• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Sedih, Motor Bebek Beneran Mau Disuntik Mati, Bagaimana Menurutmu?

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Sedih, Motor Bebek Beneran Mau Disuntik Mati, Bagaimana Menurutmu?

[ HT# 1002, HT# 1004 ]

Seperti kita tahu, kehadiran motor bebek terbilang cukup panjang. Buat generasi 90an pasti mengenal aura kedigjayaan motor bebek, layaknya matic sekarang yang jadi primadona semua kalangan.

Disebut sebagai motor bebek karena kalau dilihat bodinya dari samping mulai dari stang sampai buritan knalpot samping mirip sekali bebek. Sejak 1960 hingga tahun 2000 adalah era keemasan motor bebek.

Produsen otomotif roda dua berlomba membuat bebek ber CC 110 dan bebek paling irit tapi cepat ber CC 150. Semua punya pangsa pasarnya sendiri dan bahasa desain yang sama namun perlahan mulai ada sentuhan sport khasnya motor bebek.



Sebuah kejayaan memang selalu ada pasang surutnya termasuk motor bebek, yang dulunya selalu mendominasi jalan pedesaan terlebih jalan perkotaan, semua model motor bebek ada, pun kegunaannya beragam mulai dari sekedar beli gula ke warung tetangga desa, bekerja, sampai angkut barang.

Itu dulu, semenjak hadirnya skuter matic yang awalnya dipandang sebelah mata terutama oleh kaum pria tiba-tiba harus bertekuk lutut dihadapan motor matic karena kepraktisan dalam pengoperasiannya.

Matic kian diterima masyarakat terutama kaum perkotaan yang sering bertemu kemacetan dan butuh cepat dalam bermanuver. Akhirnya motor matic semakin diterima oleh semua kalangan dan produsen motor pun membuat beberapa model dan semakin serius menggaet target pasarnya.

Jualan motor matic semakin laris sampai-sampai produsen lupa dengan 'anak emas' si motor bebek yang pernah membuat namanya besar dan menghasilkan pundi-pundi keuntungan.

Ada sih motor bebek keluaran terbaru tapi sepertinya masyarakat sudah kadung mencintai motor matic, penjualan motor bebek pun seperti jalan ditempat dan minim inovasi akibatnya motor matic semakin menjadi idola produsen dan masyarakat.

Sesuai hukum pasar dan bisnis, ada target pasar potensial maka prosusen akan jor-joran disana untuk berlomba membuat motor matic dengan berbagai inovasi, iklan, dan gimmick semata. Pasarnya pun semakin gemuk, di dealer kelas kampung aja mayoritas terpajang motor matic dan bebek harus rela ada dibarisan belakang, harga pun otomatis melonjak tajam, konsumen yang sudah cinta tidak ada pilihan ketika para produsen bekerjasama 'bermain harga' disana.


motorplus

Motor bebek saat ini memang sudah ada dititik jenuh, meski tetap ada penjualan tapi terbilang kecil. Sepi peminat. Menurut catatan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Januari - Juni 2017, dari sekitar 2,8 juta total motor yang terdistribusi dari pabrikan, motor bebek hanya bisa mengambil pasar 9,24 persen, bahkan tertinggal jauh dengan motor sport yang pasarnya mulai gemuk di angka 10,7 persen.

Nah, apakah kehadiran motor bebek akan benar-benar habis dan tidak lagi terlihat dijalan? Lalu inovasi apa yang akan dilakukan produsen motor dengan motor bebeknya, bebek matic new genertion? Menurutmu bagaimana, gan, lalu jenis motor apa yang kamu pakai saat ini?



Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 11-04-2022 11:23
ulermaboq
landiv123
provocator3301
provocator3301 dan 29 lainnya memberi reputasi
30
14.7K
288
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.