Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
57
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62731bb244fa6c4504795180/waspada-sindrom-dispepsia-penyakit-yang-paling-sering-muncul-setelah-lebaran
Menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dikeluhkan setelah perayaan hari raya lebaran, waspada sindrom Dispepsia Lebaran Idul Fitri 1443 hijriah telah masuk pada hari yang keempat. Di hari yang keempat ini tentu saja sudah banyak rumah keluarga dan sahabat yang telah Agan dan Sista kunjungi. Meskipun lelah harus pindah dari satu rumah kerumah yang lain tentu perasaan bahagia juga dapat
Lapor Hansip
05-05-2022 07:34

Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran

Past Hot Thread
icon-verified-thread
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
Menjadi salah satu penyakit yang paling banyak dikeluhkan setelah perayaan hari raya lebaran, waspada sindrom Dispepsia


Lebaran Idul Fitri 1443 hijriah telah masuk pada hari yang keempat. Di hari yang keempat ini tentu saja sudah banyak rumah keluarga dan sahabat yang telah Agan dan Sista kunjungi.

Meskipun lelah harus pindah dari satu rumah kerumah yang lain tentu perasaan bahagia juga dapat Agan dan Sista rasakan. Pada momen hari raya ini GanSis dapat berkumpul silaturahmi dengan keluarga yang jarang bertemu dan menikmati hidangan-hidangan yang hanya ada di hari raya saja.

Namun perlu Agan dan Sista ketahui bahwasannya setelah momen lebaran sudah dapat dipastikan ada beberapa banyak orang yang mengalami sakit dan harus masuk kerumah sakit GanSis. Mulai dari sakit perut, diare, mual, kembung, biasanya menjadi beberapa keluhan banyak orang setelah perayaan hari raya lebaran

Kenapa hal tersebut dapat terjadi dan kebanyakan orang pernah mengalaminya?
Berikut ini penjelasan yang ane rangkum dari berbagai sumber.


Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
sumber gambar

Keluhan sakit perut, mual, kembung, nyeri ulu hati, perut terasa penuh yang biasanya dirasakan setelah momen lebaran beberapa hari ternyata menurut beberapa artikel yang ane baca disebabkan oleh sindrom dispepsia GanSis.

Sindrom dispepsia merupakan sekumpulan gejala seperti yang telah ane sebutkan sebelumnya yaitu kembung, mual, nyeri ulu hati, atau dapat dideskripsikan sebagai perasaan tidak nyaman pada perut dan merupakan gejala dari penyakit gangguan pencernaan.

Pada sindrom dispepsia ini gejala-gejala atau perasaan tidak nyaman hanya dapat dirasakan pada perut bagian atas saja GanSis, dan kebanyakan orang mengenal gejala tersebut dengan sebutan sakit magh.

Saat Agan dan Sista mengalami sindrom dispepsia maka kalian akan cepat merasa kenyang saat makan meskipun baru sedikit, sering kentut, atau bahkan juga rasa panas seperti terbakar di bagian lambung.


Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran


Setelah mengetahui gejala dari sindrom dispepsia mari kita pahami apa penyebabnya GanSis sampai tidak hanya satu orang yang mengalami gejala-gejala tersebut setelah momen lebaran.

Pada momen lebaran dapat dikatakan hampir semua orang menghidangkan berbagai jenis makanan ringan, berat, dan minuman untuk sanak keluarga atau tamu yang bersilaturahmi. Sindrom dispepsia ini berkaitan dengan makanan-makanan yang Agan Sista konsumsi selama lebaran.

Adapun sindrom dispepsia dapat terjadi disebabkan karena pola makan yang kurang baik seperti kagetnya sistem pencernaan yang dapat dikatakan teratur saat Ramadhan kemudian dibalas di momen lebaran dengan harus mencerna berbagai jenis makanan dalam jumlah yang banyak.

Selain itu beragam makanan seperti makanan pedas, bersantan, berminyak, dan juga minuman-minuman bersoda atau kafein juga dapat menjadi penyebab timbulnya sindrom dispepsia.

Untuk mencegah sindrom dispepsia Agan dan Sista dapat menerapkan gaya hidup sehat dengan mengatur makanan-makanan yang dikonsumsi, rajin olahraga, dan menghindari makanan penyebab sindrom dispepsia.
Adapun cara untuk menyembuhkannya jika memang sudah mengalami gejala sindrom dispepsia, GanSis dapat mengkonsumsi obat golongan antasida di apotek atau datang berobat secara langsung ke dokter terdekat.


Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
sumber gambar

Itulah GanSis penyakit yang sering dialami oleh banyak orang setelah momen lebaran lengkap dengan gejala dan cara pencegahan serta penanganannya.

Memang ya GanSis seringkali kita lupa bahwasanya sistem pencernaan juga membutuhkan jeda untuk mencerna makanan, setelah satu bulan puasa dan di momen lebaran dibalas dengan langsung mengkonsumsi berbagai macam jenis makanan dan minuman otomatis sistem percernaan kaget dan menimbulkan dampak gejala tertentu.

Oke, mudah-mudahan thread ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai pelajaran untuk Agan dan Sista semua agar tidak sembarangan makan saat momen lebaran.


Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran


Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
profile-picture
profile-picture
profile-picture
TheBandrosRaos dan 8 lainnya memberi reputasi
9
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
health
Health
2.2K Anggota • 20.1K Threads
Halaman 2 dari 3
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 08:52
iya betul, ane pusing kepala sebelah kiri, mual dan panas dalam

maunya senang² makan² ketemu keluarga malah sakit semua emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 08:55
Gw ga pernah sih ngalamin begini, soalnya apalagi di jatim ketupatan baru seminggu setelah lebaran, jadi ga ada makan2 yg bablas.

