• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenal Istilah One Hit Wonder, Yang Sering Terjadi Pada Musisi Pendatang Baru.

provocator3301
TS
provocator3301
Mengenal Istilah One Hit Wonder, Yang Sering Terjadi Pada Musisi Pendatang Baru.


~Memahami Arti Dari One Hit Wonder~

Quote:

Quote:
______________________________

emoticon-cystgemoticon-cystg emoticon-cystg


~Berikut ini TS berikan contoh musisi "one hit wonder" beserta 1 lagu yang melambungkan namanya~



1.Somebody That I Used to Know - Gotye
Konten Sensitif

Balada pop yang sukses secara sensasional ini menduduki posisi teratas di tangga lagu di banyak negara dan memenangkan dua penghargaan Grammy, termasuk "Record of the Year." Namun, sejak lagu 2011 mereka, Sangat sedikit lagu dari penyanyi Belgia-Australia Gotye ini Terdengar di telinga para pecinta musik.

***

2. Shut Up and Dance - Walk the Moon

Sejauh ini Shut Up and Dance, adalah satu-satunya hits WALK THE MOON yang berhasil menduduki peringkat #1 Billboard Hot Rock 100. TS masih ingat waktu lagu ini booming sering banget di putar di radio. Namun grup ini telah mencapai beberapa kesuksesan di antaranya berada di posisi 5 besar billboard hot 100 dan merajai tangga lagu di dunia. Kita lihat saja semoga para band asal Cincinnati, Ohio, Amerika Serikat Ini dapat memberikan karya yang gemilang di masa depan.

***

3. Let Her Go - pasengasr

TS yakin banget pasti banyak dari kita yang awalnya mengira kalau lagu ini dinyanyikan oleh pelantun You’re Beautiful, James Blunt. Wajar karena karakter suara Blunt dengan penyanyi bernama asli Michael David Rosenberg ini terdengar mirip.
Dan agak mirisnya lagi, seperti Blunt, Passenger jugalah seorang one-hit wonder melalui lagu ini. Pokoknya hingga sekarang, adalah Let Her Go yang terus diputar dari penyanyi asal Brighton, Inggris ini.

***

4. Feel It Still - portugal. the man

Lagu yang kini banyak digunakan di berbagai iklan ini, memang ear-cathcy banget ketika rilis. Memanfaatkan interpolasi sampel lagu Please Mr. Postman milik The Marvelettes, Feel it Still benar-benar terdengar fresh dan catchy banget.
Walau demikian, dari awal mendengar lagu ini, kita sudah langsung tahu kalau Feel it Still, hanya akan menjadi one-hit wonder saja.

***

5. Safe and Sound - Capital Cities

Wah kalau gansis masih ingat banget, ketika keluar lagu milik Capital Cities ini langsung booming banget. Dan lagunya ini sukses ikut menyemarakkan tahun musik terbaik di dekade 2010an ini.
Lagunya meriah tapi entah mengapa simpel dan enak saja untuk didengar. Tapi ya seperti kasus Feel it Still Portugal the Man, dengan lagunya yang memiliki komposisi dan feel yang seperti kita dengar, gak memungkiri kita langsung tahu kalau Safe and Sound bakalan menjadi sebuah one-hit wonder saja. Dan yaps, benar saja bukan?

***

6. Fancy - Iggy Azalea

Sebenarnya untuk TS pribadi yang suka dengan genre rap dari dulu, TS selalu berharap semua lagu rap yang dirilis rapper-nya, juga membuat karir rapper-nya berusia sepanjang / selama lagunya.
Tapi ya pada akhirnya, banyak banget rapper yang one-hit wonder saja termasuk rapper wanita asal Australia ini. Sayang banget memang kalau dipikir. Padahal Iggy memiliki tampang, rhythm, serta aksentuasi rapping yang sangat unik.
Memang Iggy juga memiliki lagu-lagu lainnya (termasuk Black Widow bersama Rita Ora). Tapi pada akhirnya, adalah Fancy yang akan selalu melekat dengan nama dan sosoknya.

***

7. Rude - MAGIC!

Yang namanya lagu yang memiliki irama reggae, sudah pasti bakalan enak banget di kedua telinga. Termasuk hit Magic! ini.
Saking asyik dan enaknya, sampai-sampai kita kerap lupa sendiri bahwasanya, Rude adalah lagu yang memiliki tema / cerita yang sangat sakit hati banget. Tapi ya gak masalah bukan? Toh lagunya ini enak banget bukan?
Sayang banget grup yang digawangi oleh vokalisnya, Nasri Atweh, belum berhasil lagi memiliki lagu yang se-magis seperti hit signature-nya ini.

