• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Teknologi Apa yang Menurutmu Akan Menyelamatkan Umat Manusia dari Kepunahan?

lonelylontong
TS
lonelylontong
Teknologi Apa yang Menurutmu Akan Menyelamatkan Umat Manusia dari Kepunahan?
Bosan bahas politik, capek lihat cebong dan kampret. Cocoknya sih bikin trit pemersatu bangsa, tapi sayangnya kebetulan lagi bulan puasa.

Pikir-pikir, akhirnya kali ini TS memutuskan, untuk membuat trit yang sedikit berbau sains. TS tidak akan membahas terlalu mendalam sisi ilmiahnya, tetapi lebih mengajak teman-teman kaskuser sekalian untuk berimajinasi.

Ancaman Punahnya Umat Manusia

Gbr diambil dr TheConversation.com

Bumi kita tidak sedang baik-baik saja. Ada banyak masalah dengan ekosistem kita saat ini. Seperti katak yang berendam di dalam air yang pelan-pelan dipanaskan, kita semua masih sibuk dengan kegiatan kita sehari-hari. Menikmati tik-tok, game, komik, dll; sibuk dengan pekerjaan, sekolah, politik, dst. Sementara ada banyak permasalahan global yang semakin lama semakin mengancam keberadaan umat manusia.

Ada global warming. Ada masalah semakin menumpuknya sampah plastik dan pencemaran lingkungan. Ada masalah punahnya sekian banyak spesies makhluk hidup setiap tahunnya. Dsb.

Bukan hanya masalah lingkungan hidup. Ada juga masalah sosial-ekonomi dan politik; yang rawan memicu pertikaian tingkat internasional.

Berbagai masalah ini, jika tidak dengan cepat ditangani secara bijaksana, maka bukan tidak mungkin umat manusia akan mengalami kepunahan.

Sains dan Teknologi, sebagai Solusi dan Penyelamat Umat Manusia

Gbr diambil dr inhabitat.com

Kemajuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, ditambah dengan faktor keserakahan manusia, mungkin bisa dikatakan sebagai penyebab terbesar semua masalah yang saat ini mengancam keberadaan umat manusia.

Akan tetapi di saat yang sama, menurut TS, ilmu pengetahuan dan teknologi juga yang saat ini akan bisa menyelamatkan manusia. Bukan agama, karena kalau sekilas TS lihat, nubuat tentang datangnya kiamat itu ada di hampir semua kitab suci.

Pemahaman tentang kiamat yang pasti terjadi ini, ikut mewarnai bagaimana sikap seorang umat beragama, ketika membahas ancaman punahnya spesies manusia. Bukan mengatakan bahwa agama tidak berguna, hanya saja TS pikir, masalah punahnya spesies manusia bukanlah sebuah ancaman atau persoalan, bila dilihat dari kacamata agama. Sehingga untuk apa agama memikirkan solusinya?
(Bagi yang berbeda pendapat, silahkan didebat di kolom komentar)emoticon-Nyepi

Dari beberapa bidang teknologi yang sedang dikembangkan saat ini, menurut TS ada beberapa bidang teknologi yang mungkin bisa menyelamatkan umat manusia dari kepunahannya.

1. Teknologi Penjelajahan Luar Angkasa

Gbr diambil dr www.peakPx.com

Kalau bumi susah untuk diselamatkan (lagipula bumi pasti musnah, karena matahari ada batas umurnya), maka perjalanan luar angkasa adalah satu-satunya kesempatan bagi spesies manusia untuk bisa bertahan hidup, melampaui usia matahari yang ada di tata surya kita.

Elon Musk misalnya, adalah salah satu enterpreneur yang sangat optimis dengan usaha kolonisasi di Mars.

Ahli-ahli astrofisika juga sudah menghabiskan banyak biaya, untuk mencari dan sudah menemukan beberapa planet di luar angkasa yang kondisinya mirip dengan bumi.

Tentu saja masih ada banyak kendala, untuk manusia bisa hidup dan menjelajahi luar angkasa, tetapi dengan kerja sama dan usaha yang sungguh-sungguh, bukan tidak mungkin satu per satu kendala tersebut bisa dipecahkan.