Cuma yg udah hampir pasti sih sindrom kandibate, alias kamar mandi bau pete. Soalnya keluarga gw udah tradisi bikin sambel goreng kentang dengan pete berlimpah.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 09:07
ane malah kena sariawan akut, pas hari H lebaran boro2 ngomong, mangap aja perih.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 09:25
selama puasa porsi makanan makin dikit, jadi makan dikit pun cepet kenyang. badan makin enteng, tapi lingkar pinggang belum kunjung berkurang emoticon-Hammer2
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 10:00
Wah ane kenak juga keknya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 10:07
ada lagi gan tambahan penyakit setelah lebaran, selain dispepsia.





KANKER



KAntong KERing karena kebanyakan nebar THR di kampung.
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 10:18
Quote:Original Posted By roelty
Kebanyakan makan emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak iya

Quote:Original Posted By t1s
iya betul, ane pusing kepala sebelah kiri, mual dan panas dalam

maunya senang² makan² ketemu keluarga malah sakit semua emoticon-Ngakak

emoticon-Matabelo iya gan, tahun ini banyak banget malah temen dan saudara ane yang sakit

Quote:Original Posted By autumnfairy
Gw ga pernah sih ngalamin begini, soalnya apalagi di jatim ketupatan baru seminggu setelah lebaran, jadi ga ada makan2 yg bablas.

Cuma yg udah hampir pasti sih sindrom kandibate, alias kamar mandi bau pete. Soalnya keluarga gw udah tradisi bikin sambel goreng kentang dengan pete berlimpah.

emoticon-Ngakak kandibate, baru denger.

Kalau di Lampung dari hari pertama lebaran udah makan-makan gan

Quote:Original Posted By 22indrag
ane malah kena sariawan akut, pas hari H lebaran boro2 ngomong, mangap aja perih.

emoticon-Matabelo walah ini karena kurang vitamin c waktu puasa gan

Quote:Original Posted By daisukeasakura
selama puasa porsi makanan makin dikit, jadi makan dikit pun cepet kenyang. badan makin enteng, tapi lingkar pinggang belum kunjung berkurang emoticon-Hammer2

emoticon-Matabelo ane malah turun dua kilo

Quote:Original Posted By njir
Wah ane kenak juga keknya

emoticon-Ngakak mules apa gimana gan?

Quote:Original Posted By priagodlike
ada lagi gan tambahan penyakit setelah lebaran, selain dispepsia.





KANKER



KAntong KERing karena kebanyakan nebar THR di kampung.

emoticon-Ngakak hampir kebanyakan orang begitu
0 0
0
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 10:22
Wah iya ini, saya lagi ngalamin, pencernaan terganggu. Mungkin perutnya kaget habis puasa. Padahal ya makannya biasa aja, gak berlebihan emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 11:23
Ane malah radang tenggorokan emoticon-Ngakak
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 12:46
Fix. Kebanyakan makan FAKE "mond3" dan "khonggu4n".
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 12:49
Nyimak gan
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 13:08
Penyakit mental juga bisa.
Selama open house atau berkunjung ke rumah saudara para milenial dan gen z terpaksa tersenyum palsu dan menghadapi pertanyaan monoton yang membuat tidak nyaman setiap tahunnya oleh kerabat (boomer) yang lebih tua.

emoticon-Leh Uga
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 14:06
cenderung ke aslam ya
profile-picture
masnukho memberi reputasi
1 0
1
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 14:20
Quote:Original Posted By bobseptian92
Wah iya ini, saya lagi ngalamin, pencernaan terganggu. Mungkin perutnya kaget habis puasa. Padahal ya makannya biasa aja, gak berlebihan emoticon-Ngakak

emoticon-Matabelo makan biasa tapi banyak ragamnya juga bisa berpengaruh gan

Quote:Original Posted By dxstarz
Ane malah radang tenggorokan emoticon-Ngakak

emoticon-Matabelo jangan kebanyakan minum soda gan

Quote:Original Posted By Storm Shadow
Fix. Kebanyakan makan FAKE "mond3" dan "khonggu4n".

emoticon-Ngakak kagak lah, kebanyakan makan tape

Quote:Original Posted By indriketaren
Nyimak gan

emoticon-2 Jempol monggo

Quote:Original Posted By Mandalorian
Penyakit mental juga bisa.
Selama open house atau berkunjung ke rumah saudara para milenial dan gen z terpaksa tersenyum palsu dan menghadapi pertanyaan monoton yang membuat tidak nyaman setiap tahunnya oleh kerabat (boomer) yang lebih tua.

emoticon-Leh Uga

emoticon-Ngakak kapan nikah? Kerja dimana gaji berapa?

Quote:Original Posted By jongkicok
cenderung ke aslam ya

emoticon-Matabelo iya gan
0 0
0
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 15:55
Semoga agan/sista tidak mengalaminya
0 0
0
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 18:14
Wah bagus gan 👍
0 0
0
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 19:06
Ane kena ni bre, mencret sama masuk angin
0 0
0
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 19:08
Omeprazole / Pantoprazole solusinya
0 0
0
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 19:18
kebanyakan makan itu gan, enak jadi islam lebaran di suguhi makanan rendang opor dll, kalau natal paling cuma disuguhi kokakola sama kue kering emoticon-Ngakak
0 0
0
Waspada Sindrom Dispepsia, Penyakit yang Paling Sering Muncul Setelah Lebaran
07-05-2022 19:31
sodara aye mencret2, cari2 diatab pada abis, laku keras, merk nyang enih ampuh kali ya
0 0
0
Halaman 2 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2022, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia