c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Bertemu Desa Penari Di Gunung Raung (Cerpen)




Quote:


Gunung Raung adalah gunung tertinggi ketiga yang ada di wilayah Jawa Timur setelah gunung Semeru dan gunung Arjuno. Gunung ini meliputi wilayah Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember, pesonanya cukup menjanjikan terlebih ketinggiannya mencapai 3.344 mdpl.

Kenapa kita membahas terlebih dulu gunung Raung? Agar nuansa dan suasana dari wilayah yang akan diceritakan akan melekat di pikiran agan.



Buat pendaki pemula, gunung Raung ini bisa dibilang cukup ekstrim. Ada dua jalur resmi yang dibuka untuk para pendaki, yaitu melewati jalur Sumber Waringin tetapi jalur satunya lagi yang lebih populer bernama jalur Kalibaru.

Untuk mencapainya kamu bisa lewat desa Sumber Waringin, Wonosari, di Bondowoso. Dan dikisah yang akan diceritakan nanti lebih memilih melewati jalur Kalibaru yang berada di dusun Wonorejo, desa Kalibaru Wetan, Kalibaru, Banyuwangi. Dan ada lagi jalur alternatif lewat Glenmore.



Gunung ini juga mempunyai 4 puncak, dimana untuk puncak pertama adalah Puncak Bendera (3.159 mdpl), kemudian Puncak 17 (3.108 mdpl), Puncak Tusuk Gigi (3.300 mdpl), dan terakhir adalah Puncak Sejati, puncak ini bisa dibilang puncak tertinggi gunung Raung di ketinggian 3.344 mdpl.

Pesona Gunung Raung tak cukup disitu, ada kaldera besar dimana terbesar kedua setelah kaldera gunung Tambora. Jalurnya juga sempit dan berbahaya karena jurang yang terjal, maka disarankan untuk pendaki pemula mending naik gunung ke Cibodas aja lebih nyaman. Di kaki Gunung Gede dan Pangrango di Jawa Barat.



Wah, gimana penjelasan lokasi ini akan semakin menarik bukan? Karena lokasi tempatnya di Banyuwangi. Namun kenapa tidak memilih desa Alas Gumitir, sebuah lokasi yang terletak di Gunung Gumitir. Dimana letaknya berada di wilayah perbatasan antara Kabupaten Jember dengan Kabupaten Banyuwangi.

Tentunya alas Gumitir akan terasa lebih hidup ceritanya, karena lokasi ini dianggap lokasi asli oleh sebagian orang atas terjadinya peristiwa yang diceritakan oleh Simpleman.



Hal ini ditandai dengan adanya Patung Penari yang terletak tak jauh dari Alas Gumitir. Namun karena tempatnya dirahasiakan oleh sang penulis, menurut catatan ada wilayah yang mempunyai hal yang kurang lebih mirip dengan cerita di banyuwangi deket gunung raung yaitu Kecamatan Glenmore.

Nama Glenmore ini banyak ditemui di wilayah pemukiman barat atau eropa karena kontur tanahnya pegunungan, karena arti dari Glenmore sendiri berarti bukit besar (great glen).

Posisinya juga persis di bagian selatan Gunung Raung. Untuk sisi paling utara Glenmore itu berbatasan langsung dengan lereng selatan Gunung Raung.

Video penelusuran desa ini, yang lokasinya mirip yang diceritakan simpleman bisa mampir di channel mas Topi Jerami.







Glenmore, memang menarik karena ada sedikit jejak dari berita di Detik dan Tempo pada tahun 2010 ketika SMA di Glenmore kesurupan, bisa dilihat teriakan siswa yang mengucapkan nama "Bima" beritanya bisa dilihat dibawah ini,

https://news.detik.com/berita-jawa-t...angi-kesurupan

https://nasional.tempo.co/read/24142...n/full?view=ok

Apakah wilayah itu adalah lokasi asli KKN? Entahlah, yang jelas dari penelusuran TS lokasi Gunung Raung cukup bisa memberikan sugesti agar bulu kuduk berdiri.

Maka cerita ini akan memulai perjalanan seseorang yang mendaki Gunung Raung,

TS Mana Ceritanya Nih?

Maaf, sebentar ya juragan kalau cerita ini jelek mohon jangan dihina. Berhubung penjelasannya sudah panjang maka ceritanya akan dilanjut di kolom komentar gimana.


Sedikit Blurp dari Cerpen ini,



Kemudian kulihat tepat berada ditengah sanggar, seorang wanita dengan pakaian khas penari berwarna hijau lengkap dengan selendang dengan warna yang serupa, penari itu sangat cantik ia keluar dari balik pintu sanggar tersebut. Ia kini mulai menari tariannya itu sangat lentur dan lemah gemulai, aku seakan terhipnotis untuk melihat pertunjukan tersebut. Namun aku melihat yang menari itu seperti sosok yang ku kenal, perempuan itu.. ya sosok itu adalah "Ayu" wanita yang ada di losmen saat itu. Kenapa ia menari menghibur orang desa disini ?

Apakah Desa Penari itu nyata? Bagaimana nasib Ayu! Dan apakah pilihan dirinya sudah tepat?




emoticon-Leh Uga


referensi : klik, klik, klik
Pic : google


Diubah oleh c4punk1950... 13-05-2022 10:43
indrag057
knoopy
provocator3301
provocator3301 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
4.2K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.6KThread81.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.