***

8. Call Me Maybe - Carly Rae Jepsen

Ya memang, TS yang juga salah satu fans vokalis wanita asal Kanada ini, tahu banget kalau Jepsen juga memiliki beberapa lagu hit lainnya seperti This Kiss, I Really Like You, Run Away With Me, All That, dan sebagainya.
Dan sekali lagi, memang I Really Like You yang dirilis tahun 2015 juga sangat catchy. Namun bahkan TS sendiri mengakui kalau sampai kapanpun, bagi mereka yang awam, akan selalu mengingat / mengaitkan Jepsen dengan hit besarnya ini.
Apakah TS perlu jelaskan lagi kenapa? Sudah jelas bukan? Bahkan dari awal, Call Me Maybe sudah memiliki komposisi nada dan lirik yang sangat toxic dan gampang dinyanyikan oleh siapapun.

***

9. Party Rock Anthem - LMFAO

Oh ya hampir lupa guys. Jauh sebelum tren sekaligus challenge Harlem Shake dan Gangnam Style, adalah tren dansa kaki maju mundur alias shufflin’ yang dipopulerkan melalui lagu ini.
Pokoknya lagu dan tren shufflin’ tersebut kala itu sukses banget mempopulerkan juga duo beranggotakan RedFoo dan SkyBlu ini. Sayang banget pasca kesuksesan lagu ini beserta albumnya, Sorry for Party Rocking (2011), gaung LMFAO tenggelam begitu saja.

***

10. Dance Monkey - Tones & I

Di tengah kepopuleran Baby Shark, tanpa diduga, lagu milik vokalis wanita asal Australia ini, langsung menyaingi lagu tersebut.
Dan siapa coba yang gak langsung ikut berdansa dan karaoke mendadak setelah mendengar lagu ini bukan?
Memang karena baru rilis tahun 2019 dan juga hingga kini, kebanyakan musisi lagi absen rilis lagu karena pandemi COVID-19, terlalu dini untuk mendapuk lagu ini sebagai one-hit wonder.
Tapi karena mengingat juga kebanyakan orang hanya familiar dengan lagu ini, alhasil mau gak mau untuk sementara waktu, Dance Monkey milik Tones & I, TS anggap sebagai one-hit wonder. Lagipula saat ini juga sudah masuk tahun / dekade 2022-an bukan?

***

11. Cheerleader (Felix Jaehn Remix) - OMI

TS ingin memberikan sedikit pengetahuan musik dasar yang harus Gansis ingat baik-baik. Jadi apabila ada satu lagu dari solois atau band dengan ada tanda kurung remix, berarti lagu tersebut ada versi asli atau orisinilnya.
Dan hal yang sama juga berlaku bagi lagu milik penyanyi asal Jamaika ini. Versi orisinil lagu ini dirilis di tahun 2012 sebelum akhirnya, versi remix ini dirilis 2 tahun kemudian. Walau versi orisinilnya yang full reggae enak juga, tetap saja yang versi remix ini yang jauh lebih segala-galanya.
Bahkan versi remix Felix inilah yang sukses mempopulerkan nama Omi di seluruh dunia. Dan salah satu faktor utamanya tentu dengan ditambahkannya efek conga dan saksofon yang di-mix secara gokil oleh Jaehn.

***

12. Jealous - Nick Jonas

Ketika beberapa tahun lalu ketiga saudara Jonas memutuskan rehat dulu untuk mengejar proyek solo masing-masing, gak memungkiri fans Jonas Brothers merasa gak sabaran untuk mendengar karya solo dari Kevin, Joe, dan Nick.
Namun dari ketiganya, gak memungkiri adalah Nick yang ditunggu banget. Pasalnya memang Nick yang selalu disukai oleh fans-nya. Dan ketika single perdana dari proyek solonya ini keluar, penantian mereka nyatanya gak sia-sia.
Seketika rilis, Jealous langsung gila-gilaan airplay-nya. Alhasil, gak heran jika hingga detik ini, adalah Jealous yang selalu diingat orang banyak ketika mengingat karir solo si bungsu Jonas ini.

***

13. Mr. Saxobeat - Alexandra Stan

Dari sekian banyak lagu clubbing keren yang dirilis di dekade 2010, gak memungkiri inilah lagu clubbing yang sampai sekarang terus menjadi standar  (selalu diputar) di seluruh lantai dansanya.
Dan gak heran lagu ini memang memiliki melodi (terutama saksofon) yang sangat catchy dan toxic. Walau setelahnya Stan merilis lagu berjudul Get Back (ASAP) (2011), tetap saja Mr. Saxobeat yang menjadi hit yang paling dikenal banyak orang dari biduanita asal Romania ini.

