xianying21Avatar border
TS
xianying21
7 Suka Duka Pengguna Ponsel Era 2000an yang Tidak dirasakan Oleh Generasi Z


Saat ini ponsel atau hp sudah begitu canggih dan berbeda dengan di jaman dulu atau di era 2000an di mana teknologi ponsel baru saja berkembang. Waktu itu jamannya Nokia berjaya dan diikuti oleh merk lain seperti Siemens, Motorola, dan Sony Ericsson. Waktu itu masih jamannya hp dengan layar monokrom dan hanya bisa dipakai untuk SMS dan telepon, namin rasanya sudah seperti barang mewah saja karena tidak semua orang bisa memilikinya.

Ada banyak suka duka yang terjadi ketika dulu pakai hp di era 2000an. Barangkali agan di sini juga banyak yang pernah merasaknnya. Sebaliknya, agan yang Generasi Z mungkin tidak pernah merasakannya. Langsung saja ini dia pembahasannya gan.

1. Harga Ponsel Terasa Mahal

Ketika memasuki awal 2000an, harga ponsel terasa sangat mahal walaupun yanh fiturnya SMS dan telepon doang. Contohnya ada Nokia 3210 yang harganya kala itu sekitar satu jutaan di tahun 2001. Kalau dihitung dengan inflasi sekarang, harga ponsel entry level sekelas Nokia 3210 harganya sekitar lebih dari tiga juta rupiah. Praktis saat itu tak semua orang bisa membeli hp.

Di awal 2000an hanya segelintir siswa yang membawa hp ke sekolah. Memasuki pertengahan dan akhir 2000an, barulah hp menjadi barang yang umum yang dibawa ke sekolah.

2. Kartu Perdana Mahal

Kartu perdana operator jaman dulu memang mahal. Untuk simPati saat itu harganya Rp. 200.000 dan Mentari harganya Rp. 150.000 dengan pulsa terisi Rp. 50.000 membuat kartu perdana jaman dulu terasa eksklusif. Selain itu, tarif telepon juga cukup mahal yaitu sekitar Rp. 3000/menit. Kalau sesama operator bisa lebih murah.

Tarif SMS kala itu Rp. 350/SMS, menjadikan SMS sebagai telekomunikasi yang terasa sangat canggih dan menggantikan pager yang masa pakainya saat itu sangat singkat.

3. Ponsel dengan Multimedia dianggap Mewah

Di awal 2000an, punya ponsel monokrom saja sudah terasa bangga. Apalagi punya hp yang lain dengan fitur tambahan. Seperti layar berwarna, nada polyphonic, punya kamera, game Java sampai ada fitur GPRS. Kala itu memiliki hp Nokia dengan OS Symbian adalah suatu kebanggaan dan didambakan oleh orang yang ponseonya masih monokrom atau hanya SMS dan telepon saja.

Ponsel seperti Nokia 6600 saat itu menjadi impian setiap orang yang ponselnya masih Nokia 3310 atau 3315.

4. Fitur Infrared

Sebelum ada Bluetooth dan Wifi, memindahkan data seperti foto dan lagu adalah menggunakan infra merah alias Infrared. Membutuhkan waktu yang lama untuk memindahkan lagu dari perangkat satu ke perangkat lauinnya dan kedua perangkat harus saling berdekatan. Memindahkan satu lagu saja lamanya bukan main.

5. Fitur WAP GPRS Terasa Mewah

Internetan di hp pada jaman sekarang memang sangat nyaman dengan kecepatan 4G bahkan 5G. Dulu ponsel dengan fitur internet harus ada GPRS dan WAP browser. Ponsel dengan fitur ini jangan harap ada di hp murah. Selain kecepatannya yang lambat dan masih 2G, internatan di hp era 2000an juga masih terbatas dan harga paketan internetnya juga mahal. Bisa habis puluhan ribu rupiah dalam sekali browsing.

Adapun situs yang sering dikunjungi saat itu salah satunya adalah waptrick.com yang menyediakan download konten game, wallpaper, dan lagu secara gratis.

6. Tabloid PULSA

Sebelum ada channel review seperti GadgetIn dan Sobat Hape, dulu di era 2000an untuk melihat ulasan hp adalah membaca Tabloid Pulsa. Selain review, Tabloid PULSA juga memberikan informasi seputar harga hp yang beredar di pasaran.

Tabloid PULSA memiliki halaman daftar spesifikasi beserta harga baru dan bekas hp yang sedang beredar. Dulu saingannya adalah Tabloid Sinyal. Senang sekali rasanya bisa membaca review hp yang tidak bisa dimiliki.

7. SMS-an Masih Jadi Primadona

Di era 2000an belum ada pesan instan berbasis internet. SMS masih menjadi telekomunikasi teks yang sangat banyak digunakan dan berperan penting dalam komunikasi saat itu.

Saat itu juga marak SMS premium dan dukungan voting acara pencarian bakat yang menggunakan SMS dengan tarif premium. Kalau sekarang dukungan kepada peserta di ajang pencarian bakat bisa lewat Whatsapp sampai melalui aplikasi. Lebih canggih.

SMS sekarang masih digunakan tapi lebih sering untuk mengirim OTP.

Nah gimana nih gan suka duka apa yang agan rasakan sebagai pengguna hp di era 2000an?

Sumber Referensi
habibpalsu14756
over.power
HeAVen_DoG
HeAVen_DoG dan 48 lainnya memberi reputasi
49
12.4K
203
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.