sintamustika
TS
sintamustika
Mengenal Rasa Nusantara : Rujak Sayur Asin, Kimchinya Surabaya Nih Gan!


Mengenal Rasa Nusantara episode pertama kali ini, akan membahas kuliner dari Jawa Timur nih gansis. Tepatnya akan membahas kuliner khas dari kota Pahlawan tercinta yaitu Surabaya. Menyebut kota Surabaya, kuliner yang sering dibahas adalah Rujak Cingur dan juga Rawon? Betulkan? 2 makanan yang memiliki cita rasa otentik khasnya orang jawa didaerah timur.

Rujak Cingur dan Rawon memang sangatlah terkenal, bahkan setiap kali ke Surabaya! Tak afdol rasanya, jika tidak mampir berkunjung ke warung makan rawon maupun rujak cingur. Selain itu, Surabaya juga dikenal memiliki oleh oleh jajanan khas yaitu Lapis Surabaya. Setiap ke Surabaya, rasanya wajib membeli oleh oleh untuk orang orang tercinta.
Quote:

Namun ternyata banyak orang yang tidak tahu, kalau Surabaya punya 1 lagi makanan khas yang wajib kalian coba saat mengunjungi kota pahlawan tersebut. Nah ini dia, Rujak Sayur Asin Khas Kota Surabaya!

Rujak Sayur Asin khas Surabaya ini, punya 1 bahan yang hampir mirip dengan Khimci dari negeri ginseng loh. Itu adalah sawi asin, namun bedanya Kimchi dari Korea Selatan punya cita rasa khas sedikit pedas dan berwarna merah. Bisa dibilang sawi asin dari bahan rujak ini lebih mirip dengan Baek Kimchi/Kimchi Putih yang cenderung tak berwarna atau tak merubah warna dari sawi putihnya.

Dilansir dari [URL="Rekomendasi Rujak Sayur Asin Khas Surabaya, Dimodifikasi agar Membumi" [url]https://www.jawapos.com/wisata-dan-kuliner/24/10/2021/rekomendasi-rujak-sayur-asin-khas-surabaya-dimodifikasi-agar-membumi/?amp]JawaPos.Com[/url][/URL] sebelum Rujak Sayur Asin bisa diterima dilidah masyarakat Indonesia, nyatanya makanan ini adalah "persilangan kuliner"antara Tiongkok dan Indonesia. Jadi sebetulnya asal mulanya adalah bahan dasar dari makanan tersebut mulanya adalah makanan khas Tiongkok yaitu Kiam Chai/Sawi Asin. Yang berbahan dasar dari Sawi Pahit dan bukan Sawi Putih. Jadi bisa dibedakan dari rasa yang berbahan dasar Sawi Putih adalah Kimchi, dan Sawi Pahit untuk Kiam Chai.
Quote:

Namun karena lidah Indonesia sepertinya belum bisa menerima sayuran yang difermintasikan alami karena itulah di manfaatkan beberapa bahan tambahan seperti petis dan acar timun juga. Tak heran, warga Surabaya sudah terbisa mengkonsumsi petis dari campuran rujak cingur. Untuk itu masyarakat lebih merenerima resep Rujak Sayur Asin yang terdiri dari Sawi Asin, Tahu, Acar mentimun, Petis sebagai bumbu utama yang dipadukan dengan cabai dan taburan bawang putih goreng serta pelengkap berupa kerupuk.

Meskipun makanan ini adalah khas dari Surabaya, sayang sekali punjualnya masih terbilang sedikit. Seperti beberapa informasi dari food vlogger, penjual Rujak Sayur Asin paling terkenal adalah 5 + 2milik bapak Sutopo di Jln. Diponegoro No.94 - Surabaya. Untuk harga 1 porsi sendiri dibandrol ±Rp.13.000,- . Ada juga rekomendasi lain Rujak Sayur Asin mbah To yang sering mangkal di Jln.Kebonsari Tengah (Perempatan Kebonsari)- Surabaya yang harga perporsi dibandrol sekitar Rp.10.000,- .

Nah karena sebelumnya ane doyan bereksperimen soal makanan, coba coba lah membuat Rujak Sayur Asin ini. Tapi Sawi Pahit ane ganti dengan Sawi Putih yang sudah difermentasi menggunan cuka, seperti halnya membuat acar mentimun. Setelah dicoba rasanya memang sangat segar, terutama saat dikonsumsi disiang hari yang sangat terik. Rasa dari petis hitam yang cenderung sedikit manis dan sawi fermentasi yang sedikit asam, dipadukan dengan irisan cabai keriting dan irisan tahu goreng membuat semuanya menyatu sempurna.
Quote:


Nah gimana nih untuk kalian sendiri masyarakat Surabaya atau sekitarnya, kira kira sudah pernah mencoba Rujak Sayur Asin itu sendiri? Menurut kalian ini lebih mirip Kimchi atau Kiam Chai? Jangan lupa tinggalkan tanggapan kalian disini ya!

Referensi Pribadi

Sumber Informasi
12 Resep Rujak Sayur Asin
herdy14MasterSimsa.rizzky
a.rizzky dan 14 lainnya memberi reputasi
13
5.6K
65
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Cooking & Resto Guide
Cooking & Resto Guide
icon
8.8KThread11.8KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.