudah terlalu berlebihan pasti tubub juga akan menunjukkan reaksinya.

Mudah-mudahan dengan informasi ini dapat menjadi himbauan atau juga peringatan bagi Agan dan Sista yang masih suka tidur di bawah kipas angin.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
garpupatahomkumissscheria021
cheria021 dan 25 lainnya memberi reputasi
22
9.2K
136
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.