Entertainment
Pencarian Tidak Ditemukan
KOMUNITAS
link has been copied
112
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/62536ae1b5ca2319954210ef/sebuah-introspeksi-diri-apakah-orang-pintar-selalu-benar
Memasuki 3 tahun sudah dunia dihebohkan dengan kehadiran tamu tak diundang (red. mungkin sengaja diundang) Corona Virus 2019 atau kita menyebutnya sebagai covid 19. Seiring dengan ditetapkannya covid 10 sebagai pandemi hingga fenomena endemi, muncul banyak ahli yang berpendapat bahkan berspekulasi tentang situasi. Tak jarang mereka saling sikut menyikut bahkan terkait kebenaran klaim mereka.
Lapor Hansip
11-04-2022 06:40

Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?

icon-verified-thread
Memasuki 3 tahun sudah dunia dihebohkan dengan kehadiran tamu tak diundang (red. mungkin
sengaja diundang) Corona Virus 2019 atau kita menyebutnya sebagai covid 19. Seiring dengan ditetapkannya covid 10 sebagai pandemi hingga fenomena endemi, muncul banyak ahli yang berpendapat bahkan berspekulasi tentang situasi. Tak jarang mereka saling sikut menyikut bahkan terkait kebenaran klaim mereka.


Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?


Belum juga covid musnah dari bumi Pertiwi, heboh kasus kelangkaan minyak goreng dan kini harga minyak goreng yang meroket. Tentu saja, sebagai negara penghasil sawit terbesar kita sebagai rakyat kecil juga harus merasakan imbas tak wajarnya harga minyak goreng ini.

Yah apa daya, sebagai orang awam yang bisa dibilang buta ilmu kedokteran dan persawitan banyak dari kita termasuk saya hanya mengangguk-angguk mengiyakan apa kata pakar. Namun lama-kelamaan ditengah perang pro dan kontra saya jadi semakin bingung. Bingung akan kebijakan yang muncul dan bingung akan kenyataan hidup yang kian melilit hati sanubari.

Tak jarang komen pedas muncul dari para netizen dan aksi mencak-mencak para emak-emak yang harus pintar memasak tanpa minyak goreng.

Hingga kini, sebagai rakyat kecil yang tak mengerti apapun, timbul pertanyaan dalam diri saya tentang situasi yang sangat meresahkan akhir-akhir. Telah muncul varian baru virus yang bermutasi Si Omicron, lalu kelangkaan minyak goreng dan harga BBM yg ikutan naik.

Entahlah, sampai kapan rakyat kecil akan menderita karena ulah para orang-orang pintar yang lagi duduk di singgasana mereka.

Banyaknya orang pintar yang saling beropini dan mencoba membuktikan bahwa diri mereka benar. Hingga muncul pemikiran dalam diri saya bahwa sesungguhnya pendemi yang lalu adalah sebuah perang pemikiran antara kaum cendikiawan yang terdiri dari dua atau beberapa kubu. Pastinya kubu pertama adalah para cendekiawan jujur dan kubu lain adalah sekumpulan cendikiawan penipu. Maaf ya ini hanya sekedar opini.

Tak tanggung-tanggung beberapa kesempatan yang lalu kita melihat para orang pintar itu saling serang satu sama lain. "Kalau dia berani klaim harusnya ada bukti ilmiah dong!" Setidaknya itu yang diucapkan salah satu pihak orang pintar yang bilang mereka benar. Sehingga banyak orang awam terombang-ambing antara kebenaran dan kamuflase.

Sementara orang pintar lain yang tengah memperjuangkan kehidupan rakyat kecil berkata begini "Pakai masker itu gak masuk akal loh, kalau memang virus itu ditularkan lewat mata harusnya banyak jg yang kena bukan. Ini itu bukan pandemi tapi plandemi."

Dan dengan berat hati saya harus mengamini pernyataan tokoh satu ini. Dikarenakan hati nurani saya seperti tercobak-cabik dengan kenyataan di sekitar. Terlebih ketika ibadah di tempat umum tak diizinkan dan anak-anak tak diizinkan sekolah.

Dampak negatif anak tidak sekolah sudah banyak sekali ditemui.

Terkait minyak goreng pun banyak dari orang-orang atas yang saling sikut. Menteri perdagangan memberi janji namun tak ditepati dan ketua partai besar alih-alih menenangkan rakyat kecil justru berkomentar yang menyakiti hati para pedagang gorengan dan emak-emak berdaster.

