• Beranda
  • ...
  • The Lounge
  • Kenapa Ukraina Mendapatkan Pembelaan Dunia Sedangkan Palestina Tidak? Ini Alasannya

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
Kenapa Ukraina Mendapatkan Pembelaan Dunia Sedangkan Palestina Tidak? Ini Alasannya
Rusia mendapatkan kecaman dunia karena melakukan invasi terhadap Ukraina, kenapa Israel tidak mendapatkan sanksi serupa karena menjajah Palestina?


Rusia melakukan invasi atau operasi militer kepada Ukraina sejak tanggal 24 Februari 2022 dan telah memakan banyak korban serta menghancurkan tempat-tempat dan bangunan penting milik Ukraina.

Atas serangan Rusia terhadap Ukraina ini seperti yang Agan dan Sista ketahui bahwa Rusia mendapatkan sanksi serta kecaman dari negara-negara lain bahkan lembaga-lembaga penting dunia juga ikut memberikan sanksi sebagai hukuman kepada Rusia yang telah melakukan penyerangan terhadap Ukraina.

Banyak sanksi-sanksi yang diterima Rusia saat ini setelah Rusia secara terang-terangan menyatakan operasi militer terhadap Ukraina. Mulai dari penolakan penayangan acara televisi Rusia, didiskualifikasinya tim-tim olahraga Rusia dari ajang olimpiade dunia, pembekuan aset perbankan bahkan juga penutupan akses penerbangan untuk maskapai dari Rusia.

Hukuman berat yang diterima Rusia dari lembaga-lembaga dunia ini pun secara tidak langsung memantik perbandingan perang antara Israel dan Palestina. Kenapa Rusia mendapatkan sanksi sedangkan Israel tidak?

Mungkin Agan dan Sista pun bertanya-tanya kenapa hal tersebut bisa terjadi.




Menurut beberapa artikel yang ane baca bersumber dari pandangan ahli, ada beberapa faktor yang mempengaruhi perbedaan sikap atau tindakan lembaga dunia terkait perang Rusia vs Ukraina dan Israel vs Palestina. Adapun beberapa faktornya adalah sebagai berikut:


1. Negara Kekuatan Nuklir

Alasan pertama kenapa pandangan dunia saat ini tertuju kepada invasi Rusia terhadap Ukraina adalah karena dalam operasi militer tersebut melibatkan negara dengan kekuatan nuklir terbesar di dunia GanSis.

Rusia adalah negara yang memiliki kekuatan nuklir terbesar sehingga operasi militer atau invasi yang dilakukan menimbulkan bahaya yang cukup besar bagi dunia. Selain itu Ukraina juga mendapatkan dukungan dari Amerika Serikat yang juga menjadi salah satu negara dengan kekuatan nuklir terbesar di dunia dan dapat dikatakan sebanding dengan Rusia.

Pembeda kenapa Israel tidak mendapatkan sanksi dari dunia adalah karena dalang yang ikut membantu Israel dalam operasi militer terhadap Palestina adalah Amerika Serikat, sedangkan Palestina tidak mendapatkan dukungan dari negara dengan kekuatan nuklir terbesar di dunia layaknya Israel.


2. Dapat Menimbulkan Perang Dunia 3

Invasi Rusia kepada Ukraina diprediksi dapat menjadi penyebab terjadinya perang dunia ketiga jika NATO dan Amerika Serikat ikut berperan aktif di dalam membela Ukraina yang mendapat invasi dari Rusia GanSis. Ini lah yang menjadi penyebab kenapa dunia memberikan sanksi terhadap Rusia dan meminta Rusia untuk menghentikan serangannya terhadap Ukraina.

Perang Israel dan Palestina tidak menimbulkan perang dunia ketiga karena perang ini telah ada dan berjalan sejak masa-masa yang lalu.


3. Adanya Peranan Amerika Serikat

Tidak dipungkiri Amerika Serikat sangat berpengaruh terhadap dunia, entah itu dari segi ekonomi, keamanan, atau apapun itu GanSis.

Peran Amerika Serikat dalam perang antara Israel dan Palestina serta Rusia dengan Ukraina adalah permainan besar yang dilakukan Amerika Serikat itu sendiri GanSis. Bahkan sanksi-sanksi yang diberikan dunia kepada Rusia tidak luput juga diindikasikan ada peran Amerika Serikat yang mencari keuntungan dengan mempermainkan keadaan.

Di dalam perang antara Israel dan Palestina, Amerika Serikat memiliki kepentingan untuk ikut menguasai Palestina dengan membantu Israel dan disinilah Amerika Serikat memainkan peran pentingnya terhadap dunia untuk tidak memberikan sanksi terhadap Israel.

sumber gambar

Itulah GanSis beberapa faktor kenapa dunia bersikap berbeda terhadap kejahatan yang dilakukan Israel terhadap Palestina sedangkan Rusia mendapatkan sanksi berat karena melakukan invasi terhadap Ukraina.

Menurut pandangan ane pribadi tentu sikap dunia ini tidak adil ya GanSis terhadap Palestina karena Palestina sendiri juga memiliki hak untuk merdeka dari penjajahan yang selama ini membuat warga masyarakatnya sengsara.

Rusia yang baru beberapa hari melakukan invasi kepada Ukraina sudah memantik keributan lembaga-lembaga dunia karena ketakutan negara-negara berkepentingan dan juga ketakutan dunia hancur jika terjadi perang dunia ketiga.

Semoga saja perang dimanapun itu segera selesai, karena apapun tujuan perang pastinya akan ada orang-orang yang tidak bersalah dan menjadi korban GanSis.

Mungkin Agan dan Sosta ada pandangan lain terhadap operasi militer Rusia ke Ukraina atau persengketaan Israel dengan Palestina?
Silakan berikan pandangan GanSis di bawah.




Penulis: @masnukho©2022
Narasi: Ulasan pribadi
Sumber gambar
1, 2, 3
bstepanus
screamo37
pakisal212
pakisal212 dan 32 lainnya memberi reputasi
33
25.2K
504
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
The Lounge
The Lounge
icon
922.7KThread82.1KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.