• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Dian Sastro Khatam Quran di Ramadan Ini, Perjalanan Menjadi Muslim Selama 20 Tahun

KokonataAvatar border
TS
Kokonata
Dian Sastro Khatam Quran di Ramadan Ini, Perjalanan Menjadi Muslim Selama 20 Tahun

Dian Sastro memang jarang membagikan aktivitas keagamaannya di Instagram. Namun di Ramadan tahun ini, ada satu foto Dian yang menarik perhatian. Dian mengenakan pakaian muslimah, menunduk, di hadapannya terlihat Al Qur’an.
 
“Alhamdulillah sudah khataman di 17 Ramadhan...*idola banget nih 😍🥰” tulis akun Instagram @nieechak di unggahan foto tersebut.
 
Dian Sastro Seorang Spiritual Tourist
 
Orang tua Dian menganut agama yang berbeda. Ayahnya pemeluk Budha, sedangkan sang ibu beragama Katolik. Berdasarkan percakapan Dian di kanal YouTube Daniel Mananta Network berjudul Cerita Hidup Seorang Dian Sastrowardoyo, ibu dua anak itu menyebut dirinya Spiritual Tourist

Dian mempelajari beberapa agama, bertekad menemukan jalannya sendiri pada usia 17 tahun. Hal itu juga yang menjadi alasan Dian berkuliah di jurusan filsafat Universitas Indonesia.
 
Dian memiliki sejumlah pertanyaan filosofis tetapi labil pada usianya yang belia, terkait statusnya sebagai Spiritual Tourist. Misalnya, “kalau universe itu gede banget, dan kita hanya segelintir debu. Kenapa perlu ada, sih? Ribet banget? Kenapa pake diadain. Kalau nanti mau kiamat, kenapa juga perlu ada, gue dengan segala dramanya?”  
 
Dian mengajukan pertanyaan tersebut kepada beberapa pemuka agama. Sayangnya belum ada jawaban yang memuaskan dirinya. Sebagian besar jawaban berupa kiasan. Sampai akhirnya, Dian datang ke pengajuan tantenya. Ustaz yang mengisi acara pengajian kebagian pertanyaan itu juga.
 

Dian terkesima dengan jawaban sang ustaz meskipun lupa detil jawabannya. Terlebih sang ustaz menjawab dengan rujukan 3 kitab sekaligus: Al Qur’an, Injil Perjanjian Lama dan Injil Perjanjian Baru. Pikiran sang ustaz begitu terbuka, membuat Dian terkesima.

Dian mengajukan diri untuk belajar pada sang ustaz. Namun sang ustaz mensyaratkan Dian harus shalat terlebih dahulu dan lainnya. Dian minta waktu untuk berpikir. Pada tahun 2002, di usia 20 tahun, Dian Sastro memeluk agama Islam.  
 
Berusaha Khatam Quran Setiap Ramadan
 
Dian Sastro khatam atau tamat membaca seluruh isi Al Qur’an sebelum menikah. “Gue ingin ada pencapaian spiritual sebelum menikah. Kalau lo sudah nikah, kan biasanya lo fokusin ke keluarga. Sebelum gue sampai ke chapter yang itu, gue pengen sudah sampai ke satu stagedulu. Walaupun nanti akan mendalami lagi, tapi at least sudah nyampe dulu.”
 
Selanjutnya, tiap Ramadan Dian punya kebiasaan khataman Qur’an. Agar terasa lebih ringan dan bersemangat, Dian membaca Al Qur’an bersama teman-temannya. Bahkan pada satu ramadan Dian pernah menamatkan baca terjemahannya dan menandai bagian-bagian terjemahan yang menginspirasi dirinya.
 

Pada masa pandemi, Dian dan kelompok pengajiannya menggelar pengajian secara daring. Pada 19 April 2022 kemarin, Dian telah berhasil khataman bersama teman-temannya. Momen itulah yang diunggah Dian melalui story Instagramnya, serta satu fotonya berpakaian muslimah.
 
Semoga Dian istiqomah. Selalu mengajak penggemar masyarakat pada jalan kebaikan. Agan dan Sisita sendiri gimana? Sudah khatam Quran Ramadan kali ini? 



Sumber  123 

Diubah oleh Kokonata 30-04-2022 08:36
garpupatah
fadahoy
Adearia
Adearia dan 27 lainnya memberi reputasi
26
6.7K
85
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.