dharma8888Avatar border
TS
dharma8888
Uskup Agung: Dapat Dispensasi, Tak Ada Yang Dilanggar Pernikahan Beda Agama Ayu


Staf khusus Presiden Jokowi, Ayu Kartika Dewi, hari ini resmi menikah dengan kekasihnya Gerald Sebastian. Keduanya menikah namun dengan status beda agama.
Pagi ini mereka menggelar akad di Hotel Borobudur Jakarta, lalu dilanjutkan pemberkatan di Gereja Katedral Jakarta.

Uskup Agung Jakarta, Kardinal Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo, mengatakan Gereja Katolik memberi dispensasi terhadap pernikahan Ayu dan Gerald.
“Menikah itu hak asasi manusia. Agama juga hak asasi, jadi gereja memberi dispensasi untuk nikah beda agama,” kata Romo Ignatius Suharyo saat dimintai tanggapan, Jumat (18/3).

Ketika ditanya apakah ada hukum gereja yang dilanggar, Romo Ignatius Suharyo menepis. Ia menegaskan tak ada yang dilanggar meski Ayu beragama Islam.

“Sama sekali tidak ada yang dilanggar. Memang perlu dispensasi. Kalau tidak ada dispensasi pasti tidak akan diteguhkan pernikahannya,” tegas Romo Ignatius Suharyo yang juga Ketua Konferensi Wali Gereja ini.


kumparan sudah meminta penjelasan Ayu mengenai pernikahannya kemarin sebelum hari H pernikahannya, namun sejumlah pertanyaan kumparan tak direspons Ayu. Pesan whatsapp, maupun telepon juga tak mendapat respons.

Sebelumnya, dalam keterangan pers Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid 9 Maret 2022 yang lalu, Wamenag merespons viralnya nikah beda agama di sosial media.
“Peristiwa pernikahan beda agama yang viral di media sosial itu tidak tercatat di Kantor Urusan Agama atau KUA,” tegas Wamenag.

Sementara, Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof Zudan Arif Fakrulloh, menjelaskan pernikahan beda agama tidak diakui negara alias tidak bisa dicatatkan di Dukcapil.

Dalam hal ini, UU Perkimpoian mengatur bagi nonmuslim, pernikahan dicatatkan di Akta Nikah oleh Dukcapil. Sementara bagi muslim dicatat dalam Buku Nikah yang diterbitkan KUA. Pencatatan itu hanya terjadi jika pasangan beragama sama.

"Tidak boleh nikah beda agama dicatat di Dukcapil. Harus menikah dalam kondisi agama yang sama," ucap Zudan, Jumat (18/3).

https://m.kumparan.com/kumparannews/...ource=Facebook


Kenapa cuma stafsus yang dapat dispensasi ya? temen wa Chinese Kristen katolik. pacarnya Konghucu. itu sama gerejanya ga diterima nikahnya kecuali pacarnya masuk katolik dulu dan ikut kursus lengkap prosesi convert agama dan konseling pernikahan sesuai katolik selama 6 bulan. itu taun 2019 loh emoticon-Big Grin
indrastrid
rinandya
fan.kui
fan.kui dan 15 lainnya memberi reputasi
14
2.5K
88
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.