dragonroarAvatar border
TS
dragonroar
7 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit
7 Penyebab Runtuhnya Kerajaan Majapahit

Kamis, 12 Mei 2022 13:15 WIB



Kerajaan Majapahit menyimpan banyak fakta sejarah yang menarik, termasuk pada masa keruntuhannya. Berikut penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit. (iStockphoto/5bf5911a_905)

Jakarta, CNN Indonesia -- Kerajaan Majapahit menyimpan banyak fakta sejarah yang menarik, termasuk pada masa keruntuhannya. Berikut penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Sebagai kerajaan Hindu terbesar dan terkuat di tanah Jawa, keberadaan Majapahit yang sempat berjaya menjadi bukti sejarah dari puncak kemajuan peradaban masyarakat Jawa kala itu.

Namun, Kerajaan Majapahit yang sempat mengalami masa keemasan di masa pemerintahan Hayam Wuruk dengan Mahapatih Gadjah Mada, pada akhirnya harus meredup.

Runtuhnya Kerajaan Majapahit kemudian menjadi akhir dari kejayaan kerajaan terbesar di Nusantara itu. Adapun keruntuhan Kerajaan Majapahit disebabkan oleh banyak faktor, sebagai berikut.

1. Kematian Hayam Wuruk


Penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit dimulai setelah meninggalnya Raja Hayam Wuruk (Wacana Nusantara via Wikimedia Commons)

Melemahnya kekuasaan Majapahit dimulai setelah mangkatnya Raja Hayam Wuruk pada 1389 dan Mahapatih Gajah Mada pada 1364.

Selepas pemerintahan raja keempat Majapahit tersebut, situasi kerajaan menjadi semakin tak terkendali akibat perebutan takhta kerajaan dan pergolakan politik.

Takhta kemudian diwariskan pada Wikramawardana yang tak lain adalah menantunya sendiri. Di masa pimpinan Wikramawardhana tercetuslah Perang Regreg atau Perang Paregreg yang menjadi cikal bakal kemunduran Majapahit.

2. Tercetusnya Perang Paregreg

Pengangkatan Wirakramawardhana pada 1389 untuk menggantikan Hayam Wuruk ditentang anak Hayam Wuruk, Bhre Wirabhumi penguasa kerajaan timur Majapahit. Wirabhumi lantas menuntut singgasana Majapahit dari Wirakramawardhana.

Lalu pada sekitar 1404-1405, pecahlah perang saudara yang dikenal dengan Perang Paregreg yang menewaskan Wirabhumi. Kekalahan Wirabumi membuat kerajaan timur bersatu dengan barat.

Akan tetapi, kejayaan Majapahit tetap merosot lantaran melemahnya kendali Majapahit dan lepasnya daerah-daerah taklukan di luar Jawa.

3. Konflik internal Kerajaan Majapahit

Penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit berikutnya adalah adanya intrik politik dan konflik internal yang ada di dalam Kerajaan Majapahit.

Meski perang saudara telah usai, konflik internal kerajaan terus berlangsung sehingga menimbulkan perpecahan. Salah satunya adalah pertentangan dan perebutan kekuasaan yang menyebabkan Kerajaan Majapahit semakin mengalami kemunduran.

4. Pengaruh Dinasti Ming

Ilustrasi. Salah satu penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit adalah munculnya kekuatan Dinasti Ming yang menguasai perdagangan saat itu. (ANTARA FOTO/M. IRFAN ILMIE)

Munculnya kekuatan baru dari Timur, yakni ekspansi Tiongkok di bawah Dinasti Ming, turut melemahkan Kerajaan Majapahit.

Saat itu, perdagangan rempah-rempah yang pesat di daerah kekuasaan Majapahit tidak diimbangi dengan kekuatan pengaruh Kerajaan Majapahit.

Hal ini mendorong Dinasti Ming semakin memperkuat hubungan dagang dan politik dengan orang-orang di pelabuhan Nusantara.

5. Bangkitnya Malaka

Malaka saat itu menjadi jalur perdagangan rempah-rempah dari Maluku ke India dan wilayah lainnya. Namun, seiring hubungannya yang dekat dengan Dinasti Ming, membuat jalur pelayaran Selat Malaka sulut disentuh oleh Majapahit.

6. Kemunculan Kerajaan Demak

Munculnya kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raden Patah turut melemahkan pertahanan Majapahit.

Raden Patah merupakan putra dari raja terakhir Majapahit, Brawijaya V dengan selir muslim Tiongkok Siu Ban Ci, yang memilih mendirikan kerajaan bercorak Islam.

Kekuatan perekonomian kala itu dibuktikan dengan berkuasanya Kerajaan Demak di dua pelabuhan besar. Direbutnya bandar dagang yang dimiliki Majapahit itu mengakibatkan perekonomian Majapahit semakin melemah.

Hingga akhirnya pada 1517 di bawah pimpinan Pati Unus, Demak menyerang Majapahit dan mengalahkan kerajaan tersebut sekaligus memantapkan diri sebagai kekuatan baru di tanah Jawa.

7. Penyebaran agama Islam menjadi penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit


Ilustrasi. Salah satu penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit adalah masuknya pengaruh agama Islam di Jawa (iStockphoto/cihatatceken)

Pengaruh agama Islam mulai masuk ke dalam lingkungan Kerajaan Majapahit yang berlandaskan Hindu.

Kondisi Majapahit yang telah keropos akibat pertentangan internal kerajaan, membuat pengaruh Islam semakin lebih mudah masuk ke Majapahit dan masyarakat Jawa. Hal ini menjadi salah satu faktor penyebab runtuhnya Kerajaan Majapahit.

Masuknya pengaruh Islam dan proses lslamisasi di Jawa melalui beberapa cara, antara lain perdagangan dari saudagar Muslim asing, perkimpoian, kepercayaan, hingga kesenian.

https://www.cnnindonesia.com/nasiona...jaan-majapahit


Aramina
tepsuzot
Swararuri
Swararuri dan 22 lainnya memberi reputasi
21
10.3K
171
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sejarah & Xenology
Sejarah & Xenology
icon
6.5KThread10.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.