• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?

masnukho
TS
masnukho 
Banyak Kisah Mistis Dialami Saat KKN, Kenapa Pengalaman Tersebut Bisa Terjadi?
Ditengah hebohnya film KKN di desa penari, muncul pengalaman-pengalaman mistis lain yang dialami saat KKN.
Kenapa hal tersebut bisa terjadi?


KKN di Desa Penari, film tersebut tengah menghebohkan media sosial karena baru dirilis dua tahun berselang setelah cerita horror di Twitter viral di 2019 lalu.

Film besutan Manoj Punjabi yang mulai tayang pada 30 April 2022 lalu tersebut telah ditonton 4,5 juta kali dalam waktu kurang dari 14 hari dan mencetak rekor baru sebagai film horror terlaris menggeser film Pengabdi Setan yang telah menduduki film horror terlaris selama 4 tahun.

Sebelum dijadikan sebuah film, kisah KKN di Desa Penari telah ditulis dan viral di media sosial Twitter. Simpleman yang menuliskan kisah nyata perjalanan dan pengalaman KKN tersebut mengaku tidak pernah menyangka bahwa tulisannya dibaca oleh jutaan orang bahkan sampai diadopsi menjadi sebuah film.

Secara garis besar dari kisah KKN di Desa Penari adalah menceritakan tentang 6 mahasiswa dan mahasiswi yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di sebuah desa terpencil di Jawa pada tahun 2009.

Cerita dari KKN di Desa Penari terdapat dalam dua versi, yaitu versi Nur dan Widya yang keduanya adalah mahasiswi dari 6 orang yang mengikuti KKN di desa terpencil yang ada di Jawa Timur.

Di desa terpencil tersebutlah pengalaman mistis dialami oleh keenam mahasiswa mahasiswi yang terlibat dalam kisah KKN di Desa Penari.




Masih terkait dengan film KKN di Desa Penari. Setelah film tersebut tayang dalam beberapa hari ini, muncul cerita-cerita dan kisah baru tentang pengalaman KKN. Berbagai macam kisah mistis ternyata juga dialami oleh orang-orang yang pernah menjalani KKN semasa kuliah.

Kuliah Kerja Nyata atau KKN sendiri biasanya dilakukan oleh mahasiswa dan mahasiswi yang sudah masuk semester 6 keatas. Masa KKN sendiri bisa dalam satu sampai dua bulan tergantung aturan dan kebijakan yang dikeluarkan oleh kampus masing-masing.

Adapun desa atau tempat yang dijadikan tujuan KKN biasanya diambil sesuai dengan program kerja GanSis. Wilayah mana yang cocok untuk dijadikan sebagai tempat KKN akan disurvei atau observasi terlebih dahulu.

Lalu apa sih alasan banyak orang mengalami hal aneh atau kejadian mistis saat melakukan KKN?
Berikut ini beberapa alasannya GanSis.


sumber gambar

1. Asing

Berada di tempat yang asing dan baru dikunjungi akan memunculkan perasaan was-was, aneh, dan tidak nyaman.

Perasaan tersebut manusiawi dirasakan oleh semua orang GanSis, karena memang manusia memiliki indera yang harus menyesuaikan saat ada kondisi atau situasi tertentu yang tidak pernah dirasakan atau ditangkap sebelumnya.

2. Terlalu Khawatir

Saat Agan dan Sista ingin ke sebuah tempat yang baru pasti akan ada kekhawatiran yang muncul di awal tentang tempat yang akan dituju.

Seperti apa keadaan, apakah bisa bertahan, bagaimana jika bertemu dengan masyarakat sekitar, sampai kapan disana, adalah pertanyaan-pertanyaan yang akan membebani pikiran dan akan membuat GanSis merasa penat dan lebih khawatir dengan lingkungan baru.

Perasaan khawatir inilah yang juga menimbulkan rasa was-was, sesuatu yang tidak ada menjadi ada, atau halusinasi.

3. Aturan dan Mitos

Aturan dan mitos juga akan mempengaruhi Agan Sista merasa aneh, mistis, dan tidak nyaman di tempat yang baru.

Uniknya aturan dan mitos yang ada dan dipercaya oleh masyarakat di desa terpencil seringkali akan melahirkan pikiran atau bayangan baru di benak seseorang.

4. Saling Perkenalan

Tidak bisa dipungkiri bahwasanya makhluk ghaib itu ada GanSis. Saat muncul orang baru di tempat tertentu maka makhluk ghaib juga akan mengajak "berkenalan" orang-orang baru tersebut entah itu dengan menunjukkan perwujudan mereka yang asli atau mengganggu dengan melakukan kejahilan kecil.

sumber gambar

Itulah GanSis beberapa alasan kenapa seseorang khususnya mahasiswa dan mahasiswi yang sedang KKN di tempat-tempat terpencil merasa ada hal aneh, mistis, dan mengalami pengalaman tidak menyenangkan dengan makhluk ghaib yang ada.

Adapun cara agar tetap aman dan tidak diganggu secara berlebihan oleh penghuni suatu tempat yaitu dengan tetap menjaga adab, tidak melanggar aturan yang ada, mendekatkan diri kepada Tuhan, dan permisi saat melakukan aktivitas di tempat yang baru.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan ada pelajaran baik yang bisa diambil.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
greenontheda698gta007provocator3301
provocator3301 dan 21 lainnya memberi reputasi
22
7.8K
112
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.