2. Rekayasa Genetika

Gbr diambil dr cnr.ncsu.edu

Masalah pangan, kepunahan berbagai spesies makhluk hidup, bahkan masalah pencemaran. Bisa jadi masalah-masalah ini dipecahkan dengan rekayasa genetika. Dengan rekayasa genetika manusia bisa menciptakan sumber pangan baru yang lebih tahan hama, tidak menuntut kondisi tanah yang subur, dst.

Dengan rekayasa genetika, bisa diciptakan bakteria dan makhluk pengurai yang bisa menguraikan sampah plastik dengan cepat.

Dengan rekayasa genetika, bisa juga manusianya yang direkayasa, sehingga tidak menghabiskan banyak sumber daya alam. Bisa juga direkayasa agar manusia lebih mampu hidup di lingkungan yang beradiasi tinggi misalnya. Dsb.

Ada banyak kemungkinan yang bisa dilakukan dengan rekayasa genetika. Rekayasa genetika memang tidak bisa membantu umat manusia untuk selamat dari matinya matahari (lihat no.1). Namun, rekayasa genetika bisa memberi umat manusia kesempatan lebih panjang untuk mengembangkan teknologi penjelajahan luar angkasa.

Rekayasa genetika mungkin juga bisa menciptakan spesies manusia yang lebih cocok untuk hidup di lingkungan luar angkasa yang tinggi radiasi.

3. Nano Teknologi

Gbr diambil dr FutureForAll.org

Kemampuan untuk memodifikasi sesuatu di level nano, bisa menjadi solusi bagi berbagai masalah yang saat ini dihadapi manusia.

Bayangkan kalau bisa diciptakan sekumpulan nano bot yang bisa mengubah susunan partikel atom, menguraikan sampah dengan cepat, mengubah rongsokan bekas teknologi (HP, Komputer, motor, dst) menjadi unsur hara yang berguna buat menyuburkan tanaman.

Nano teknologi juga bisa digunakan dalam bidang kesehatan. Meskipun semakin panjang umur manusia, bisa jadi justru menyebabkan masalah tingginya populasi.

4. Teknologi Virtual Reality dan Metaverse

Gbr diambil dr Forbes.com

Yang ke-empat ini, mungkin terdengar sedikit aneh buat para kaskuser. Bagaimana teknologi virtual reality akan menyelamatkan umat manusia dari kepunahan?

Akan tetapi coba kita berimajinasi sedikit liar. Jika teknologi virtual reality bisa dikembangkan secanggih seperti yang kita lihat dalam film Matrix, atau Ready Player One. Maka sebagian besar keinginan manusia bisa dipuaskan cukup di dunia virtual saja. Tidak perlu harus menghabiskan sumber daya alam yang besar untuk peternakan sapi wagyu (dengan segala polusinya), cukup buat sensasi rasa daging sapi wagyu di dunia virtual.

Dengan demikian, mungkin akan ada cukup besar persentase sumber daya alam yang bisa dihemat dan diselamatkan.

Demikian juga dengan masalah perang, perselisihan dan konflik sosial. Kalau hal-hal ini bisa dialihkan ke metaverse, atau dunia virtual, artinya kita tidak perlu mengkhawatirkan punahnya umat manusia akibat perang, karena perangnya akan terjadi di dunia maya.

--------------

Demikian trit ini ane akhiri, mohon diramaikan dengan diskusi dan perdebatan. Barangkali mau membahas juga teknologi-teknologi lain yang bisa menyelamatkan umat manusia dari kepunahan, yang belum disebutkan di trit ini.

emoticon-Nyepi

Kalau merasa trit ini bermutu, maka mohon dukung dengan debat, komentar, cendol, rate, share, dsb.

Kaskus kreator tentu akan semakin bersemangat untuk membuat trit yang bermutu, kalau trit yang bermutu menghasilkan viewer lebih besar dari trit yang click bait, asal viral, dsb.

Jangan keluhkan mutu trit di kaskus, tapi pikirkan bagaimana supaya kaskus bisa kembali dipenuhi dengan trit-trit yang bermutu.
emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia



Sumber referensi
1. https://theconversation.com/will-hum...ng-time-135327
2. https://inhabitat.com/can-technology...ave-the-world/
3. https://cnr.ncsu.edu/news/2019/06/th...-biodiversity/
4. https://wyss.harvard.edu/news/saving...anotechnology/
Diubah oleh lonelylontong 27-04-2022 01:12
6666661234nananinanunuemineminna
emineminna dan 24 lainnya memberi reputasi
25
7.6K
233
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.