Komentar Satu Orang Pintar Ini Justru Bikin Rakyat Kecil Mencak-mencak

Lantaskah timbul pertanyaan menggelitik dalam otak ini; benarkah jika kebenaran itu hanya milik mereka yang pintar dan si bodoh hanyalah orang yang selalu salah?! Si bodoh hanya layak jadi pengekor bagi orang-orang pintar yang berotak cemerlang.

Serangkain peristiwa yang tengah terjadi di negeri ini membuat saya menyimpulkan sesuatu. Bahwasanya menurut hemat saya orang pintar di negeri ini terbagi menjadi beberapa golongan, antara lain:
1. Pintar dari orok
2. Pintar karena pendidikan
3. Pintar karena keadaan
4. Pintar tak berakhlak
5. Pintar, berakhlak namun tak diberi ruang untuk mengabdi

Dan sepertinya sekarang banyak sekali orang yang tiba-tiba jadi pintar karena merasa dibutuhkan banyk orang. Tak jarang dari mereka memanfaatkan kondisi untuk menipu orang lain. Memanfaatkan situasi untuk kepentingan pribadi.
Kondisi yang serba kekurangan membuat beberapaa cendikiawan memutar otak untuk menghasilkan pundi-pundi rupiah atau bahkan dolar.

Dari merebaknya kasus
Bahkan banyaknya para dewan di kursi DPR dan DPRD tak sepenuhnya bisa membawa aspirasi masyarakat. Harus patuh dan tunduk, hahya itulah pilihan yang ada. Alih-alih membantu rakyat kecil tak sedikit anggota dewan yang gak punya rasa simpati akan kondisi. Seperti halnya salah satu selebritas tanah air yang jadi anggota dewan. Disaat banyak rakyat kecil menahan lapar karena gak bisa kerja dia malah posting foto lagi makan sate. Kemudian berbicara di salah satu acara tentang gaji dan tunjangan yang ia dapatkan saat menjabat anggota dewan.

Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
Kontroversi Krisdayanti, Diva Pop Indonesia Yang Jadi Anggota Dewan


Yah tak heran negara ini terus jadi negara berkembang, karena buat anggaran para dewan selama setahun saja sudah menghabiskan banyak uang pajak. Belum lagi gaji dan tunjangan para pejabat pemerintah ditambah korupsi yang mereka ambil untuk kenyangin perut sendiri.

Faktanya yang terjadi sekarang orang-orang pintar yang saya maksud telah menyebabkan banyak kerusakan dan penderitaan banyak orang. Semakin mereka berbicara, semakin jelas kengawuran yang mereka pertontonkan.

Masih ingat dalam benak saya bagaimana orang-orang pintar itu menyetir media terkait covid 19. Kemudian membesar-besarkannya sehingga terjadi kepanikan dimana-mana. Iman dan imun puluhan juta orang turut terjun bebas layaknya batu yang dilemparkan ke jurang. Tingkat kematian diklaim menukik tajam. Seolah banyak yang meyakini bahwa apa yang dilontarkan orang-orang pintar itu adalah sebuah kebenaran absolut.

Kebenaran yang menyingkirkan logika dan perlahan menggeser kedudukan Tuhan. Maha benar mereka orang-orang yang tak lagi takut Tuhan asal pundi-pundi uang mengalir deras. Tepuk tangan buat para cendekiawan yang gak punya hati. Yang menempatkan rakyat kecil pada posisi terhimpit dan tertindas sepanjang hari.

Faktanya, kami sebagai rakyat kecil yang buta akan ilmu kesehatan dan kedokteran terlebih perminyakan telah berada dalam situasi tak mengenakan sepanjang 3 tahun terakhir. Tak hanya bergelut dengan kesehatan tapi kini kami terhimpit begitu banyak kesulitan hidup lainnya.

Belum lagi mereka yang harus hidup dan bertahan dari memakan uang hasil Pinjol. Terpaksa, itulah alasan mereka nekat mengambil pinjaman dari beberapa aplikasi pinjol nakal.

Efek pembagian BLT dirasa tak merata dan banyaknya karyawan yang tiba-tiba dirumahkan. Tak sedikit rakyat kecil yang memilih bunuh diri agar tak terjerat pinjaman online lagi. Sayangnya hingga kini belum ada titik terang dan ketegasan pemerintah dalam mengatasi maraknya pinjol ilegal dan nakal.

