• Beranda
  • ...
  • Health
  • Dua Alasan Mengapa Pendonor Darah Harus Berusia Di Atas 17 tahun

aurora..Avatar border
TS
aurora..
Dua Alasan Mengapa Pendonor Darah Harus Berusia Di Atas 17 tahun


Hai semuanya, Shalom Aleichem! emoticon-Hai
Selamat sore kalian semuanya! emoticon-Smilie
Semoga kalian semua selalu dalam keadaan yang sehat walafiat tanpa kekurangan suatu apapun emoticon-Shakehand2.


Pada kesempatan yang sangat berharga ini, gue, Mbak Rora, akan memberikan kalian informasi tentang dua alasan mengapa semua pendonor darah harus berusia di atas 17 tahun.

Pertama-tama, gue mau bertanya dulu ke kalian semua emoticon-Cool.

Adakah di sini yang rajin donor darah?
Kalau ada, selamat! emoticon-Jempol
Berarti Anda telah berbagi kasih kepada orang-orang yang membutuhkan emoticon-Smilie.

Ngomong-ngomong soal donor darah nih yee, pasti kalian sering penasaran dan tidak habis pikir, mengapa sih, setiap orang yang ingin donor darah harus berusia di atas 17 tahun? emoticon-Bingung (S) Dan mengapa seseorang yang berusia di bawah 17 tahun tidak diperbolehkan untuk mendonorkan darahnya? emoticon-Bingung (S)

Apabila kalian sangat penasaran, di sini gue akan menjelaskan dua alasan mengapa semua pendonor darah harus berusia di atas 17 tahun.

Alasan yang pertama adalah karena pembuluh darah seseorang di atas 17 tahun sudah cukup kuat untuk dimasuki jarum yang berukuran besar.

Proses donor darah membutuhkan jarum khusus yang berukuran cukup besar. Hal ini bertujuan supaya darah yang masuk ke kantong darah tidak mengalami kerusakan akibat adanya gaya gesekan dengan bagian dalam jarum. Biasanya, ukuran jarum untuk donor darah berkisar antara 17G sampai dengan 16G, atau kira-kira sebesar isi pulpen.

Seseorang yang berusia di bawah 17 tahun cenderung memiliki pembuluh darah yang tipis dan mudah pecah, karena pembuluh darah mereka masih belum berkembang dengan sempurna (itulah alasan mengapa anak-anak dan remaja awal lebih mudah mengalami mimisan daripada remaja akhir dan orang dewasa). Sehingga, apabila mereka mendonorkan darah, proses donor darah tidak akan berhasil karena pembuluh darah mereka akan pecah apabila dimasuki jarum khusus donor darah.

Alasan yang kedua adalah karena zat besi diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan seseorang.

Seseorang yang berusia di bawah 17 tahun lebih membutuhkan asupan zat besi yang cukup daripada seseorang yang berusia di atas 17 tahun, karena zat besi merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan untuk proses pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Setelah seseorang berusia 17 tahun, pada umumnya proses pertumbuhan dan perkembangan seseorang sudah berhenti.

Sedangkan proses donor darah itu sendiri dapat membuat tubuh kehilangan banyak zat besi, karena banyaknya sel darah merah dan plasma darah yang dikeluarkan dari dalam tubuh pendonor.

Oleh karena itu, seorang pendonor darah harus berusia di atas 17 tahun, supaya proses donor darah tidak membuat tubuh kekurangan zat besi yang dapat mengakibatkan pertumbuhan dan perkembangan seseorang terganggu.


Nah, sekarang kalian sudah tahu, kan, mengapa setiap orang yang ingin donor darah harus berusia di atas 17 tahun? emoticon-Smilie


Quote:



Quote:


Quote:
Diubah oleh aurora.. 10-10-2022 12:31
Double H
emineminna
goeltom25338186
goeltom25338186 dan 24 lainnya memberi reputasi
25
5.9K
100
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Health
Health
icon
24.6KThread9.8KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.