cintadineAvatar border
TS
cintadine
4 Merk Ponsel yang Berjaya di Era 2000an Namun Kini Hanya Tinggal Kenangan


Apa sajakah produsen ponsel yang tersedia di pasaran saat ini? Pasti jawabannya Samsung, iPhone, Oppo, Xiaomi, Vivo, Realme, Huawei, dan yang lainnya. Padahal jika kita tarik ke belakang yaitu era 2000an, merk-merk yang disebutkan di atas tidak ada dalam peta persaingan ponsel yang tersedia saat itu. Membuktikan kalau tidak mudah mempertahankan pencapaian yang sudah diraih.

Untuk Nokia, yang aslinya memang sudah tidak ada sejak kejatuhannya pada 2014 yang lalu. Tapi smartphone dengan merk Nokia masih ada walau yang membuatnya bukanlah Nokia yang dulu lagi alias sudah HMD Global. Tapi ada beberapa merk ponsel yang dulunya pernah beredar di pasaran bahkan sempat berjaya namun sekarang sudah tinggal kenangan. Berikut empat merk ponsel tersebut.


Sony Ericsson


Sony Ericsson adalah vendor ponsel yang berdiri pada 2001 sebagai gabungan perusahaan Sony dan produsen ponsel asal Swedia, Ericsson. Selain Nokia, dulu Sony Ericsson banyak menghasilkan ponsel yang laris di pasaran termasuk Sony Ericsson Walkmam W350i.

Sony Ericsson terkenal dengan kualitas layarnya dan suaranya yang jernih pada masanya. Sony Ericsson sempat merilis Android pertama mereka, sebelum akhirnya Sony membeli keseluruhan saham Ericsson dan menghilangkan nama Ericsson dalam produknya. Dengan demikian, merk ini kini sudah menghilang.

Meski demikian, Sony masih tetap memproduksi smartphone Android dengan produksi terbatas di beberapa negara dan berfokus pada produk flagship.

Siemens

Siemens sebenarnya adalah perusahaan manufaktur multinasional asal Jerman yang sudah berdiri sejak 1847 yang memproduksi berbagai perangkat mesin termasuk untuk peralatan medis. Namun Siemens juga pernah memproduksi ponsel sejak 1985 dan merilis berbagai jenis ponsel termasuk yang terkenal adalah Siemens C25 yang dirilis pada 1999. Kejatuhan Siemen terjadi bahkan sebelum era Android datang yaitu pada 2005 di saat Siemens Mobile mengalami kerugian dan lama kelamaan berhenti memproduksi ponsel.


Blackberry

Research in Motion atau RIM didirikan pada 1999 dan memproduksi Blackberry yang awalnya membuat smartphone khusus untuk bisnis. Karena kehandalannya, Blackberry sempat berjaya di era 2000an terutama dari tahun 2007-2012. Kejayaan Blackberry terbilang singkat namun memberikan kesan yang mendalam bagi para penggunanya. Blackberry dikenal sebagai smartphone yang eksklusif namun telar berinovasi hingga terjungkal pada 2013. Blackberry tak sanggup bersaing dan sempat merilis beberapa smartphone Android namun tetap gagal. Alasannya adalah terlambat dan segmen pasar yang tidak tepat. Kini Blackberry tak pernah merilis produk baru lagi.

LG

Pada 2021 yang lalu, LG memutuskan untuk menghentikan produksi ponsel setelah terus-terusan merugi karena kurang laku. LG sendiri sebenarnya sempat merilis beberapa smartphone Android berkualitas dan Android pertama dari LG adalah LG GW620 yang diluncurkan pada 2009 yang lalu. Penjualan smartphone LG sendiri terus mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir sebelum 2021, terpaksa membuat perusahaan menutup divisi mobile-nya dan berfokus pada perangkat elektronik LG lainnya.

Nah, gan. Apakah agan pernah punya hp dari salah satu yang disebutkan di atas? emoticon-Ngakak (S).

Referensi
Diubah oleh cintadine 26-03-2022 08:08
HeAVen_DoG
ahmd.gbrn14192
gemutro
gemutro dan 27 lainnya memberi reputasi
28
14.6K
116
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Handphone & Tablet
Handphone & Tablet
icon
10.8KThread8.3KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.