wa2n43
TS
wa2n43
Unpad Pernah Teliti Alat Ubah Air Jadi Energi Mesin, Mudah Meledak

Unpad Pernah Teliti Alat Ubah Air Jadi Energi Mesin, Mudah Meledak


CNN Indonesia
Rabu, 11 May 2022 09:40 WIB

Nikuba, alat pengubah air jadi energi motor TNI AD. (Foto: Ony Syahroni/detikJabar)

Jakarta, CNN Indonesia --

Dosen sekaligus Pakar Teknik Mesin Universitas Padjajaran, Made Joni menyebut pernah meriset alat dengan konsep elektrolisis seperti Nikuba, alat pengubah air jadi energi besutan warga Cirebon Aryanto Misel.
Menurut Made Joni, konsep elektrolisis untuk menghasilkan HHO dari H20 atau nama kimia dari air itu sebenarnya sudah biasa. Bahkan, kata dia, alat-alat yang menggunakan konsep itu sudah banyak dijual di pasaran.

"Saya juga pernah meriset ini. Namun saya hentikan karena saya belum dapat supply untuk selang yang khusus, karena mudah meledak kalau ada kebocoran," kata Made Joni kepada CNNIndonesia.com, Rabu (11/5).

Beberapa orang dari banyak negara juga disebut Made Joni sudah mematenkan alat serupa dengan HHO yang memproduksi gas hidrogen tinggi.

Inovasi ini mengungkapkan sistem hidrogen/oksigen (HHO) yang mengandung generator HHO dan pot yang dikonfigurasi untuk mengurangi suhu di dalam generator HHO dengan penguapan air pada permukaan pot.

Pot berisi radiator berfungsi mendinginkan larutan elektrolit untuk generator HHO. Sistem HHO juga memiliki pompa dan tangki penampung yang berada dalam fluida dengan radiator untuk memompa larutan elektrolit dari radiator kembali ke generator HHO.

Demister atau perangkat yang digunakan untuk menghilangkan tetesan cairan yang masuk dari aliran gas dipasang di hilir generator HHO untuk menghilangkan uap dari hidrogen dan gas oksigen yang dihasilkan di generator HHO.

Kodam Siliwangi TNI Buka Suara soal Motor Dinas Berbahan Bakar Air

Lebih lanjut, Made Joni mengungkapkan masih belum tahu persis mekanisme alat Nikuba.

"Namun soal Nikuba saya belum tahu persis mekanisme apa yang digunakan. Karena kalau menggunakan elektrolisis tentu perlu energi listrik. Apakah cukup dari aki motor, saya belum tahu. Intinya saya perlu perkaya dulu info tentang Nikuba," ujar Made Joni.

Sebelumnya, Pakar Teknik Mesin Institut Sepuluh November Motnas, Dr. Moh. Nur Yuniarto mempertanyakan cara kerja Nikuba, alat yang diklaim bisa mengubah air menjadi bahan bakar kendaraan bermotor.

Menurut Nur, jika kendaraan masih membutuhkan bensin atau solar untuk dijalankan, Nikuba sama saja tidak ada gunanya.

"Dipastikan dulu, itu tetap pakai bensin tidak? Kalau masih pakai bensin, 1 liter air juga bisa keliling dunia karena dia tidak menghilangkan bensin atau solar di kendaraan," ujarnya.

Viral Motor TNI Berbahan Bakar Air, Cirebon ke Semarang Cuma 1 Liter

Menyoal keamanan pemakaian Nikuba, Nur memastikan tidak akan terjadi konsleting listrik. Sebab daya yang dipakai kecil, yakni hanya 12 volt.

"Tidak perlu khawatir konsleting karena pakai listrik 13 volt yang diklaim untuk melalukan elektrolisasi hidrogen dari air. Kecuali alat yang sudah ada HHO Generator itu kalau dipakai dalam jangka panjang akan merusak mesin," jelasnya.

Alat Nikuba menjadi viral usai dipakai 30 anggota TNI di Kodam III Siliwangi. Alat tersebut diklaim bisa membuat perjalanan dari Cirebon ke Semarang yang berjarak 273 km ditempuh hanya dengan menggunakan 1 liter air.

(ttf/mik)

https://www.cnnindonesia.com/teknolo...mudah-meledak.

napa ahli di 62 lebih suka nyinyir ....
wajar ada kekurangan dari penemuan baru oleh warga 62...
pasti butuh penyempurnaan

kasus ini
kasus terawan ...

arnoldariefaioyupsessholl
essholl dan 8 lainnya memberi reputasi
3
2.9K
77
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.2KThread39.7KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.