ebenezer10Avatar border
TS
ebenezer10
Boncos! Listrik PLN Melimpah, Operasi PLTU Batang Ditunda Akhir Tahun


Pengoperasian atau commercial operation date (COD) PLTU Batang di Jawa Tengah ditunda sementara hingga akhir tahun. Penundaan ini lantaran pasokan listrik yang berlebih atau oversupply pada PT PLN (Persero).

Mulanya, PLTU dengan total kapasitas 2.000 MW ini ditargetkan operasi akhir 2021 atau selambat-lambatnya awal 2022.

Presiden Direktur PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) Garibaldi Thohir atau Boy Thohir menjelaskan pihaknya memang telah berdiskusi dengan PLN terkait masalah tersebut.

"Itu memang ada diskusi antara pihak kami dengan PLN bagaimana kita bisa berkolaborasi dengan PLN supaya memang PLTU Batang itu juga jangan segera onstream. Karena kalau misalnya segera onstrem bisa membebani PLN juga," katanya dalam Silaturahmi Virtual Ramadan Adaro, Senin (18/4/2022).
Baca juga:
Jual Batu Bara ke PLN cs, Setoran Konglomerat Dipatok 14%

Dia menuturkan dengan berbagai pertimbangan COD PLTU Batang ditunda sampai akhir tahun ini. Harapannya, permintaan listrik kembali pulih.

"Nah untuk itulah dengan pertimbangan-pertimbangan yang strategis, kita memang COD-nya kita tunda lah, dan InsyaAllah nanti mungkin akhir tahun ini kita bisa mulai jalan. Sehingga memang di lain sisi mudah-mudahan demand daripada listrik di Indonesia dengan pulihnya ekonomi bisa meningkat dengan baik," ujarnya.

Boy Tohir menambahkan dengan permintaan listrik yang meningkat maka kelebihan listrik bisa terserap.

"Di lain sisi kelebihan daripada oversupply PLN bisa terserap. Terus di akhir tahun kalau PLTU Batang sudah jalan itu take or pay-nya juga istilahnya tidak memberatkan PLN," ujarnya.

https://finance.detik.com/energi/d-6...da-akhir-tahun


Blak-blakan Petinggi PLN Soal Oversupply Listrik


Dampak pandemi corona (Covid-19) pada tahun 2020 membuat kondisi kelistrikan PT PLN (Persero) mengalami kelebihan pasokan atau oversupply. Melihat kondisi ini, artinya PLN punya pekerjaan rumah untuk mencari demand baru demi menyerap listrik.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Bisnis Regional Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) PT PLN (Persero) Haryanto W.S. "Jamali justru akan cenderung oversupply, pekerjaan rumah kita bagaimana ciptakan demand di Jamali," ujarnya.


PLN menyebut kemungkinan akan ada penambahan kapasitas pembangkit pada tahun ini di Jamali sekitar 2.500-3.000 mega watt (MW). Yakni 2.000 MW dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa-7 Unit 2 termasuk penambahan dari PLTU Tanjung Jati unit 5 dan beberapa pembangkit yang dibangun PLN tidak kurang dari 1.000 MW.

Kemudian pada tahun 2022 penambahan kapasitas juga ada dari beberapa pengembang listrik swasta (Independent Power Producer/ IPP) sebesar 5.000 MW. Salah satu pembangkit listrik yang beroperasi yakni PLTU Batang 2x1.000 MW yang dikembangkan PT Adaro Energy Tbk (ADRO).

Selain itu, lanjutnya, ada Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Jawa-1 dan PLTU Cirebon. Dengan demikian, total kapasitas pembangkit listrik akan bertambah sekitar 4.000-5.000 MW pada 2022.

"Tahun depan operasi beberapa IPP, PLTU Batang 2 unit, Tanjung Jati 1 unit, juga ada PLTGU Jawa 1, ada PLTU Cirebon, mungkin tahun depan akan menambah 4.000-5.000 MW," tegasnya.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana mengatakan kondisi pembangkit listrik yang terus beroperasi sementara permintaan listrik masyarakat turun membuat reserve margin pada 2020 mencapai 120% dari target yang dipatok sebelumnya. Ini pertanda buruk karena ongkos PLN jadi bertambah.

"Kemarin (2020) reserve margin ditargetkan 25%. Tapi kan pembangkit nyala terus, demand turun, maka kemarin reserve margin bengkak jadi 30,10% dari target atau 120% dari target," paparnya dalam konferensi pers virtual 'Capaian Kerja 2020 dan Rencana Kerja 2021 Sub Sektor Ketenagalistrikan' Rabu (13/1/2021).

"Ini makin gede (reserve margin), makin jelek, karena cost PLN jadi nambah," tuturnya.

https://www.cnbcindonesia.com/news/2...supply-listrik


Program gagal Jokowi listrik 35000 MW. Sudah Oversupply, ga merata lokasi pembangkitnya. Akhirnya boncos besar merugikan keuangan negara. PLTU yang sudah dibangunnya juga jadi ga kepake, dan bunga pinjaman terus jalan sementara pemasukan ga nambah dari PLTU yang baru dibangun

emoticon-Cape d...
666fapfap
zerauw
superman313
superman313 dan 6 lainnya memberi reputasi
5
981
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.