marywiguna13Avatar border
TS
marywiguna13 
Mengenal Berbagai Personalitas MBTI #RabuRandom


Apa itu MBTI?

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator, merupakan sebuah psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi dasar murni psikologis seseorang dalam melihat dunia dan membuat keputusan. Secara garis besar, psikotes ini dirancang untuk mengukur kecerdasan individu, bakat, dan tipe kepribadian seseorang.


MBTI didasarkan dari teori tipologi yang diusulkan oleh Carl Gustav Jung dalam bukunya yang berjudul "Psychological Type" yang diterbitkan pada tahun 1921. Dalam bukunya, Jung berteori bahwa ada empat fungsi psikologis utama yang digunakan manusia dalam menjalani kehidupan, yaitu sensasi (sensation), intuisi (intuition), perasaan (feeling), dan pemikiran (thinking).

MBTI kemudian dikembangkan oleh Katherine Cook Briggs dan puterinya, Isabel Briggs Myers sejak Perang Dunia II (1939-1945). Mereka percaya bahwa pengetahuan akan kepribadian dapat membantu perempuan yang akan memasuki dunia kerja di bidang industri. Setelah mengalami pengembangan, akhirnya tes MBTI ini pertama kali dipublikasikan pada tahun 1962.

Dalam mengembangkan MBTI, Katherine Cook Briggs dan Isabel Briggs Myers membahas dua tujuan terkait dalam perkembangan dan penerapan instrumen MBTI, yaitu identifikasi dari dasar preferensi yang tersirat dalam teori Carl Gustav Jung, serta identifikasi dan deskripsi dari 16 tipe kepribadian yang merupakan hasil dari interaksi dan preferensi.

Dalam tes MBTI, ada empat dimensi kecenderungan sifat dasar manusia, yaitu :

1. Dimensi pemusatan perhatian :
Introversion/Introvert (I) vs. Extroversion/Extrovert (E)

2. Dimensi memahami informasi dari luar :
Sensing (S) vs. Intuition (In)

3. Dimensi menarik kesimpulan dan keputusan :
Thinking (T) vs. Feeling (F)

4. Dimensi pola hidup :
Judging (J) vs. Perceiving (P)

Kombinasi dari keempat dimensi dasar tersebut menghasilkan 16 tipe kepribadian, yaitu ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ, dan ENTJ.


**************************************************


Quote:

1. Perencana yang baik

ISTJ umumnya adalah sosok yang sangat teliti, terorganisir, dan terstruktur. Oleh sebab itu, ISTJ sangat suka membuat rencana untuk setiap hal dalam hidupnya. Namun, karena terlalu teroganisir ISTJ cenderung akan kesulitan untuk menerima perubahan jika terdapat hal yang berbeda dari rencananya. Dan hal tersebut akan bisa membuatnya stres.

2. Bertanggung jawab

ISTJ selalu bekerja keras untuk menyelesaikan tugas atau kewajiban yang diberikan kepadanya. Dia juga selalu berusaha untuk menepati setiap perkataan atau janji yang ia utarakan kepada orang lain. Oleh sebab itu, dia dikenal sebagai sosok yang dapat diandalkan dan dipercaya oleh orang-orang di sekelilingnya.

3. Logis

ISTJ merupakan sosok yang sangat logis. Ketika dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya untuk mengambil keputusan, ISTJ mampu mengesampingkan perasaannya, sehingga dia bisa memutuskan dengan sangat objektif dan realistis. Jika ISTJ mendapat pengalaman atau informasi baru, dia akan membandingkan hal tersebut dengan apa yang sudah dia ketahui sebelumnya. Dengan begitu, dia bisa membuat prediksi dan rencana yang lebih baik untuk masa depannya.

4. Kaku dan keras kepala

ISTJ dikenal sebagai sosok yang kaku dan keras kepala. Dia cenderung memiliki kesulitan untuk menerima ide baru yang tidak sesuai dengan fakta yang diketahuinya. Akibat sifatnya tersebut, dia dapat melewatkan berbagai hal atau ide baru yang mungkin sebenarnya baik untuk dirinya.

Quote:

- Realistis
- Objektif
- Rasional
- Logis
- Tertib
- Terorganisir
- Sangat detail

Quote:

- Kaku
- Tidak peka
- Keras kepala
- Sulit menerima perubahan
- Cenderung judgemental

Quote:

ISTJ umumnya bisa bekerja dengan sangat baik pada pekerjaan yang memiliki jadwal, rutinitas, dan tugas yang jelas. ISTJ cocok untuk pekerjaan yang melibatkan struktur, perencanaan, dan perhatian terhadap berbagai detail penting. ISTJ juga lebih suka bekerja dalam lingkungan kerja yang stabil dan individualis.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ISTJ adalah :
Polisi, Tentara, Detektif, Dokter, Akuntan, Programmer, Pustakawan, Pengacara, Pilot, Hakim, dan Ahli statistik.


