• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Menerapkan Pola Pikir Saat Bermain Game RPG Dikehidupan Sehari-hari? Bisa Nggak Sih?

EssChristian
TS
EssChristian
Menerapkan Pola Pikir Saat Bermain Game RPG Dikehidupan Sehari-hari? Bisa Nggak Sih?
Dunia game punya ruang sendiri bagi pencintanya, apa GanSist salah satunya? Kali ini ane mau bahas sedikit kaitannya saat bermain Game RPG jika diterapkan dikehidupan sehari-hari. Ane bahas menjadi 3 bagian ya GanSist! Mulai dari dasar..

Bagian I
Ciri Game RPG



Didalam game berjenis RPG (Role-playing Game), GanSist diajak untuk memerankan suatu karakter dimana pengembangan karakternya ditentukan oleh kita sendiri. Semakin kita lama bermain semakin tinggi pula perkembangan karakter kita didalam game. Tentunya, game yang ada sekarang menuntut kita untuk melakukan ‘Topup’agar mempercepat perkembangan karakter kita (ane tidak membahas tentang Topup di thread ini gansist emoticon-rose).

Level, Status, Kemampuan, Barang dalam game,  Misi-misi dan hadiah yang ditawarkan didalam game membuat kita tertantang untuk terus bermain game dan memperkuat karakter kita sesuai yang kita mau entah berapa bulan, bahkan tahun kita harus memainkan game tersebut.

Bagian II
Pandangan Negatif Bermain Game



Game RPG sendiri termasuk jenis game hardcore dimana kita harus mengorbankan waktu dan tenaga yang banyak untuk mengembangkan karakter kita menjadi kuat sehingga dapat bersaing dengan pemain lain. Sehingga tak jarang dari kalangan masyarakat, keluarga, maupun orang terdekat memandang bermain game itu sesuatu yang negatif.

“Main game mulu, nggak kerja?”

“Kapan belajarnya, ngegame terus!”

“Hehh, mandi sana, bukannya ada rapat, ngegame terus!”

Gimana ya GanSist, dampak buruk dalam bermain game kalau sudah kecanduan ya gini, bisa diserepetttt kanan –kiri sama orang-orang.  Serius banget fokus naikin level, naikin skill, kerja keras di game untuk mencapai karakter yang kuat didalam game sehingga dapat pujian dari banyak orang yang bermain game. Apakah itu kepuasan yang kita cari dalam bermain game? Bagaimana jika kita balik polanya, dari game kita terapkan dikehidupan sehari-hari? Apa bisa?.

Bagian III
Menerapkan Pola Pikir bermain game RPG dikehidupan sehari-hari 


Bayangin GanSist, jika kita ini adalah suatu karakter didalam game RPG dan kita yang menentukan mau dibawa kemana perjalanan kita, mau menjadi apa, mau ngapain aja.  

Seperti didalam Game RPG ada misi-misi yang harus diselesaikan, sehingga kita mendapat hadiah.



"Hari ini mau misi bunuh monster, hadiahnya lumayan nih!"

Dari situ kita belajar, bahwa kita tidak boleh bermalas-malasan. Semangat untuk mengembangin diri kita dalam mencapai suatu tujuan.

“Ah, aku pingin beli motor, beli mobil...”.

Tetapkan menjadi sebuah tujuan, lalu langkah-langkah apa yang harus kita lakukan?

Dengan menjalankan misi : bekerja, buka usaha, kumpul cari relasi.

Menaikan status, memperkuat kemampuan : kursus, belajar, sekolah.
 
Efisiensi waktu dan ambil keputusan, fokus naikin level dan status, dan memperbanyak uang digame (farming).


Nggak mau tergiur oleh gengsi, nggak mau ini-itu. Ngelihat temen beli ini, ngikut. Ngelihat temennya pakai ini, ngikut. Dari bermain game RPG kita belajar untuk Fokus pada tujuan dan konsisten menjalankannya.
 
Kalah saing, mati terus digame bikin nggak berkembang


"Mati terus sama monster, nggak kuat nih kayaknya, besok coba lagi".

"Hebat pemain A udah level 100. Nggak mau kalah!"

Dari situ kita belajar untuk tidak mengeluh GanSist! Tetap semangat, kalau kalah bangkit lagi, coba lagi. Orang-orang udah pada sukses kita kok belum? Tetap lakukan yang terbaik versi diri kita, kembangin level kita, status dan kemampuan. Ingat, usaha keras tidak akan menghianati hasil.


Akhir kata,"Challenges and problems are the fuel of success". Jika kamu merasa hari ini belum berusaha dengan baik, mulai aja dulu. Karena dengan memulai kita membuka jalan satu demi satu untuk bergerak maju, bergerak menjadi lebih baik. Eh, Thread ini hanya hiburan lho GanSist. Sekian dari ane! Cheers! emoticon-Cendol (S)


Penulis thread : EssChristian
Sumber : Ulasan Pribadi


Diubah oleh EssChristian 14-05-2022 08:34
shotgunBluesprovocator3301stefannydheb238
stefannydheb238 dan 16 lainnya memberi reputasi
15
4.1K
79
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.