• Beranda
  • ...
  • Travellers
  • Unik, Gunung Roraima ini Puncaknya Datar Loh dan Menjadi Primadona Para Pendaki

Sambelterasi052
TS
Sambelterasi052
Unik, Gunung Roraima ini Puncaknya Datar Loh dan Menjadi Primadona Para Pendaki
Foto puncak gunung Roraima terbentuk datar dikelilingi awan | instagram.com/@cantinhos_pelo_mundo via genpi.id


Gunung Roraima adalah gunung yang berada di antara perbatasan antara Venezuela-Brasil-Guyana, gunung ini memiliki ujung yang datar dan berbeda dengan ujung gunung pada umumnya. Gunung ini juga memiliki lokasi yang istimewa, karena gunung ini menghubungkan 3 perbatasan negara lain.

Karena luar biasanya gunung Roraima ini pun dijuluki sebagai The Lost World dan kisah gunung ini sudah diangkat kedalam sebuah novel. Gunung Roraima ini terletak sangat jauh di dalam hutan hujan tropis Venezuela, dan gunung ini memiliki tinggi 2.810 meter di atas permukaan laut, sedangkan tebing yang berbentuk meja memiliki tinggi 400 meter di atas gunung tersebut.

Dari atas, terutama pada hari berawan, pendaki akan melihat hamparan luas awan yang tampak seperti danau. Gunung ini dimanakan "Tepui" dalam bahasa suku Pemon yang memiliki arti rumah para dewa, dan gunung yang paling terkenal di Venezuela adalah gunung Roraima.

Foto gunung Roraima dari jauh | instagram.com/@akanantravel via genpi.id


Sebelumnya, hanya penduduk asli Pemon yang dapat mendaki gunung Roraima, karena gunung ini dianggap sangat sakral. Gunung ini benar-benar dianggap sebagai dunia yang misterius yang terlupakan. Menurut catatan sejarahnya, tempat ini terbentuk antara 250 juta dan 400 juta tahun yang lalu ketika batu lava muncul melalui celah-celah di medan batu kapur, kemudian terkikis oleh hujan dan angin menjadi bukit datar diatas puncak pegunungan.

Karena medan yang terisolasi dan bisa memakan waktu yang cukup lama bisa sampai ke gunung Roraima, membuat panorama dan kondisi gunung ini masih alami. Sayangnya, saat dijadikan sebagai objek wisata pendakian terfavorit di Amerika Selatan membuat gunung ini mulai kehilangan asrinya.

Roraima memiliki geologi yang unik sehingga ribuan spesies tanaman hanya ada di sini dan tidak dapat ditemukan di tempat lain di dunia ini. Dan di Roraima pendaki dapat menemukan spesies hewan endemik katak, capung, laba-laba.

Foto puncak gunung Roraima terbentuk datar | instagram.com/@mountroraima via genpi.id


Karena Roraima telah banyak menghipnotis pendaki dengan pesonanya membuat "Sir Arthur Conan Doyle" menggambarkan perjalanannya saat mendaki Gunung Roraima dan menulisnya kedalam sebuah novelnl yang di rilis pada tahun 1912, dengan judul "The Lost World".

Menurut informasinya, pemerintah Venezuela telah lama mengijinkan para pengunjung berpetualang di Roraima, tetapi perlu digarisbawahi ini bukan perjalanan yang mudah karena medan jalan yang licin dan curam. Pengunjung harus berjalan kaki selama 3 hari untuk dapat mencapai kaki gunung saja loh GanSis belum lagi cuaca yang sering hujan membuat jalan licin yang dapat mengundang bahaya pendakian.

Foto sisi gunung Roraima yang sangat asri | instagram.com/@thiagobiotrips via genpi.id


Namun, meningkatnya jumlah pengunjung di sini menyebabkan banyak masalah seperti sampah pendaki yang terbuang sembarangan, karena sampah tersebut dapat mempengaruhi ekosistem dan keasrian gunung. Oleh karena itu, banyak pencinta alam mendeklarasikan pemerintah Venezuela agar menjaga kelestarian Roraima dengan memberikan peringatan dan aturan kepada setiap pengunjung dan pendaki.





Penulis: Sambelterasi052
Referensi: 1. wikipedia.org - Gunung Roraima
2. talesofabackpacker.com - Mount Roraima: The Lost World of Venezuela
Gabung Yuk di Komunitas: Toba Ethos
rotten7070gunturmustanircheria021
cheria021 dan 30 lainnya memberi reputasi
31
8.2K
79
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Travellers
Travellers
icon
23KThread10.4KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.