indoheadlines
TS
indoheadlines
Kemlu Buka Suara soal Kedatangan Jokowi Tak Disambut Pejabat Tinggi AS



Jakarta -

Kedatangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Amerika Serikat menjadi sorotan di media sosial karena tidak disambut oleh pejabat tinggi AS. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) buka suara.

Untuk diketahui, Jokowi yang didampingi sang istri, Iriana Jokowi, serta rombongan tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC, Amerika Serikat (AS), Selasa (10/5/2022) sekitar pukul 21.40 waktu setempat (WS) atau Rabu, 11 Mei 2022 pukul 08.40 WIB.

Kedatangan Jokowi itu disambut oleh Duta Besar RI untuk Amerika Serikat, Rosan Roeslani. Tidak ada pejabat AS yang menyambut Jokowi dan rombongan.
Baca juga:
Jokowi ke AS, Ma'ruf Amin Jadi Plt Presiden
Penjelasan Kemlu

Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah mengatakan kunjungan Jokowi bukan merupakan kunjungan bilateral. Jokowi tiba di AS dalam rangka menghadiri ASEAN-US Summit.

"Kunjungan Presiden RI ke Washington DC bukan kunjungan bilateral, namun dalam rangka hadiri ASEAN-US Special Summit," kata Faizasyah saat dikonfimasi, Kamis (11/5/2022).

Faizasyah mengatakan di hari yang sama ada juga pemimpin negara yang tiba dan disambut oleh masing-masing pejabat negaranya. Dia menyayangkan jika adanya kesimpulan negatif atas kedatangan Jokowi di AS tersebut.

"Di hari ketibaan 10 Mei, terdapat pula PM Kamboja, PM Malaysia dan PM Vietnam dan masing-masing dijemput oleh pejabat yang sama," ujarnya.

"Sangat disayangkan mengambil kesimpulan tanpa paham situasi sebenarnya," lanjut Faizasyah.

Agenda Jokowi ke Amerika Serikat

Presiden Jokowi bertolak menuju Washington, DC, Amerika Serikat, untuk melakukan serangkaian kunjungan kerja. Agenda ini berlaku pada 11-13 Mei 2022.

"Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington, DC, dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022," ujar Presiden dalam keterangannya di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sesaat sebelum lepas landas, dilansir situs resmi Setkab RI.

Berikut ini agenda yang akan dihadiri Jokowi:

1. Pertemuan dengan pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden dalam KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari
2. Pertemuan dengan anggota Kongres
3. Pertemuan dengan para CEO besar Amerika
4. Pertemuan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika

Presiden Jokowi dan delegasi direncanakan akan kembali ke Jakarta pada 13 Mei malam waktu setempat. Dijadwalkan Presiden akan tiba di Indonesia pada Minggu pagi, 15 Mei 2022.

Baca artikel detiknews, "Kemlu Buka Suara soal Kedatangan Jokowi Tak Disambut Pejabat Tinggi AS" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6074...bat-tinggi-as.




kayaknya sih dicuekin itu, gegara Indo ga boikot Rusia
pilotwaras108srikuncara70484screamo37
screamo37 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
2K
30
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.