**************************************************


Quote:

1. Terstruktur

ISFJ adalah orang yang sangat rapi, terstruktur, dan tertib pada setiap hal dalam kehidupannya. Dia juga pribadi yang teliti, serius, bertanggung jawab, dan suka bekerja keras. Berkat karakternya ini, ISFJ sangat pandai dalam membuat rencana untuk masa depan. Ketika dia mendapatkan informasi dan pengalaman baru, dia akan mencari koneksi dan kesamaan antara satu informasi dengan informasi lainnya, untuk menemukan pola-pola baru. Karena dia sangat suka melihat segala sesuatu dengan gambaran besar yang menyeluruh.

2. Peka terhadap perasaan orang lain

Meski cenderung pendiam, ISFJ adalah sosok pengamat yang baik. Dia juga pandai mengingat detail-detail penting yang ada pada orang lain. Hal tersebut membuat ISFJ sangat peka terhadap emosi dan perasaan orang lain. ISFJ umumnya selalu berusaha untuk memenuhi keinginan dan kebutuhan orang lain, walau terkadang dia harus mengorbankan keinginannya sendiri demi memastikan orang lain bahagia.

3. Cenderung tertutup

Kendati sangat peka terhadap perasaan orang lain, ISFJ kerap kali kesulitan untuk mengekspresikan perasaannya sendiri. Ketika dihadapkan pada suatu masalah, ISFJ akan cenderung memendam emosi dan masalahnya daripada harus menceritakannya kepada orang lain, karena dia tidak ingin membebani orang lain dengan masalah yang sedang dihadapinya.

4. Menyukai fakta

ISFJ umumnya lebih menyukai fakta yang konkret daripada teori yang abstrak. Artinya, dia akan percaya pada suatu hal jika sudah pernah melakukan atau mengalaminya sendiri. Ketika ISFJ dihadapkan pada suatu situasi yang mengharuskannya untuk membuat keputusan, dia akan menggunakan informasi berdasarkan pengalamannya dimasa lalu untuk mencanangkan sebuah tindakan, serta memprediksi hasil dan akibat dari pilihan tersebut.

5. Sulit menerima perubahan

ISFJ adalah individu yang sangat terstruktur. Hal tersebut membuatnya sulit untuk menerima perubahan ketika ada suatu hal yang berbeda dari rencananya. Namun, bukan berarti ISFJ tidak bisa berubah sama sekali. Dia hanya perlu waktu lebih banyak untuk berpikir, bersiap, dan beradaptasi pada perubahan tersebut.

Quote:

- Peka
- Detail
- Setia
- Suportif
- Kooperatif
- Pekerja keras
- Dapat diandalkan
- Memiliki empati yang tinggi

Quote:

- Kaku
- Pemalu
- Menghindari konfrontasi
- Tidak suka perubahan
- Kurang berani mengambil resiko
- Terlalu mementingkan perasaan orang lain

Quote:

ISFJ cocok untuk pekerjaan yang melibatkan perencanaan jangka panjang, struktur, dan perhatian terhadap detail-detail penting. ISFJ suka berada pada lingkungan kerja yang stabil dengan rekan kerja yang saling peduli dan mendukung satu sama lain. ISFJ umumnya dihargai di tempatnya bekerja, karena ISFJ memiliki keterampilan, kemampuan, dan komitmen yang tinggi dalam pekerjaannya.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ISFJ adalah :
Pekerja sosial, Konselor, Psikolog, Perawat, Manajer, Administrator, Guru, Bankir, dan Akuntan.


**************************************************


Quote:

1. Idealis

Idealis adalah salah satu karakteristik INFJ yang paling menonjol. Umumnya dia memiliki keyakinan atau kepercayaan yang benar-benar dia pegang dengan teguh. Selain itu, dia biasanya juga memiliki mimpi untuk mengubah dunia menjadi apa yang menurutnya baik dan sesuai dengan idealismenya. INFJ umumnya pandai mengkomunikasikan dan mampu mewujudkan idealismenya menjadi suatu tindakan yang nyata.

