• Beranda
  • ...
  • Otomotif
  • Fakta, Motor Injeksi Sebaiknya Hindari SPBU yg Ada Ciri Ciri Seperti Ini!

iskrimAvatar border
TS
iskrim
Fakta, Motor Injeksi Sebaiknya Hindari SPBU yg Ada Ciri Ciri Seperti Ini!


[ HT# 979 ]

Kendaraan motor sekarang ini sudah menjadi alat transportasi yang merakyat, bisa kita lihat sekarang setiap rumah jarang yang punya 1 motor tapi lebih, itu karena kepraktisan berkendara, mudah membawa barang, dan bisa masuk ke jalan kecil.

Tapi saudara, mobilitas kita bersama motor sehari-hari tentu perlu diisi bahan bakar yang namanya bensin, terserah mau premium, pertalite, pertamax, atau pertamax turbo, yang penting menyesuaikan budget dan karakteristik mesinnya. Salah isi bisa merusak mesin, bersin terlalu bagus malah jatuhnya pemborosan!

Seperti halnya motor jenis injeksi yang teknologinya membutuhkan asupan bahan bakar yang bagus, keseringan salah pilih jenis bensin (oktan rendah) mesin akan 'mbrebet', jalannya 'ndut-ndutan' karena kualitas bensin yang rendah, bahkan tiba-tiba motor jadi ngambek alias mesin jadi gak mau hidup, mogok.



Tersiar kabar bahwa isu menghindari mengisi bensin dikala ada truk tangki Pertamina sedang mengisi cadangan bensin di setiap SPBU ada benarnya, sampai sebuah media lama yang namanya cukup terkenal men-share hal ini agar menjadi perhatian para pengendara mobil dan motor.

Bukan tanpa alasan, menurut sumber tersebut karena ketika ada truk Pertamina parkir dan melakukan pengisian ke tangki bawah tanah Spbu maka sisa bensin 'basi' dan endapan kotoran di dalam tangki bawah tanah tadi akan bercampur dan terangkat naik lalu kesedot mesin dispenser ketika petugas Spbu mengisi bensin di kendaraan konsumennya.

Hal ini akan semakin buruk dampaknya jika pengendara menggunakan motor jenis injeksi. Sebuah pengalaman yang diceritakan mengatakan bahwa; setelah mengisi bensin di Spbu yang sedang melakukan proses 'isi ulang' itu tiba-tiba motornya mogok, nggak mau hidup. Padahal sebelumnya motor berjalan normal dan kondisinya memang terawat.

Kesal karena waktu kejadiannya sudah malam, sang pengendara pun masih harus mendorong motornya mencari bengkel yang masih buka. Dan penyakitnya pun bisa langsung diketahui kalau ada masalah dibagian saringan bensin, mampet penuh dengan kotoran.



Di duga kotoran itu adalah endapan yang terdorong dan terangkat kemudian tersedot mesin dispenser lalu masuk tangki motor melalui noozle yang dipegang petugas pengisi bensin. Karena saringan tersumbat kotoran bensin ini akibatnya supply bensin ke karburator tidak lancar atau injektor tidak bekerja normal akibatnya mesin dan kelistrikan tidak memiliki cukup tenaga untuk menghidupkan mesin. Motor pun jadinya mogok.

Nah, berdasarkan pengalaman diatas apakah kamu juga pernah mengalaminya, gan? Kalau belum, terutama pemiliki motor jenis injeksi memang sebaiknya menghindari lalu pindah ke Spbu lain atau jika bensin dirasa masih cukup lebih baik menunda dulu mengisi bensin di Spbu yang ada truk Pertamina sedang bongkar muat mengisi ulang cadangan bensinnya.



Satu hal lain yang tidak kalah penting adalah lebih baik mencari Spbu yang selalu ramai konsumennya karena secara kualitas bensinnya selalu 'segar', Spbu yang selalu sepi ibarat menyimpan bensin basi dan endapan semakin banyak di dalam tangki bawah tanahnya. Untuk itu jika tidak dalam kondisi darurat bensin maka tips ini semakin bermanfaat. Semoga tercerahkan ya, Gan.




Sebuah opini
Ref. tkp
Img. Gugel




Copyright © 2016 - 2022 iskrim
All Rights Reserved | Member of Thread Creator Gen. 1 - KASKUS
Diubah oleh iskrim 21-03-2022 02:37
ochezz
goeltom25338186
screamo37
screamo37 dan 35 lainnya memberi reputasi
36
13.5K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Otomotif
OtomotifKASKUS Official
27.7KThread14.5KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.