si.matamalaikat
TS
si.matamalaikat
Ukraina Mengklaim Berhasil Menembak Fregat Admiral Makarov, Tapi Rusia Membantahnya
Quote:



Kabar duka kembali datang menghampiri armada kapal perang Angkatan Laut Rusia, kali ini tak tanggung-tanggung korbannya adalah fregat Admiral Makarov yang terhitung kapal baru. Belum diketahui secara pasti kapan kapal fregat tersebut tersengat rudal anti kapal, akan tetapi banyak media mengatakan jika insiden tersebut terjadi pada awal bulan Mei.

Mengutip artikel mirror.co.ukkapal fregat Admiral Makarov saat ini sedang berada di dekat dengan Pulau Ular (Snake Island) di Laut Hitam, di mana operasi penyelamatan sedang berlangsung yang melibatkan beberapa pesawat dan kapal penyelamat milik Rusia.

Sementara itu anggota parlemen Ukraina Oleksiy Goncharenko melalui saluran Telegramnya melaporkan bahwa, kapal itu telah terkena rudal anti kapal Neptunue buatan Ukraina. Dia mengatakan bahwa kapal telah terkena serangan Ukraina dan "rusak parah", tetapi kapal masih bisa bertahan untuk saat ini. Dalam postingannya, ia menulis: "Ada informasi baru tentang kegagalan lain armada Rusia di dekat pantai kami." Video yang belum dikonfirmasi keasliannya juga beredar di Twitter menunjukkan kapal yang diselimuti kepulan asap, dan diduga sebagai Admiral Makarov. Untuk videonya bisa agan lihat di bawah ini.


Quote:



“Sumber tidak resmi Rusia melaporkan bahwa fregat terbaru Admiral Makarov dalam masalah. Menurut informasi awal, fregat ini tidak dapat menghindari serangan rudal anti kapal. Kapalnya rusak parah, tapi tetap dapat bertahan. Untuk sekarang. Kami menunggu,”dikutip dari mirror.co.uk.

Pernyataan tersebut menyiratkan fakta bahwa, kapal tersebut saat ini memang mengalami masalah. Dan jika benar masalah yang dimaksud adalah kebakaran, maka ini adalah yang kedua kalinya kapal perang Rusia terbakar. Setelah pada 14 April 2022 RTS Moskva dilaporkan tenggelam akibat kebakaran di gudang amunisinya, tetapi pihak Ukraina mengatakan jika kapal penjelajah tersebut dihantam rudal anti kapal Neptune pada 13 April 2022.



Kapal Fregat Tercanggih Milik Pak Putin


Dirunut dari silsilah keluarganya, fregat Admiral Makarov merupakan anggota dari kapal fregat Grigorovich Class. Dari segi usia, keluarga Grigorovich Class memang tergolong masih muda gan. Kapal pertama dalam kelas ini diberi nama Admiral Grigorovich pertama kali dibangun pada 18 Desember 2010 dan bertugas pada 11 Desember 2016. Artinya kapal pertama kurang lebih baru bertugas selama 5 tahun.

Semua kapal Grigorovich Class bertugas bersama Armada Laut Hitam, sementara Admiral Makarov adalah kapal ketiga yang dibangun pada 29 Februari 2012 dan bertugas pada 27 Desember 2017. Admiral Grigorovich Class atau juga disebut juga Krivak IV Class (Project 11356R/М) merupakan kekuatan penggebuk andalan di Armada Laut Hitam Rusia. Seluruh kapal dibuat oleh Yantar Shipyard di Kaliningrad, sejauh ini Angkatan Laut Rusia memesan enam unit. Tiga unit telah beroperasi, di mana kapal kedua bernama Admiral Essen dibangun pada 8 Juli 2011 dan bertugas pada 7 Juni 2016.


Apakah Kapal Ini Canggih ?



Jika ada agan yang punya pertanyaan seperti di atas, maka ane jawab: "Ya, kapal ini memang canggih. Bahkan untuk sekelas fregat persenjataannya terlalu canggih."Salah satunya, kapal ini juga dilengkapi rudal jelajah Kalibr. Sebuah senjata yang cukup canggih yang terpasang pada sebuah kapal jenis fregat.

Paket persenjataan Admiral Grigorovich Class adalah sebagai berikut: 1× meriam 100 mm A-190 Arsenal naval gun, 8 (2×4) UKSK VLS cell untuk rudal jelajah Kalibr, 24 (2×12) 3S90M VLS cell untuk rudal pertahan udara jarak sedang 9M317M (Shtil), 2× kanon reaksi cepat AK-630 CIWS, 8× rudal pertahan udara jarak pendek Igla-S/Verba, 2× double 533 mm torpedo tubes, 1× peluncur roket anti kapal selam RBU-6000. Fregat ini juga membawa satu unit helikopter anti kapal selam Ka-27.

Sebenarnya elemen pertahanan kapal ini terbilang komplit mulai dari kanon reaksi cepat (CIWS), rudal jelajah Kalibr serta dilengkapi dua opsi rudal pertahanan udara jarak pendek dan rudal pertahanan udara jarak sedang. Meski klaim Ukraina masih belum dipastikan kebenarannya, tetapi jika klaim itu benar; maka ada pertanyaam besar terkait sistem pertahanan kapal milik Rusia. Apakah sistemnya yang tidak bisa menghadapi ancaman rudal modern atau kru kapal yang tidak kompeten ?

Untuk saat ini TS sendiri tidak berani menyebut apakah benar klaim Ukraina tersebut, tentunya kita berharap segera ada berita valid terkait insiden ini tetapi fakta bahwa Admiral Makarov sedang dalam masalah adalah benar adanya. Entah masalah apa yang dimaksud dan penyebabnya, saat ini hanya pejabat Rusia dan Tuhan yang tahu.

Spoiler for Tambahan:



Quote:



Admiral Makarov ditenagai 2 shaft COGAG (Combined gas and gas), 2 DS-71 cruise gas turbines (8.450 shp), 2 DT-59 boost gas turbines (22.000 shp). Dengan total tenaga yang dihasilkan mencapai 60.900 shp, fregat ini bisa digeber sampai kecepatan maksimal 30 knots. Untuk jarak jelajahnya adalah 8.900 km pada kecepatan 14 knots. Kapal yang diawaki oleh 200 personel ini punya endurance berlayar selama 30 hari. Untuk dimensinya kapal punya panjang 124.8 m, lebar 15.2 m serta draft 4.2 m.

Sebelum Admiral Makarov terbakar pada 5 Mei 2022, sebelumnya pada 2 Mei 2022 dua kapal patroli Raptor milik Rusia dilaporkan berhasil dihantam oleh munisi yang dilepaskan oleh drone Bayraktar TB2 milik AL Ukraina. Dengan begitu semakin banyak daftar kerugian AL Rusia selama perang dengan Ukraina, sebelumnya pada 24 Maret 2022 kapal pendarat amfibi Alligator Class milik Rusia terbakar di pelabuhan Berdyansk setelah disengat rudal balisitik Tochka. Dengan 4 jenis kapal telah ditumbalkan dalam perang dengan Ukraina, sebenarnya apa yang salah dengan Angkatan Laut Rusia ?


Quote:



Referensi Tulisan: mirror.co.uk.& Navy Recognition
Sumber Foto: sudah tertera
Diubah oleh si.matamalaikat 17-05-2022 05:54
fahriynsyhMasterSimsAramina
Aramina dan 18 lainnya memberi reputasi
19
8.2K
53
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Militer dan Kepolisian
Militer dan Kepolisian
icon
2.2KThread2.1KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.