bagong160Avatar border
TS
bagong160
Bandingkan Suara Adzan dengan Gonggongan Anjing, Menag Dianggap Kurang Cerdas

Wakil Ketua DPD RI Mahyudin. (Foto: Biro Protokol, Humas dan Media DPD RI)

Wowsiap.com - Pernyataan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas yang membandingkan suara adzan di masjid maupun mushola dengan gonggongan anjing, dianggap kurang cerdas. Meskipun pada dasarnya tujuan penerbitan surat edaran (SE) Menag tersebut berisi aturan penggunaan toa bagian dalam dan luar masjid bertujuan baik,

“Saya kurang setuju dengan perumpamaan yang digunakan Menag dengan membandingkan suara adzan dengan gonggongan anjing. Pernyataan itu agak kurang pas dan kurang cerdas,” kata Wakil Ketua DPD RI Mahyudin.


Padahal, lanjutnya aturan penggunaan pengeras suara itu dikeluarkan demi merawat persaudaraan dan harmoni sosial di tengah masyarakat yang beragam. Mengingat SE tersebut berisi berbagai aturan penggunaan toa masjid dan mushola, seperti saat mengumandangkan adzan dan bacaan sholat berjamaah.


“Memang sebaiknya penggunaan toa luar masjid itu hanya untuk mengumandangkan adzan. Namun saat sholat berjamaah, suara bacaan imam cukup menggunakan toa dalam saja,” ujarnya.


Hal itu karena bacaan sholat yang zahar atau nyaring cukup didengar makmum. Karenanya, dia meminta agar aturan yang bertujuan baik itu bisa disampaikan kepada masyarakat dengan bahasa yang santun.

“Sehingga tidak malah memancing kegaduhan di tengah masyarakat. Sebaiknya, setiap kalangan - terutama pejabat negara - hendaknya dapat menggunakan diksi-diksi yang baik dan tidak malah memancing kegaduhan di tengah masyarakat,” tandasnya.






kelayan
abumuda
nukha.777
nukha.777 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
1.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.9KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.