Jangankan pinjol ilegal, yang legal pun masih menerapkan sistem bunga yang benar-benar menyekik leher para peminjam. Bunga yang dibebankan benar-benar tak wajar. Ada keterlambatan pembayaran sehari bisa telpom berkali-kali. Belum lagi aksi mengancam dan menelpon kenalan atau kerabat yanb ada di kontak HP para nasabah. Riba, benar-benar riba.

Masalah ekonomi yang timbul sebagai imbas pandemi belum juga teratasi, kini kami harus mengencangkan ikat pinggang lagi demi terbelinya satu liter minyak goreng. Belum lagi orang-orang super pintar kebangetan yang mengklaim diri mereka sebagai crazy rich Indonesia. Tingkah mereka benar-benar membuat banyak mata iri demi melihat aksi pamer kekayaan mereka.

Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
Misteri Crazy Rich Dadakan

Terlepas dari benar atau tidaknya kasus yang tengah dialami beberapa crazy rich Indonesia. Ini merupakan salah satu contoh orang pintar yang gak berakhlak dan gak patut ditiru. Kaya boleh, sombong jangan!😁

Agh, makin kesini negeri ini makin lucu dari hari ke hari. Tak hanya para tikus berdasi, negeri ini dipenuhi orang-orang yang pintar ngehalyu. Para badut juga bermunculan tiap waktu, membuat kita tertawa dan tak jarang mengelus dada. Negeri dimana para pejabat tak lagi memihak tapi memeras keringat rakyat kecil.

Akankah negeri ini sehat kembali? Akankan para pejabat itu sadar bahwa sejatinya hidup ini terlalu singkat hanya untuk mengurusi dunia dan isinya? Akankah esok hari kita semua bisa berbahagia menikmati gorengan tempe dan bakwan tanpa mikir harga minyak yang melambung tinggo?

Entahlah, semoga kita semua masih dalam kewarasan dan bisa hidup lebih bahagia tanpa merasa dijajah oleh siapapun lagi. Amiin

Quote:Thread ini gak ada maksud menggurui atau menyudutkan satu pihak. Tulisan ini tak lebih hanya sebagai pengingat:
Orang pintar bukan tuhan
Orang pintar pun juga manusia yang pasti punya khilaf
Orang pintar belum tentu benar.
Diatas ilmu harus ada adab. Mikir dulu baru ngomong.


Sekian dulu thread saya kali ini, terimakasih buat Agan Sista yang sudi mampir dan memberi sedikit opini akan carut-marutnya negeri ini. Salam sehat dan wasalamm
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
Diubah oleh l13ska
profile-picture
profile-picture
profile-picture
dan 17 lainnya memberi reputasi
18
Tampilkan isi Thread
Masuk untuk memberikan balasan
the-lounge
The Lounge
60K Anggota • 916.4K Threads
Halaman 3 dari 3
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
13-04-2022 18:41
Quote:Faktanya yang terjadi sekarang orang-orang pintar yang saya maksud telah menyebabkan banyak kerusakan dan penderitaan banyak orang. Semakin mereka berbicara, semakin jelas kengawuran yang mereka pertontonkan.


Ane nangkap politikus = orang pintar

Lagian ketika dokter anak ngomen covid termasuk orang pintar?
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
13-04-2022 18:50
Menurut ane meskipun orang pinter pasti ada salahnya lah gan, namanya juga manusia emoticon-Gila emoticon-Gila


Tolong Bantu Kunjungin Artikel Saya Gan Tentang Demo Mahasiswa Kemaren

https://sapakarya.com/demo-mahasiswa...il-di-jakarta/

Makasih Sebelumnya Gan emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik emoticon-Wowcantik
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
13-04-2022 18:56
Keknya TS terjebak pada pikirannya sendiri akhirnya isinya soal percaya gak percaya, tanpa mau mencari tau kebenarannya, yang mana akses untuk ke sana sudah cukup banyak dan mudah. emoticon-Big Grin
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
13-04-2022 20:16
Quote:Original Posted By l13ska ►
Semoga negeri ini bisa menjadi neheri yg tentram dan aman untuk semua lapisan masyarakat


Aamiin, cuma bisa berdoa, emak2 selalu benar dan pintaremoticon-Blue Guy Peaceemoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By l13ska ►


Jangan lupa baca bismillah di setiap aktifitas kita


Siap
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Post ini telah dihapus
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
13-04-2022 20:50
Pertanyaan retorika, sama halnya apa orang benar selalu pintar.. walaupun di bolak balik jawabannya cuma satu.. ga ada yang benar dan ga ada yang pintar.. karena benar dan pintar itu relatif... sedangkan goblox itu absolut
emoticon-Leh Uga
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 3 balasan
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
13-04-2022 20:51
Sebuah Introspeksi Diri:

Dari awal itu seharusnya sudah menjawab kegalauan2 agan.
Semua yg terhampar dan kita lalui, utk trs belajar dan mensyukuri Nikmat Tuhan.

