pengangguran192
TS
pengangguran192
Kisah pilu ane sebagai pengangguran
Kenalin gan ane anak pertama dari keluarga yang pas-pasan, Ayah sama Ibu ane cuma pedagang sembako yang shiftnya ganti-gantian. Ane ga punya rumah gan, yang sekarang ane tinggalin itu rumah warisan dari kakek. Lapak warung pun juga warisan dari kakek. Penghasilan ortu ane sebagai tukang sembako ga seberapa gan, malah makin ke sini pendapatan makin sedikit.

Ane sebagai anak pertama tentunya tergerak buat bantu-bantu ekonomi keluarga. Ane lulusan S1 gan, usia ane sekarang 25 tahun dan masih fresh graduate, kuliah tujuh tahun karena ane idealis buat nyusun skripsi bagus. Habis lulus ane langsung mulai lamar-lamar kerja. Awalnya ane ngerasa biasa aja pas lamaran ane ditolak, tapi makin ke sini makin ngebuat ane hopeless gan.

Bukannya ane ga ngelakuin apa-apa gan, sebenernya ane udah ikut kursus sama pelatihan, dan juga udah ngumpulin banyak sertifikat, dan portofolio. Tapi tetep aja ane ditolak terus. Ane ngerasa karena para HRD yang interview ane langsung ngejudge ane dari kekurangan psikologis ane yg mana ane kurang pandai mengekspresikan diri mungkin karena dulu ane sering dibully pas smp, dan bukan dari kompetensi yang ane punya. Bukannya sombong gan, sebenernya ane udah ikut puluhan kursus, dan buat banyak portofolio menarik, cuma selalu berakhir ditolak. Dari situ ane makin pesimis gan. Sekarang ane mulai stres, kesel sama kondisi diri ane sendiri, dan ngerasa gagal karena ane udah ngorbain banyak waktu yang ternyata ujungnya nihil begini.

Ane ga punya ordal gan, ane bener" seorang jobseeker yang berjuang sendirian. Sebenernya ane punya cukup banyak temen, cuman ane ga mau ngebebanin mereka soal ke joblessan ane.

Ane ngerasa ini ga sehat buat psikologis ane gan. Ane harus gimana gan?
Diubah oleh pengangguran192 18-05-2022 09:55
whateskyuzatageorgeharris501
georgeharris501 dan 66 lainnya memberi reputasi
65
16.7K
380
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Heart to Heart
Heart to Heart
icon
21.5KThread26.6KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.