• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Mengenang 5 Hal yang Terjadi di Kaskus Pada Tahun 2010, Belum Ada Kubu-Kubuan Politik

cintadineAvatar border
TS
cintadine
Mengenang 5 Hal yang Terjadi di Kaskus Pada Tahun 2010, Belum Ada Kubu-Kubuan Politik


Kaskus. Sebuah forum internet yang berdiri sejak 1999 yang artinya forum ini sudah ada sebelum Facebook berdiri yang muncul 5 tahun setelahnya. Kaskus sekarang masih eksis dengan sejumlah pengguna yang memiliki minat dan hobi yang berbeda-beda. Kaskus yang didirikan oleh Mimin Andrew Darwis ini sebenarnya masih cukup ramai di forum-forum tertentu seperti thread official video game, contohnya thread Mobile Legends dan Genshin Impact yang dibuat beberapa part karena saking ramainya jumlah reply.

Ane bergabung pertama kali dengan Kaskus pada 2010, ketika ane belum punya smartphone dan Kaskusan di PC. Ane bisa bergabung dengan Kaskus karena setiap pencarian di Google sering memunculkan Kaskus dan akhirnya ane join saja. Delapan tahun ane banyak jadu silent reader dan baru aktif bikim thread sejak 2018. Pada 2010, saat itu Kaskus memang berbeda dengan Kaskus sekarang. Berikut ini adalah beberapa perbedaannya gan.

1. Masih Pakai Captcha

Pada 2010, untuk memposting, Kaskuser harus mengisi captcha terlebih dahulu menyaring pengguna yang melakukan spam. Kaskuser lebih sering menyebutnya dengan capcay. Dengan adanya capcay ini, Kaskuser akan cukup lama untuk mencapai ribuan posting. Anehnya, dulu masih banyak postingan komentar yang bersifat spam seperti "nice info gan" dan Pertamax diamankan". Saat ini ane jarang menemukan komentar yang bersifat junk tersebut.

Ane lupa kapan sistem captcha ini dihapus, mungkin sejak 2016 atau kapan. Agan di sini ada yang tahu?

2. Hot Thread yang Statis Seharian


Hot thread di Kaskus sekarang bersifat dinamis dan tiap jamnya akan muncul hot thread baru di beranda dan hot thread lama akan terus tenggelam ke bawah. Sedangkan hot thread pada tahun 2010 bersifat statis. Kira-kira akan ada 10 hot thread yang terpampang di beranda dan terus bertahan seharian. Tentunya sebuah kebanggaan bisa menjadi hot thread di Kaskus baik itu sekarang atau pada 2010 yang lalu.

3. Belum Ada Kubu Cebong dan Kadrun

Pada 2010 saat itu baru selesai Pemilu 2009. Dua tahun sebelum Pilkada DKI 2012 dan empat tahun sebelum Pilpres 2014. Pada saat itu di Kaskus belum ada kubu-kubuan di politik, tidak ada cebong dan kadrun. Kalau ada thread SARA semua kompak lapor hansip dan langsung disikat oleh momod.

Thread BP saat itu (2010) mungkin dipenuhi dengan kasus Bank Century yang kemudian berlanjut ke kasus mangkraknya Hambalang.

4. Cendol dan ISO


Pada 2010, untuk bisa memberikan cendol ke Kaskuser lainnya, postingan harus mencapai 2000 atau Kaskuser bilangnya ISO 2000. Dengan demikian, Kaskuser bisa memberikan cendol dan bata alias reputasi ke sesama pengguna. Kalau tidak salah sejak 2018 siapapun bisa memberikan cendol dan bata tanpa minimal postingan. Sistemnya mirip seperti di Reddit dan Quora yaitu upvote dan downvote.

Pada 2010 mengumpulkan cendol memang agak susah karena harus membuat thread yang bermutu dan mendapatkan penilaian dari para Kaskuser yang sudah ISO.

5. Lebih banyak Ngaskus di Komputer dan Warnet

Saat itu pada 2010 belum banyak smartphone canggih, masih mahal. Begitu juga dengan feature phone yang masih kurang nyaman dipakai internetan. Makanya dulu Kaskusan lebih sering dilakukan di warnet atau PC milik sendiri.

Barulah ketika Android dan iOS berjaya, Kaskuser bisa lebih leluasa ngaskus di smartphone masing-masing.


Ayo, gan ada lagi yang merupakan khas dari Kaskus tahun 2010? emoticon-Big Grin

Referensi

hugomaran
jgc14arman23
trueg405613
trueg405613 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
5.3K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.