• Beranda
  • ...
  • Sports
  • Inilah Maskot Piala Dunia dari Masa ke Masa Sejak 1966, Mana yang Paling Keren?

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Inilah Maskot Piala Dunia dari Masa ke Masa Sejak 1966, Mana yang Paling Keren?

Beberapa hari yang lalu telah lalu telah diumumkan maskot Piala Dunia Qatar 2022 yang bernama La'eeb yang bentuknya menjadi pergunjingan netizen karena dianggap aneh dan mirip hantu. La'eeb adalah maskot yang bentuknya menyerupai penutup kepala khas timur tengah. Seperti yang diketahui kalau maskot Piala Dunia hampir selalu menunjukan ciri khas dari negara tuan rumah. Namun kali ini nampaknya benar-benar berbeda dari maskot-maskot sebelumnya. Di mana di edisi-edisi sebelumnya, maskot Piala Dunia selalu berbentuk hewan atau manusia, meskipun tidak selalu.

Untuk melihat kembali ke belakang, berikut ini adalah maskot Piala Dunia dari masa ke masa, manakah yang menurut agan paling bagus?

Piala Dunia 1966 (Willie)

Maskot Piala Dunia yang digelar di Inggris bernama Willie. Berbentuk singa yang mengenakan kaos Union Jack Inggris Raya dan bertuliskan World Cup. Seperti yang diketahui kalau Singa adalah simbol dari sepakbola Inggris.

Piala Dunia 1970 (Juanito)

Piala Dunia 1970 kembali ke benua Amerika lebih tepatnya di Meksiko. Nama maskotnya adalah Juanito yang berbentuk seorang anak laki-laki mengenakan kostum Timnas Meksiko dan memakai topi sombrero yang merupakan topi khas Meksiko.

Piala Dunia 1974 (Tip dan Tap)

Saat Piala Dunia diselanggarakan di Jerman pada 1974, maskotnya adalah Tip dan Tap. Dua anak laki-laki yang mengenakan kostum Timnas Jerman yang bertuliskan WM 74 atau Weltmeisterschaft, World Cup.

Piala Dunia 1978 (Gauchito)


Tahun 1978, Piala Dunia digelar di Argentina dengan maskotnya bernama Gauchito. Seorang anak laki-laki yang mengenakan kostum Tim Tango dengan topi yang bertuliskan Argentina 78.


Piala Dunia 1982 (Naranjito)

Maskot Piala Dunia 1982 di Spanyol bukanlah manusia atau hewan melainkan sebuah jeruk yang bernama Naranjito yang memakai kostum Timnas Spanyol dan memegang sebuah bola.

Piala Dunia 1986 (Pique)

Meksiko menjadi tuan rumah untuk yang kedua kalinya, dalam Piala Dunia 1986 yang menjadi maskot adalah Pique. Sebuah cabe Jalapeno khas Meksiko, bentuknya berkumis dan memakai topi Sombrero yang nampaknya menjadi ciri khas kuat Meksiko.

Piala Dunia 1990 (Ciao)

Maskot Piala Dunia saat Italia jadi tuan rumah ini bentuknya memang agak abstrak karena hanya berbentuk stik dengan pola bendera Italia, kepala bola dan terlihat seperti orang yang sedang menendang bola.

Piala Dunia 1994 (Striker)

Piala Dunia 1994 digelar di negeri Paman Sam, Amerika Setikat dengan maskotnya bernama Striker. Seekor anjing dengan kostum Timnas Amerika Serikat bertuliskan USA 94.

Piala Dunia 1998 (Footix)

Footix adalah nama maskot Piala Dunia Perancis 1998 yang merupakan seekor unggas di mana unggas merupakan simbol nasional Perancis. Warna Footix didominasi oleh biru seperti seragam Timnas Perancis. Dulu ane mengira Footix ini mirip dengan Woody Woodpecker.

Piala Dunia 2002 (Ato, Kaz dan Nik)


Saat digelar di Korea Selatan dan Jepang, maskot Piala Dunia pun ada tiga dan semuanya berbentuk abstrak dan mereka Ato, Kaz, dan Nik. Ato adalah pelatih sepakbola dan Kaz serta Nik adalah pemainnya.

Piala Dunia 2006 (Goleo dan Pille)

Salah satu maskot Piala Dunia yang cukup kontroversial mengingat singa bukanlah hewan khas Jerman atau simbol sepakbola Jerman. Ditambah lagi maskot bernama Goleo ini tidak memakai celana. Goleo berduet dengan Bola yang bisa bicara bernama Pille.

Piala Dunia 2010 (Zakumi)

Zakumi adalah seekor macan tutul salah satu hewan khas Afrika yang memakai baju bertuliskan South Africa 2010. Za artinya kode dari Afrika Selatan dan Kumi artinya sepuluh. Kalau menurut ane emang keren sih si Zakumi ini.

Piala Dunia 2014 (Fuleco)

Fuleco adalah maskot Piapa Dunia Brazil 2014 yang merupakan seekor Armadilo, hewan khas Amerika Selatan. Menariknya, Fuleco tidak menggunakan seragam kebesaran Timnas Brazil yang berwarna kuning.

Piala Dunia 2018 (Zabivaca)

Zabivaca adalah maskot berbentuk seekor serigala dengan dominasi warna cokelat dan memakai kacamata olahraga. Menggunakan t-shirt bertuliskan 2018 FIFA World Cup Russia.

Piala Dunia 2022 (La'eeb)

Ya, inilah maskot Piala Dunia Qatar yang mungkin bentuknya yang paling nyeleneh. Ada yang bilang mirip Casper karena memang menyerupai hantu yang digambarkan oleh orang-orang barat. Yang jelas memang si La'eeb ini memang unik. Berbeda sekali dengan tiga maskot terakhir sebelumnya yang kelihatan seperti memakai template yang sama.

Gimana gan, mana yang paling keren?

Referensi
Diubah oleh cintadine 12-04-2022 14:43
nilwatikta1965
BlueGuy.BuleGay
sapiSYGsapiMLG
sapiSYGsapiMLG dan 19 lainnya memberi reputasi
20
9.8K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Sports
Sports
icon
22.9KThread11KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.