ariemailAvatar border
TS
ariemail
Belajar Sejarah Dunia dari Skuter Klasik
TEMPO.CO, Yogyakarta - Event Indonesia Scooter festival yang dilangsungkan di Yogyakarta 23-24 September 2017 menjadi ajang mengenal lebih dekat perkembangan skuter sebagai bagian sejarah peradaban dunia.
“Agar generasi sekarang, khususnya pecinta skuter, mengenal jika skuter itu sudah berperan penting sejak era Perang Dunia II,” ujar Ketua Panitia Indonesia Scooter Festival Dwi Yudha kepada Tempo di sela acara yang dipusatkan di Jogja Expo Center Sabtu 23 September 2017.

Skuter buatan Jepang, Fuji Rabit, tahun 1968, ikut meramaikan Indonesia Scooter Festival di Yogyakarta, 23 September 2017. Ini merupakan cikal bakal produksi mobil Subaru dari Fuji Heavy Industry.

Publik Indonesia sendiri mengenal skuter merk Vespa sebagai merk paling populer. Sebab Vespa memang pernah mendirikan pabriknya di Jakarta pada tahun 1960 silam sebelum hengkang ke Vietnam tahun 1980 an.

Padahal, jenis skuter ini ada beragam merek dan bentuk. Salah satu yang dapat diamati, berbagai skuter ini pernah diproduksi oleh produsen mobil terkemuka.

“Produsen mobil dunia yang terkenal sekarang sebagian pernah membuat skuter,” ujar Ketua komunitas pecinta Vespa Id.946 Jakarta, Adhitya alias Dodit di sela mengikuti event Indonesia Scooter Festival di Yogya.

Misalnya skuter DKW Hobby 1956 yang diproduksi pabrikan otomotif asal Jerman, Dampt Kraft Wagen. DKW ini merupakan cikal bakal produsen penghasil mobil mewah Audi. Bahkan logo ‘roda terkait’ Audi sudah dipasang sejak skuter pertama mereka diluncurkan.

Selain itu ada pula skuter Fuji Rabbit, yang diproduksi pabrikan Jepang Fuji Heavy Industri tahun 1948-1968. Fuji Heavy ini sekarang memproduksi mobil bermerek Subaru. Pabrikan otomotif Jepang lainnya, Mitsubishi, juga pernah memproduksi skuter bernama Mitsubishi Silver Pigeon tahun 1946-1963.

Dodit menuturkan, para produsen skuter asal Eropa awalnya merupakan produsen senjata, alat pertanian, maupun pesawat yang kemudian berekspansi. Meski yang fenomenal dan menjadi inspirasi karena pertama kali meluncurkan adalah pabrikan Vespa asal Italia.

Pasca Vespa diluncurkan tahun 1946, diprediksi mempengaruhi berbagai negara termasuk Jepang menyusul membuat jenis motor yang memiliki bagian lantai di bawahnya serta roda berukuran 10-12 inci.

Dari ajang Indonesia Scooter Festival ini pengunjung dapat menemukan berbagai jenis skuter dari belahan dunia yang berhasil dikoleksi di Indonesia.

Seperti skuter merk Corgi produksi Brockhouse Engineering Southport LTD Inggris. Skuter Corgi warna hitam produksi tahun 1953 itu pernah dipakai para tentara Inggris juga Amerika saat perang dunia II karena praktis dengan bentuk yang kecil.

Tak hanya itu, yang bikin berdecak adanya skuter Faka, produksi pabrikan Slatzgitter- Bad Jerman yang membuat pengunjung tak berkedip.

Skuter panjang ini bagian mesinnya menggunakan turbin pesawat. Faka sendiri sebelum memproduksi skuter nya pada tahun 1953, merupakan produsen pesawat sehingga bentuk intake pesawat jet ikut dicomot dan ditanam dalam bodi skuternya.

Ada juga skuter berbodi bongsor bagian depannya dengan lebar satu meter namun ramping bagian samping produksi Zundap bernama Bella. Skuter yang dibuat oleh pabrikan peralatan perang asal Jerman yang berdiri tahun 1917 itu konon terinsipirasi bentuk tubuh anjing Greyhound yang ramping dan cepat berlari.





Inspired by: PMS Lounge
#ForumKaskus via @KASKUS
Diubah oleh ariemail 28-06-2022 23:05
gasaptol
evywahyuni
jokoariyanto
jokoariyanto dan 7 lainnya memberi reputasi
8
1.4K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Scooter Matic
Scooter Matic
288Thread4KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.