***

14. Best Day of My Life - American Authors

American Authors dengan lagunya ini keluar berbarengan dengan It’s Time-nya Imagine Dragons (cuma terpaut 1 tahun). Dan kalau didengar lagi, kedua lagunya terdengar agak mirip-mirip.
Namun sayangnya gak seperti Imagine Dragons yang setelah It’s Time, lagu-lagu lainnya juga sama suksesnya, hanya Best Day of My Life inilah yang menjadi hit besar dari grup asal Boston, Massachusetts, ini.

***

15. The Fox - Ylvis

Untuk menjadi sebuah one-hit wonder, terkadang gak perlu lagunya seperti lagu serius, lagu cinta mainstream, atau yang berat lainnya. Terbukti lagu berlirik anak bocah ini sukses besar ketika dirilis.
Dan terlepas kita-kita yang sudah dewasa merasa kesal dan greget sendiri ketika mendengarkan lagunya yang kekankak-kanakan ini, namun gak memungkiri The Fox adalah salah satu lagu one-hit wonder yang paling catchy.

***

16. Don't You Worry Child - Swedish House Mafia

Walau sebelum lagu ini, Swedish House Mafia telah merilis Miami 2 Ibiza (2010) dan Greyhound di tahun yang sama, tapi tetaplah Don’t You Worry Child ini yang identik dengan grup ini.
Dan sayangnya setelah kesuksesan lagu ini, grup ini belum merilis-rilis lagi lagu-lagu selanjutnya. Pasalnya, keriga personilnya sibuk dengan proyek solo masing-masing. Tentunya banyak dari kita yang berharap untuk ketiganya kembali menjadi grup dan merilis lagu-lagu enak selanjutnya.

***

17. Gangnam Style - PSY

Yap lagu one-hit wonder dekade 2010 terkeren manalagi kalau bukan hit milik Psy ini? Ketika rilis, seluruh dunia langsung mengalami 2 demam: Yaitu demam Ganganam Style dan deman K-Music.
Ya menurut TS bukanlah 2NE1, Blackpink, atau musisi lain yang mempopulerkan musik Korea ke mainstream. Bagi TS adalah PSY ini yang melejitkannya. Selain itu lebih gokilnya, kepopuleran yang diraih oleh PSY ini awalnya hanya dari video klip lagunya yang diunggah ke kanal YouTube-nya.

***

18. Harlem Shake - Baauer

Kurang lebih 1,5 bulan sebelum Gangnam Style merajalela, Harlem Shake milik Baauer membuat kita semua ikut bergaya gila sendiri melalui Harlem Shake Challenge-nya.
Bagi yang lupa dengan Harlem Shake Challenge, silahkan lihat video berikut ini.

Intinya sekali lagi lagu dan tantangan ini kala itu, menjadi pelopor terhadap tantangan (challenge) “aneh-aneh” dan gak penting lainnya yang mirisnya, masih terjadi hingga detik ini.

***

19. Pumpep Up Kicks - Foster the People

Oke TS tahu banget kalau grup indie ini juga punya lagu-lagu lain seperti: Helena Beat, Call it What You Want, dan Houdini. Tapi tetap saja yang sukses banget adalah lagu berlirik pembunuhan ini.
Dan gak heran. Karena lagu ini memiliki komposisi yang sangat unik, indies, dan tetap terdengar beda hingga detik ini.

***

20. Watch Me - Silento

Bisa dikatakan dari akhir 2000an hingga pertengahn 2015, kita kerap menyaksikan lagu yang juga memiliki gaya dansa signature-nya sendiri. Dan Watch Me, adalah salah satunya.
Bahkan dibandingkan lagu-lagu serupa lainnya, adalah lagu ini yang bisa dikatakan lagu sekaligus instruksi dansa Whip / Nae Nae nya. Dengan kata lain, seperti lagu pengiring Senam Kesehatan Jasmani (SKJ) dulu?
“SKJ? Apaa tuh?” Langsung Google ya. Kalau kamu yang langsung tahu dan pernah melakukan, selamat berarti kalian seumuran seperti penulis he..he..he.


emoticon-roseemoticon-rose emoticon-rose

to be continued...


Kalau Thread Ini Ramai Nanti Akan Saya Update Lagi ke-part 2,
Kalau sepi ya sudahlah...

Quote:



emoticon-Rate 5 Staremoticon-Toast
Diubah oleh provocator3301 15-05-2022 16:16
terbitcomytbayi.kafirilmu.jiwa
ilmu.jiwa dan 26 lainnya memberi reputasi
27
37.8K
10K
Thread Digembok
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Thread Digembok
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.