• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Nostalgia Mito, Dulu Ponselnya Limbad Sekarang Jualan Oven Listrik

cintadine
TS
cintadine
Nostalgia Mito, Dulu Ponselnya Limbad Sekarang Jualan Oven Listrik


Mito, sebuah merek ponsel lokal Indonesia yang kini banting setir menjual mesin cuci, oven listik, dan juga air fryer. Ane sampai kesulitan kapan Mito berdiri dan siapa pendirinya karena memang infonya terbatas bahkan namanya sudah berubah, yang dulunya adalah Mito Mobile, sekarang telah menjadi Mito Electronic.

Dulu di masa saat rajin membuat hp atau ponsel, Mito bersaing dengan sesama produk lokal seperti Evercoss, Advan, dan juga Nexian yang sekarang juga entah ke mana. Nama Mito sendiri sempat terkenal merilis beberapa hp Android termasuk Android One. Nama Mito Mobile tenggelam karena serbuan hp China seperti Xiaomi.

Terkenal Karena Limbad dan Deddy Corbuzier


Mito sempat menggunakan jasa artis-artis ternama seperti Limbad, Deddy Corbuzier, Romy Rafael, dan Afgan. Namun Mito lebih dikenal sebagai hapenya Limbad karena Limbad lebih sering menjadi bintang iklannya.

Salah satu produk Mito yaitu Mito 303 iklannya di tv dibintangi oleh Limbad, hp ini adalah hp qwerty yang saat itu memang menjadi tren. Mito Limbad tersebut memiliki suara speaker ekstra besar.



Adapun yang iklannya dibintangi oleh Deddy Corbuzier saat itu salah satunya adalah Mito 311 dan beberapa lainnya adalah Mito Android yang sudah layar sentuh. Sementara Romy Rafael jadi bintang iklan Mito 868 yang merupakan hp mirip N-Gage.



Afgan sendiri jadi bintang iklan di Mito A300, hp Android Mito yang dirilis pada awal 2013 dan sempat jadi salah satu Android murah di masanya. Masa ketika Android masih boros baterai.

Dari QWERTY ke Android


Mito muncul ketika tren hp qwerty ala Blackberry tengah mewabah sekitar tahun 2009. Kala itu hp Mito dibanderol dengan harga yang sangat murah, mulai dari 300 ribuan dan ternyata laris di pasaran. Ketika tren bergeser ke layar sentuh, Mito juga ikut meramaikan. Awalnya adalah hp layar sentuh biasa dan kemudian ikutan menggunakan Android.

Mito Android kala itu juga cukup laris dan salah satunya adalah seri Mito Fantasy.

Kalah Telak Oleh Xiaomi dkk


Keberhasilan Mito tak berlangsung lama, Xiaomi masuk ke Indonesia pada 2014 dan ditambah lagi oleh brand China lainnya yang mampu memberikan kualitas tinggi, Mito lama kelamaan terbenam dan tidak dilirik lagi oleh para konsumen.

Penyebabnya adalah Mito sebagaimana hp lokal lainnya tak mampu bersaing dan tak bisa berinovasi lebih lanjut. Toh, komponen Mito juga berasal dari China dan Mito hanya merakit saja.

Kini Jualan Elektronik Lainnya


Menolak bangkrut, Mito lebih memilih untuk banting setir menjual peralatan elektronik lainnya. Seperti mesin cuci mini, air fryer, dan oven listrik yang diberi nama Fantasy, sebuah nama yang pernah disematkan pada seri ponsel Androidnya dulu. Mito kini juga jualan rice cooker, blender, dll.

Produknya tersebut cukup laku dan banyak konsumen setianya terutama para ibu-ibu. Rupanya Mito tahu betul bagaimana caranya bertahan dalam bisnis.

Nah, gan. Gimana, apakah agan dulu pernah punya hp Mito? Atau sekarang punya mesin cuci Mito? emoticon-Ngakak (S)

Referensi

hendratmo300390vagnoxBlueGuy.Banci
BlueGuy.Banci dan 8 lainnya memberi reputasi
9
11.2K
46
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.4KThread81.3KAnggota
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.