annisacanAvatar border
TS
annisacan
Arab Saudi Larang Masjid Pakai Pengeras Suara Eksternal Saat Shalat Selama Ramadhan


KOMPAS.com – Pemerintah Arab Saudi menegaskan tak memberi izin masjid menggunakan pengeras suara eksternal saat melakukan shalat selama Ramadhan 2022.

Menteri Urusan Islam, Panggilan, dan Bimbingan Arab Saudi Sheikh Abdullatif Al-Sheikh telah membantah laporan bahwa pengeras suara eksternal akan diizinkan di masjid-masjid saat melakukan shalat selama bulan suci Ramadhan. Al Al-Sheikh mengatakan, apa yang beredar mengenai hal ini di platform media sosial tidak benar dan tidak berdasar.

Dilansir dari Saudi Gazeete, Kamis (31/3/2022), Menteri menegaskan bahwa penggunaan pengeras suara eksternal cukup untuk meningkatkan panggilan doa pertama dan kedua atau azan dan ikamah di masjid-masjid. Dia juga menekankan penggunaan pengeras suara eksternal di masjid-masjid itu harus menggunakan amplitudo rata-rata.

Kementerian Urusan Islam, Panggilan, dan Bimbingan Arab Saudi telah meminta karyawan masjid untuk terus mematuhi surat edaran yang mengatur pembatasan penggunaan pengeras suara eksternal hanya untuk azan dan ikamah. Kementerian juga telah memutuskan bahwa tingkat intensitas yang diizinkan dari sistem suara internal di masjid tidak boleh melebihi sepertiga dari level maksimal pengeras suara.

Aturan lainnya Selain mengenai pengeras suara, Kementerian Urusan Islam, Panggilan, dan Bimbingan Arab Saudi juga telah mengeluarkan beberapa arahan lain sebelum dimulainya bulan suci Ramadhan 2022.

Arahan yang paling menonjol, yakni melarang pengumpulan sumbangan uang oleh karyawan atau pengurus masjid untuk penyelenggaraan agenda buka puasa bagi orang-orang yang berpuasa. Pemerintah Arab Saudi juga mewajibkan organisasi yang berencana mengadakan acara buka puasa bersama untuk mengajukan permohonan persetujuan dan mendapatkan izin lebih dulu dari Kementerian.

Sumber


Selamat Menjalankan Ibadah Puasa 1443 H

phyu.03
Crotaftermeting
asurizal
asurizal dan 25 lainnya memberi reputasi
26
6K
149
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita Luar Negeri
Berita Luar Negeri
icon
78.8KThread10.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.