2. Berempati tinggi

INFJ biasanya juga memiliki empati yang sangat tinggi. Pasalnya, dia memiliki intuisi yang kuat dan kemampuan untuk melihat inti permasalahan dari banyak hal yang ditemuinya. Maka dari itu, dia sangat pandai memahami motivasi, perasaan, dan kebutuhan orang lain, walaupun orang tersebut tidak mengatakan hal yang sebenarnya.

3. Suka menolong

INFJ umumnya sangat senang menolong orang lain. Menurutnya, menolong orang lain adalah salah satu cara yang bisa dia lakukan untuk mencapai idealismenya, yakni membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik bagi semua orang. Selain itu, membantu orang lain juga dia lakukan untuk membentuk hubungan yang kuat dan bermakna dengan orang-orang di sekitarnya.
Namun, INFJ tetap membutuhkan waktu untuk dia mengisi kembali energinya, karena pada dasarnya, INFJ adalah seorang yang introvert.

4. Terorganisir

Sebelum melakukan atau memutuskan sesuatu, INFJ sangat suka membuat perencanaan, agar semua hal dalam hidupnya bisa berjalan sesuai dengan keinginan dan harapannya. Namun, karena terlalu terorganisir, INFJ cenderung kaku dan tidak menyukai perubahan, apalagi perubahan yang terjadi didetik-detik akhir perencanaannya.

5. Cenderung tertutup

Walaupun memiliki kemampuan yang luar biasa untuk memahami perasaan orang lain, INFJ biasanya cenderung tertutup dan tidak suka membicarakan perasaannya sendiri. Ketika dihadapkan pada suatu masalah, INFJ biasanya akan berusaha sebaik mungkin untuk menyelesaikan masalahnya sendiri, karena dia tidak ingin membebani orang lain. Padahal hal tersebut justru bisa membuatnya kewalahan dan menimbulkan jarak antara dirinya dengan orang-orang di sekitarnya.

Quote:

- Artistik
- Kreatif
- Setia
- Pendengar yabg baik
- Berorientasi pada masa depan
- Peka terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain
- Senang membangun hubungan yang dekat dan mendalam
- Senang memikirkan arti hidup

Quote:

- Cenderung tertutup
- Kaku
- Keras kepala
- Sangat sensitif
- Sangat perfeksionis
- Tidak suka konfrontasi

Quote:

INFJ adalah orang yang sangat kreatif dengan kemampuan komunikasi yang sangat kuat, baik lisan dan tertulis. Dia juga mau terus belajar mengenai hal-hal yang berkaitan dengan manusia dan seni. INFJ akan bekerja dengan maksimal di lingkungan yang positif, ramah, dan fleksibel. Dia sangat cocok berkarir dibidang dimana dia bisa mengekspresikan dan mengeksplor kreatifitasnya, sekaligus mencapai idealismenya untuk membuat perubahan yang berarti di dunia.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk INFJ adalah :
Seniman, Penulis, Aktor, Pengusaha, Pemusik, Fotografer, Konselor, Psikolog, Sukarelawan, Guru, Desainer, Arsitek, dan Pemuka agama.


**************************************************


Quote:

1. Penyendiri

INTJ adalah seorang introvert, dia lebih senang menghabiskan waktu seorang diri daripada bersama orang lain. Kendati demikian, bukan berarti INTJ tidak suka bersosialisasi sama sekali. Hanya saja, dia lebih suka berinteraksi dengan keluarga atau teman-teman terdekatnya.

2. Ahli dalam perencanaan

INTJ biasanya adalah orang yang sangat senang memikirkan masa depan dan mengeksplorasi berbagai kemungkinan yang ada. Maka dari itu, biasanya INTJ sangat ahli dalam perencanaan jangka panjang dan pembangunan sebuah sistem.

3. Logis

INTJ biasanya memiliki pola pikir sebab-akibat. Ketika dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya mengambil keputusan, dia bisa sangat logis dan objektif. Dia juga sangat pandai mengambil hikmah atau makna tersembunyi dari setiap hal yang terjadi di dalam kehidupannya.

4. Rasional

INTJ juga sangat rasional dan mengesampingkan emosi. Bagi INTJ, hampir semua situasi dalam hidupnya bisa dijadikan peluang untuk memperluas pengetahuan dan mengasah kemampuan berpikirnya. Berkat pola pikirnya yang rasional, INTJ mampu menciptakan berbagai solusi inovatif untuk setiap masalah yang dihadapinya.

