evihan92Avatar border
TS
evihan92
Tepatkah Ucapan "Santun Pagi" Untuk Menyapa Seseorang?


Assalamualaikum, agan semuanya.

Apa yang agan ucapkan untuk memberi salam ketika bertemu seseorang di pagi hari?

Beberapa orang mungkin akan mengucapkan "Assalamualaikum," yang tidak berbatas waktu, bisa diucapkan baik pagi, siang, sore maupun malam hari. Selain alasan tidak berbatas waktu, karena itu juga merupakan sebuah doa keselamatan. Ya, arti kata itu adalah, "Semoga keselamatan dilimpahkan atasmu."

Beberapa orang lain lagi mungkin akan mengucapkan "Selamat pagi." Hal ini bisa dipahami dan sudah umum karena sejak sekolah dulu memang kita dibiasakan, dan akhirnya terbiasa dengan ucapan ini. Kata-kata itu pun mengandung harapan untuk keselamatan.

Akan tetapi, beberapa waktu ini ane mulai mendapati ucapan lain, yaitu "Santun pagi." Jujur saja, ane merasa kurang nyaman dengan ucapan ini. Memang belum pernah ane dengar secara langsung, sih. Biasanya ane temukan yang seperti itu di medsos.

Yang jadi ganjalan di hati ane adalah, apakah arti kata santun pagi itu? Bukankah biasanya kata santun itu mengikuti kata sopan? Jadi sopan santun, gitu. Bahkan ada sebuah media cetak yang punya tagline, "Sopan dalam bahasa, santun dalam berita." Kalau yang ini sih ane setuju saja.

Nah, mungkin karena merasa kurang sreg itu, atau sedang gabut, akhirnya ane searching deh arti kata santun menurut KBBI. Bukan apa-apa, gan, siapa tahu menurut KBBI ada arti lain untuk kata santun yang belum ane ketahui, ya, kan?

Ternyata, gan, arti yang ane temukan adalah seperti di gambar screenshot ini.



Ane juga masih mencari informasi dari sumber lain. Ternyata, yang ane dapatkan masih semakna dengan yang ane dapat dari laman KBBI daring itu.

Jadi, nih, menurut agan, tepat atau tidak penggunaan kata "santun pagi" untuk menyapa atau memberi salam kepada seseorang?

Mungkin kedengarannya sepele, ya, gan. Tapi, kalau kita tidak bijaksana dalam memilih dan menggunakan kata-kata, akhirnya pesan yang ingin kita sampaikan bisa jadi tidak tepat.

Seperti, ane pernah lihat nih, tulisan "binatang langkah". Setahu ane, yang tepat adalah binatang langka. Bukankah langkah dan langka adalah dua kata yang berbeda makna? Jadi, tidak bisa saling menggantikan.

Yuk kita ngobrol santai saja ya gan. Tetap jaga sopan santun sekalipun kita hanya ngobrol di medsos.

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Sumber: opini pribadi
Foto: screenshoot KBBI daring dan pexels.com
Diubah oleh evihan92 05-03-2022 04:49
suciasdhan
uliyatis
riwidy
riwidy dan 7 lainnya memberi reputasi
8
4.5K
28
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.