Iadies.hunter01Avatar border
TS
Iadies.hunter01
Ampun! Harga Daging Sapi Melejit, Mendag Lutfi Suruh Rakyat Cari Alternatif Lain
Ampun! Harga Daging Sapi Melejit, Mendag Lutfi Suruh Rakyat Cari Alternatif Lain: Orang Padang Kalau Makan Rendang Pakai Kerbau



Konten Sensitif

Mendag Lutfi memanatau harga bahan pokok di Pasar Rawamangun, Jakarta, Kamis, 14 April 2022/ Biro Humas Kemendag



Harga daging sapi di pasar tradisional melejit hingga Rp170 ribu per kilogramnya. Menteri Perdagangan atau Mendag Muhammad Lutfi berharap masyarakat untuk mencari alternatif produk lain, misalnya daging kerbau.

“Kerbau itu disukai. Orang Padang kalau makan rendang pakai daging kerbau. Ini sudah terjadi pergeseran,” kata Mendag Lutfi saat ditemui di Pasar Rawamangun, Jakarta Timur seperti ditulis Tempo, Kamis, 14 April.

Saat itu Mendag Lutfi bersama Kepala Badan Pangan Nasional, Arief Prasetyo, Wakil Kepala Satgas Pangan Polri Whisnu Hermawan meninjau stok dan harga barang kebutuhan pokok atau bapok di Pasar Rawamangun, Jakarta.

Mendag Lutfi menyatakan, peninjauan tersebut dilakukan untuk memastikan ketersediaan pasokan bapok selama Ramadan dan menjelang Idulfitri 1443 H.

Mendag Lutfi bicara soal daging kerbau bahwa masyarakat dulunya tak mau memakannya karena cara penjualannya berbeda dengan daging sapi. Umumnya daging kerbau dipasarkan dalam bentuk kemasan beku atau dicampur dengan daging sapi.

Namun, kata dia, tren itu telah berubah sebab penjualan produknya lebih murah. Harga daging kerbau saat ini dipasarkan di kisaran Rp80 ribu per kilogram.

Kata Mendag Lutfi, tingginya harga daging sapi karena dampak dari kebakaran hutan di Australia sehingga pasokan menjadi langka. Hal itu berakibat pada harga yang meningkat, yakni dari US$ 2 per kilogram menjadi US$ 4,2 per kilogram.

Namun begitu, Mendag Lutfi mengakui bahwa pemerintah sedang mengkaji untuk mendatangkan sapi impor dari negara selain Australia.

“Ya kita sedang kerjakan mudah-mudahan tahun depan harganya normal,” kata Mendag Lutfi.

Dari Info Pangan Jakarta pada Jumat, 15 April 2022, harga rata-rata daging sapi murni yakni Rp137.619. Harga terendah terdapat di Pasar Klender SS seharga Rp125 ribu dan harga tertinggi terdapat di Pasar Tomang Barat yakni 150 ribu per kilogram.

Sementara itu untuk jenis daging sapi has atau paha belakang harga rata-rata berkisar Rp143.415 per kilogram. Harga terendah terdapat di Pasar Tanah Abang Blok A-G yakni Rp120 ribu dan harga tertinggi di Pasar Petojo Ilir mencapai Rp170 ribu per kilogram.


https://makassar.terkini.id/ampun-ha...-pakai-kerbau/



ALTERNATIF PENGGANTI DAGING SAPI


Konten Sensitif
MasterSims
prazm8
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 5 lainnya memberi reputasi
2
1.8K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.