5. Ambisius

INTJ umumnya merupakan orang yang ambisius dan sangat berorientasi pada tujuan. Biasanya dia memiliki tujuan dan visi yang jelas tentang masa depannya. Tidak hanya itu, dia juga memiliki rencana yang jelas untuk mencapai tujuan dan visinya tersebut.

Quote:

- Objektif
- Logis
- Rasional
- Percaya diri
- Pekerja keras
- Pendengar yang baik
- Berorientasi pada masa depan
- Bisa menerima kritik dengan baik

Quote:

- Kaku
- Kurang sensitif
- Perfeksionis
- Tidak suka membicarakan perasaan

Quote:

INTJ adalah orang yang sangat analitis dan logis. Dia pandai mengumpulkan dan menganalisis informasi untuk mencapai wawasan-wawasan baru. Dia sangat cocok berkarir dibidang yang membutuhkan kemampuan untuk menafsirkan informasi kompleks, seperti pada bidang-bidang keilmiahan atau teknis.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk INTJ adalah :
Ilmuwan, Matematikawan, Arsitek, Insinyur, Dokter, Guru, Hakim, Programmer, dan Pengacara.


**************************************************


Quote:

1. Pendiam

ISTP biasanya tidak terlalu suka mengekspresikan dirinya kepada orang lain secara verbal. Sebaliknya, dia lebih senang memikirkan dan mencerna informasi dalam pikirannya sendiri. Kendati memang pendiam, tetapi ISTP biasanya juga merupakan sosok yang santai dan baik terhadap orang lain.

2. Praktis

ISTP merupakan orang yang praktis. Dia cenderung lebih suka mempelajari sesuatu dengan cara terlibat langsung ke dalam permasalahan yang ada. Selain itu, ISTP biasanya juga sangat energik dan suka mencoba berbagai hal baru yang berisiko atau memacu adrenalin, misalnya mencoba berbagai macam olahraga ekstrem.

3. Logis

ISTP umumnya juga merupakan sosok yang sangat logis dan rasional. Hal ini biasanya terlihat ketika ISTP dihadapkan pada situasi yang mengharuskannya untuk mengambil sebuah keputusan. Dia cenderung akan mengesampingkan perasaan dan emosi, baik miliknya maupun orang lain. Sebaliknya, dia akan mengambil keputusan berdasarkan fakta dan kenyataan yang ada, seobjektif mungkin.

4. Pandai memecahkan masalah

Berkat pemikirannya yang logis dan rasional, ISTP umumnya juga memiliki kemampuan yang sangat baik untuk memecahkan masalah secara efektif.
Ketika dihadapkan pada suatu masalah, ISTP biasanya akan berusaha sebaik mungkin untuk mencari penyebab dari masalah yang ada, sehingga dia bisa dengan cepat menentukan solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah tersebut.

5. Fleksibel

ISTP biasanya juga merupakan sosok yang fleksibel. Dia memiliki kemampuan untuk mengubah sikap dan pola pikirnya sesuai dengan situasi yang ada, sehingga dia bisa dengan mudah beradaptasi dengan setiap perubahan yang terjadi di dalam hidupnya.

Quote:

- Logis
- Objektif
- Fleksibel
- Realistis
- Mandiri
- Percaya diri
- Suka mencoba hal baru

Quote:

- Tidak peka
- Keras kepala
- Mudah bosan
- Sulit untuk berkomitmen
- Sulit untuk didekati

Quote:

ISTP cocok untuk berkarir pada perkerjaan yang melibatkan penalaran dan pengalaman langsung. Karena ISTP merupakan sosok yang praktis, realistis, dan memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menerapkan pola pikir sebab-akibat. ISTP biasanya paling suka bekerja di lingkungan yang fleksibel, individualis, tidak banyak aturan, sekaligus memungkinkannya untuk menggunakan keterampilan pemecahan masalahnya yang luar biasa.

Oleh karena itu, karir yang cocok untuk ISTP adalah :
Teknisi, Mekanik, Ahli forensik, Programmer, Ilmuwan, Pilot, Pengacara, Hakim, Pemadam kebakaran, atau Fotografer.


***************************************************

bersambung ke #2..

Sekian, dan terimakasih.

*
*
*
*
*

sumber 1, sumber 2, sumber 3, sumber 4, sumber 5, sumber 6, sumber 7, sumber 8, sumber 9, sumber 10, sumber 11, sumber 12, sumber 13, sumber 14, sumber 15, sumber 16, sumber 17

MasterSims
nilwatikta1965
nisathewande683
nisathewande683 dan 35 lainnya memberi reputasi
34
13.2K
278
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The LoungeKASKUS Official
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.