ikhwan.abas
TS
ikhwan.abas
4 Jawaban Kenapa Daerahmu Kebanjiran
Halo gansis. Akhir akhir ini gw lagi kesel, pengen banget menggaung teriak ke langit. Aaakkhhhhhh emoticon-Kagets"Kenapa sih lu ts!??" Mohonmaap, nih bukan tanpa alasan. Gw gak bisa kemana mana, bete dirumah. Eh eh tapi jangan suuzon dulu, bukan karena bokek, ya alias gak ada duit. Penyebabnya karena daerah ane sedang dilanda banjir. Belok kiri banjir, puter kanan banjir, yaudah gw balik lagi deh ke rumah.

Nah jadi tulisan gw kali ini akan membahas tentang banjir, ya gansis. Habisnya gw kesel, selain tertahan dirumah, becek dan jijik juga kalo liat air kotor emoticon-Mad. Gw bikin tulisan ini supaya banyak orang sadar dan memperbaiki habbit. Oke keep scrolling ya, gan!

Definisi



Ya langsung aja, banjir adalah bencana alam yg terjadi ketika aliran air meluap ke daratan. Umumnya terjadi di kawasan hilir sungai karena material sedimen biasanya mengendap di situ. Beberapa faktor yg menjadi penyebab terjadinya bencana super ngeselin ini udah gw rangkum, gansis. Lanjut baca dibawah ya!

1. Buang sampah ke sungai



Nah kalian ngaku deh! Siapa yg suka buang sampah ke sungai!? Sini begelut kkita! emoticon-Kagets "kenapa sih tiba2 ts emosi?" Jangan salah paham dulu, gw punya alasan kuat kenapa marah-marah. Kelakuan bebal kaya gini tuh emang ngerugiin banget, gansis.

Jabarannya kaya gini, ente buang sampah ke sungai lalu terbawa arus ke hilir. Dan yang terjadi? Ya sampah ente menumpuk tuh di hilir sungai. Aliran air pun jadi tersumbat dan air meluap ke daratan. Banjir dehh. Jadi gitu, gansis. Banjir bukan sepenuhnya salah hujan, tapi gara-gara dedemit yang suka lempar sampah ke sungai. Ngeselin gak tuh!? emoticon-Mad

2. Rusaknya hutan



Sory pada poin pertama emosi gw gak kekontrol, gansis. Pada pembahasan kedua ini siap-siap kencangkan celana dalam ente karena GW BAKAL LEBIH EMOSI LAGI!!? Ya, siapa yang tidak geram mengetahui hutan rusak!? Aaaarrrggghhh emoticon-Mad Mungkin sebagian orang penganut terserahlutisme merasa acuh, tapi sebagian yang lain akan sependapat dengan ane bahwa hutan punya peran penting dalam kehidupan umat manusia, dalam hal ini khususnya menyangkut penanganan banjir.

Lapisan tanah kawasan hutan berperan dalam meresap air hujan karena banyak akar pohon disitu. Akar pohon berperan banyak untuk mengunci air sehingga tidak terlalu banyak mengalir ke sungai.

Nah dengan rusaknya hutan, aliran air hujan ke sungai menjadi tidak terkendali, gansis. "Terus emang kenapa? Masalah buat gw?" Heh bambang! Kalo kondisi di hilir baik-baik aja ya gapapa, tapi kalo banyak endapan sedimen misalnya tumpukan sampah disitu? Nah lohhh.. Airnya meluap lah!

3. Erosi dan sedimentasi



Nah jika dua poin diatas terjadi karena ulah kita sebagai manusia. Kali ini ane mau bahas penyebab dari peristiwa alam(walaupun ada peran manusia juga sih disini.. Huftt).

Jadi erosi adalah pengikisan permukaan bumi, dalam hal ini tanah, ya. Biasanya terjadi karena curah hujan yang tinggi dan letak astronomis tentunya. Akibat itu, air yang mengandung tanah teralirkan ke hilir yang mengakibatkan terendapnya material tersebut. Kini, material yg terendap itu disebut sedimen. Sedangkan prosesnya disebut sedimentasi yang mempunyai arti pengendapan. Menumpuknya lapisan tebal itulah yg menyumbat aliran air di sungai yg berpotensi menyebabkan banjir.

4. Pemanasan global



Oke kembali lagi gw kesel woy! Tau gak sih gansis, kendaraan kita itu menggunakan bahan bakar fosil. "Iya tau, terus kenapa?" Heh! Emisinya itu bikin panas matahari terperangkap loh! Itu jadi salah satu penyebab pemanasan global. "Jadi apa hubungannya sama banjir?" Wah, ini orang kayanya sering ketiduran disekolah. Heh sini ane ingetin lagi (so pinter padahal gw juga baru tau hehe).

Jadi pemanasan global dapat menyebabkan perubahan curah hujan, gansis. Hujan dan badai dapat terjadi lebih sering dan deras karena perubahan suhu. Otomatis terjadi banjir dan gw gak bisa holiday sama doi, huft kesel gw..

Nah gimana dong cara untuk meminimalisir hal tersebut. Ya minimal dengan berjalan kaki aja kalo mau ke warung yang jaraknya cuman 10 meter, kok naik motor sih lu!? emoticon-Kagets Huft kesel gw. Dengan ente berjalan kaki, atau ya minimal kalo agak jauh naik kendaraan umum aja, emisi gas rumah kaca dapat terminimalisir, gansis. Selain itu, tubuh ente juga akan sehat kalo sering jalan kaki, kan?

Nah gk kerasa udah sampai di akhir tulisan. Inget2 tuh pesan gw yg udah dirangkum jadi 4 poin diatas. Dan satu hal lagi, kita hidup diatas kapal yang sama yaitu bumi. Tanpa bekerja sama untuk menjaga, kapal kita ini akan bocor dan karam. Sekian dan sampai jumpa lagi gansis..

***

Sumur : [URL=https://www.gramedia.com/best-seller/macam-penyebab-banjir/#:~:text=Hujan%20menjadi%20faktor%20utama%20dari,yang%20meninggi%20dan%20akhirnya%20banjir.]ini[/URL]
Img : google

emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Star
Diubah oleh ikhwan.abas 05-05-2022 00:46
baikbanciemineminnaAramina
Aramina dan 5 lainnya memberi reputasi
6
3.6K
44
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Green Lifestyle
Green Lifestyle
icon
3KThread3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.