• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • 7 Hal yang Jadi Tren di Internet di Era Awal 2010an, Ketika Belum Ada Tiktok

cintadine
TS
cintadine
7 Hal yang Jadi Tren di Internet di Era Awal 2010an, Ketika Belum Ada Tiktok
16.1K
123


Apa yang ramai di internet di era 2017 sampai dengan sekarang? Segala hal yang menjadi tren dan viral tentunya. Mulai dari tren media sosial sampai dengan peristiwa viral di internet. Kalau sekarang sih media sosial yang ramai adalah Tiktok yang memuat video pendek di for your page dan para penggunanya kebanyakan adalah para remaja yang masih bersekolah ataupun masyarakat umum lainnya. Adapun peristiwa viral sangat banyak sekali sampai-sampai ane bingung mau sebutin yang mana. Mulai dari konten prank berujung jeruji besi sampai dengan penjual odading yang diviralkan, disukai dan akhirnya dijatuhkan lagi oleh netizen sendiri.

Dengan smartphone yang sudah jadi barang umum, dunia internet saat ini memang sudah terlalu luas sehingga bisa dibilang kita hidup di jaman digital. Nah, sekarang mari kita bandingkan dengan tren apa saja yang ada di internet ketika tahun 2010an awal.

1. Akses di Warnet daripada di Smartphone



Ketika smartphone masih jadi barang mahal dan harga kuota masih tinggi, para pengakses internet di Indonesia masih banyak lewat warnet. Sehingga para netizen adalah mereka yang punya smartphone mahal dan juga orang yang rajin ke warnet. Makanya di media sosial saat itu belum seramai sekarang. Pengguna media sosial belum dipenuhi oleh ibu-ibu seperti sekarang ini. Sedangkan para pengguna di warnet kebanyakan adalah anak sekolahan.

2. Blackberry dan BBM Berjaya

Ada pun pengguna internet yang menggunakan smartphone adalah para pemilik Blackberry, smartphone yang dapat digunakan untuk browsing, email, dan tentu saja chatting yang termasuk paling canggih di masanya. Para pengguna Blackberry jarang menggunakan Whatsapp karena Whatsapp belum sebesar sekarang dan yang tengah populer adalah Blackberry Mesengasr alias BBM. Kontak BBM diperlukan dengan cara bertukar PIN.

3. Konten Youtube

Kala itu Youtube belum memberikan moneytize kepada channel pengguna, jadi sangat jarang ada conten creator di Indonesia. Tidak seperti sekarang di mana karena sudah tahu jika Youtube bisa menghasilkan uang, orang-orang rela melakukan apa saja untuk membuat konten yang tidak bermutu. Ketika Youtube belum bisa menghasilkan uang mereka tidak ada di Youtube saat itu. Makanya para Youtuber senior yang berkiprah du Youtube sejak 2010 ke bawah sering kali mendapatkan apresiasi dari netizen.

4. Hal-Hal yang Viral di Youtube Indonesia

Manusia viral pertama di Indonesia adalah adalah Shinta dan Jojo yang menghebohkan jagat Youtube Indonesia pada 2010, mereka saat itu viral setelah lipsync lagu Keong Racun. Tapi sebelum itu banyak masyarakat internet Indonesia yang lupa kalau pada 2009 pernah ada artis Indonesia yang viral di Youtube. Tebak siapa dia? Dia adalah Marshanda yang mengunggah video curhatnya di Youtube yang berisikan kalau dia terkena masalah mental karena sering dirundung oleh teman-teman sekolahnya.

Kemudian pada 2011 ada seorang polisi bernama Norman Kamaru karena melakukan lipsync dan joged India saat sedang bertugas. Sedangkan pada 2013 muncul video Arya Wiguna yang marah-marah pada Subur dan dibuatkan menjadi musik oleh kreator konten Eka Gustiwana. Masih ingatkah agan tentang itu? emoticon-Ngakak (S)

5. Meme Viral

Ada banyak sekali meme viral yang di era 2010an awal namun ada yang paling terkenal di tahun 2012 yaitu meme Klinik Tong Fang yang juga kala itu menjadi trending di Kaskus. Ya, pada masa itu Kaskuser juga berlomba membuat meme Klinik Tong Fang versinya masing-masing dan hampir semuanya lucu-lucu. Ayo, apakah agan saat itu tertawa ngakak lihat meme Klinik Tong Fang di Kaskus pada saat di warnet seperti ane?

Meme Klinik Tong Fang muncul ketika sering muncul iklan di tv tentang pengobatan alternatif yang isinya merupakan testimoni dari pasiennya.

6. Gangnam Style

Tahun 2012 adalah tahunnya Gangnam Style di dunia musik Kpop yang menghentak dunia. Dinyanyikan oleh Psy, lagu ini viral sampai seluruh dunia. Tariannya bahkan sempat ditiru oleh para pemain sepakbola. Di Youtube, video musik Gangnam Style menjadi salah satu video yang paling banyak ditonton sepanjang tahun 2012, bahkan sekarang video tersebut mencapai milyaran views. Video Gangham Style juga masuk sebagai salah satu ikon di Youtube Rewind 2012.

7. Facebook dan Alay

Facebook saat itu masih menjadi media sosial yang viral pada masaanya. Banyak orang berbondong-bondong ke warnet untuk membuat profil Facebook dan kebanyakan adalah para remaja. Maka muncul istilah alay yang salah satunya bermula di Facebook. Anak alay di Facebook menamai nama profilnya dengan nama yang aneh-aneh terutama para cewek. Contoh nama alay di Facebook adalah "Rena Y'ng C'lalu dicakiti". emoticon-Ngakak

Nah gan, gimana ada lagi nggak yang launnya? emoticon-Ngakak (S).

Referensi
jery2807zaantBrickLesnar
BrickLesnar dan 24 lainnya memberi reputasi
24
Berikan Komentar
Yuk bergabung agar dapat lebih banyak informasi yang dibagikan di Komunitas The Lounge
The Lounge
The Lounge
919.3KThread71.9KAnggota
Terlama
Berikan Komentar