Mulai dari hal terkecil saja, dari diri sendiri, keluarga dan orang2 di sekitar kita

profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
13-04-2022 23:00
knowledge is power
power tend to corrupt
absolute power corrupt absolutely

man with lotta knowledge +absolute power is=....


do the math!!!

emang anjeng para elit, dari rakyat,oleh rakyat,untuk para baik.

0 0
0
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
13-04-2022 23:01
anjeng..kata bang-sat disensor jadi baik!!

emoticon-Ngakak
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
14-04-2022 06:59
Yang benar
- orang salah berarti ga benar
- orang benar berarti ga salah
- orang pintar berarti ga bodoh
- orang bodoh berarti ga pintar

Yang salah
- orang salah berarti benar
- orang benar berarti salah
- orang pintar berarti bodoh
- orang bodoh berarti pintar

Tapi ada saat dimana
- orang salah karena benar
- orang benar karena salah
- orang bodoh karena pintar
- orang pintar karena bodoh


emoticon-cystg
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
14-04-2022 08:59
Quote:Original Posted By DBanksaTz ►
orang yang bisa memberikan pembuktian yang benar


emoticon-Cendol Gan

Quote:Original Posted By hhendryz ►
Manusia itu makhluk ga sempurna.....dari situ udah diwanti2 kesalahan itu pasti ada di manusia selain benarnya...jadi ya kata2 manusia pintar pasti benar itu udah terbantahkan dengan sendirinya....gitu yak..emoticon-Ngacir

emoticon-Ngakak
Kurang lebih gitulah gan
0 0
0
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
14-04-2022 09:00
Quote:Original Posted By home.utd ►
Stau sy kl orang pintar minumnya tolak angin bukan air putih


Biar anginnya gak masuk ke kepala dan nerbangin isi otak ya😁
Quote:Original Posted By vk4501h ►
Klo pinter nipu gimana gan?
emoticon-Ngakak

Nah berarti gak ada benernya nih orang
0 0
0
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
14-04-2022 09:07
Quote:Original Posted By gondez2011 ►
Bodoh -> ngenes -> nyari pembenaran -> nyalahin keadaan -> nyalahin orang lain.


Quote:Original Posted By realafa ►
up kan gans


Quote:Original Posted By EssChristian ►
Kerja tak mau, tapi kalau buat status WA "SEMUA AKAN INDAH PADA WAKTUNYA"
Hei, Keong Racun!! Kamu tidur terlalu miring!!


0 0
0
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
14-04-2022 15:15
mending jadi orang yang "paham/mengerti" kalo pintar cuma tahu dan SOK tahu. emoticon-Big Grin
kalo orang yg paham mah pasti tipikal yang benar. karna tau Faksi-Freaksi ( emoticon-Ngakak (S) ), sebab-akibat. lu ngomong tau A tapi intinya tau B disebarin bisa kisruh apalagi ngomong salah emoticon-Ngakak (S)
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
15-04-2022 11:48
Mengutit apa yang disampaikan oleh cak nun, bener itu belum tentu pener sedangkan yang bagus itu ya bener ya pener. Orang pintar itu belum tentu bener bahkan terkadang orang pinter itu suka minterin orang lain demi untuk mendapatkan kauntungan pribadi.
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
17-04-2022 22:57
Up gak sihhhhh
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
07-06-2022 05:34
Aku tau kok kalau trit ini curhat hihihihiii
Piiizzzz
profile-picture
l13ska memberi reputasi
1 0
1
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
1 - 0 dari 1 balasan
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
15-06-2022 04:23
0 0
0
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
15-06-2022 04:24
Sebuah Introspeksi Diri: Apakah Orang Pintar Selalu Benar?
Jika bisa memilih mana pasang yg berbeda dama 2 detik, jenius kalian.

Jika tidak kalian hanya org yg ointar menipu
0 0
0
Halaman 3 dari 3
icon-hot-thread
Hot Threads
Copyright © 2023, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia