trifatoyahAvatar border
TS
trifatoyah
Mari Berbagi Pengalaman, Suka dan Duka Dalam Menyapih Anak


Hallo apa kabar Agan Sista semuanya, yang sekarang sudah bergelar Ayah Bunda, semoga di hari ini tetap semangat dan sehat senantiasa.

Jumpa kembali di Thread Ane yang kali ini ingin berbagi cerita tentang suka dan duka dalam menyapih anak. Idealnya anak berumur dua tahun maka sudah berhenti minum Asi dari Bundanya. Akan tetapi banyak kisah dalam menyapih anak, karena kondisi setiap anak berbeda. Ada yang dengan mudah berhenti menyusu pada ibunya ada yan susahnya minta ampun sampai umur lebih dari dua tahun.

Pengalaman Ane dalam menyapih anak Alhamdulillah masi kategori mudah, tapi ada juga kendalanya, karena payudara yang biasanya dihisap anak berhenti total maka sakitnya luar biasa, tapi semua itu harus di hadapi.



Untuk membuat payudara tidak sakit saat menyapih diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Kompres air hangat.

2. Pijat payudara, oleh ahlinya.
Kalau kebetulan adik ane perawat jadi dia yang memijatnya.

3. Olesi denga ketumbar yang ditumbuk halus, kemudian diberi air sedikit, oleskan pada payudara yang mengeras.

4. Bisa menggunakan daun pare remas-remas kemudian tempelkan pada payudara.



Ketika proses menyapih biasanya anak-anak menjadi rewel, susah tidur, bahkan ada yang sampai mengalami sakit. Karena yang biasanya dapat minum susu dari Bundanya langsung berhenti. Bagaimana membuat anak merasa nyaman dalam menjalani pemisahan ASI dari Bundanya? Apalagi buat anak yang tidak minum susu formula, karena mungkin tidak diperkenalkan oleh Bundanya, karena memang anak selalu bersama bundanya.

Betapa banyak suka dan duka dalam proses penyapihan, seperti beberapa cerita teman Ane yang katanya sudah menggunakan berbagai cara untuk menyapih ada yang gagal tapi banyak juga yang berhasil dari mulai payudara yang dikasih lipstik, dipkester, dikasih brotowali biar pahit sampai berbagaiacam cara untuk dapat menyapih anak.



Berikut ini ada beberapa tips dalam menyapih anak diantaranya sebagai berikut:

1. Suami wajib memberi perhatian pada istri, misalnya anak rewel tengah malam bergantian dalam menggendongnya. Di sini memang diperlukan perasaan sedikit tega, bagaimana tidak air susu mengalir tapi anak harus berhenti menyusu.

2. Berikan rasa nyaman pada anak, misalnya dengan menghibur, memberikan mainan, mengajak bermain sehingga anak sedikit lupa dengan rutinitas minum ASI nya.

3. Sediakan makanan atau pun cemilan kesukaannya, kalau tengah malam bangun minta minum susu, buatkan susu formula yang telah dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Ibu bidannya, mana susu formula yang cocok. Berikan biskuit atau pun cemilan kesukaannya. Memang Ayah Bunda jadi ikutan begadang tapi demi proses menyapih yang sukses tidak apa-apa Ayah Bunda.

4. Berikan hadiah ketika anak berhenti dan sukses ketika disapih.
Memberikan hadiah apa salahnya atas sebuah prestasi, nggak perlu barang mahal yang penting anak-anak suka.

Kalau pun itu bisa berhasil anak-anak menggunakan dot untuk meminum susunya ada tahapan kedua dalam menyapih dot, tidak jarang anak balita sampai usia TK masih belum bisa lepas dari yang namanya dot.
Tentu Ayah Bunda semua punya berbagai pengalaman dalam menyapih anak, mari berdiskusi secara santun.

Sekian Thread dari Ane, semoga bermanfaat sampai jumpa di Thread selanjutnya.


Opini Pribadi
Sumber gambar dok.pri
Diubah oleh trifatoyah 27-02-2021 04:48
Howitzer.
Rainbow555
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
4.1K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Wedding & Family
Wedding & Family
icon
8.8KThread9.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.