bungtak.selaluAvatar border
TS
bungtak.selalu
Viral Pentas Wayang Mirip Sosok Khalid Basalamah, Gus Miftah: Otoritas Dalang

Jakarta - Gus Miftah angkat bicara soal pergelaran wayang di pondok pesantrennya yang mengundang kontroversi. Pergelaran wayang itu viral di media sosial yang menunjukkan pergelaran wayang dengan salah satu tokohnya menggunakan peci dan berjenggot remuk dalam beradegan perang melawan tokoh wayang lainnya.

Sementara itu, warganet mengaitkan tokoh wayang berpeci itu dengan sosok Ustaz Khalid Basalamah. Gus Miftah pun memberi penjelasan. Menurut dia, jalan cerita ataupun tokoh di pergelaran wayang itu merupakan otoritas dalang, bukan dari pihaknya.

"Soal konten atau lakon, atau atraksi di dalam pertunjukan wayang, itu merupakan domain dan wilayahnya dalang itu sendiri. Jadi isinya tentang apa, itu kita hanya dikasih lakonnya saja, tetapi pertunjukannya seperti apa, itu ya urusan dalang bukan urusan saya. Dan saya tidak bisa intervensi itu. Itu sudah merupakan kebiasaan bahwa atraksi panggung atau atraksi dalam pertunjukan wayang itu urusan dalang," kata Gus Miftah saat dihubungi, Senin (21/2/2022).

"Otoritas dalang," sambungnya.

Gus Miftah mengaku hanya mengakomodasi usulan agar diadakan pentas wayang di pondok pesantren yang dikelolanya. Gus Miftah mengaku sudah lama di Pesantren Ora Aji yang dikelolanya rutin menggelar pentas wayang.

Baca juga:Fadli Zon Kritik Gelaran Wayang di Ponpes Gus Miftah: Apa Kita Harus Tertawa?

"Saya itu nanggap wayang dari tahun 2012 artinya memang Pondok Pesantren Ora Aji itu rutin menggelar pentas wayang, cuman berhenti karena persoalan pandemi. Jadi kalau dimaknai pentas wayang itu merupakan reaksi atau respons dari apa yang terjadi hari ini, itu saya pikir kurang pas," katanya.

"Pentas terakhir kemarin yang kita lakukan itu karena permintaan teman-teman seniman untuk bisa urun rembuk di pondok saya yang kebetulan saya begitu care dengan permintaan seni dan budaya. Karena ada permintaan itu ya sebisa mungkin saya bantu," ujar Gus Miftah.

Sementara itu, Gus Miftah juga memberi penjelasan tentang sajak yang diduga mengkritik pihak yang mengharamkan wayang. Gus Miftah mengatakan wajar saja jika terdapat perbedaan pendapat dalam suatu pandangan. Ia mengaku siap bertanggung jawab soal sajak tersebut, tetapi terkait dengan atraksi dalam pentas wayang itu, menurut Gus Miftah merupakan otoritas dalang.

Baca juga:Nasib Wayang Mirip Khalid Basalamah: Dimaki, Dibanting hingga Seruan Diremuk

"Kalau yang viral atau trending itu tentang sajak saya, kalau soal kritik ilmu atau perbedaan pendapat dalam ilmu itu kan suatu yg lumrah, jadi ya sah sah saja," kata Gus Miftah.

"Jadi kalau sajak yang saya buat itu tanggung jawab saya penuh. Tapi kalau soal atraksi di dalam pentas wayang itu merupakan domainnya dalang, bukan saya," imbuhnya.

https://news.detik.com/berita/d-5951...toritas-dalang

Komen TS : NU dengan propaganda damai dan rahmatan lil alamin selalu menyangkal OKNUM kepada muslim yg melakukan tidak sesuai propaganda mereka.

Tapi dari kasus Gus Miftah ini, fakta terungkap!! Ketika OKNUM dan fans NU dipertemukan dalam debat agama dan tafsir kitab suci di berbagai medsos, ternyata yg OKNUM jauh lebih Islami dan membuat fans NU nyungsep dalam debat.

Akhirnya setelah fans NU nyungsep kalah debat lawan Wahabi (termasuk di IG Gus Miftah sendiri), Gus Miftah jiper juga dan mencoba lepas tangan. Tekanan kuat Wahabi ini lama-lama kalau dibiarkan akan membuat NU tenggelam.

Tapi ya wajar, krn secara dalil Wahabi lebih kuat drpd jurus propaganda damai dan rahmatan lil alamin NU. Wahabi juga lebih jujur sesuai yg tertulis (misal soal ibu nabi masuk neraka dan Islam disebarkan lewat perang) emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh bungtak.selalu 21-02-2022 23:57
de.payens
viniest
muhamad.hanif.2
muhamad.hanif.2 dan 13 lainnya memberi reputasi
12
3.7K
155
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Mari bergabung, dapatkan informasi dan teman baru!
Berita dan Politik
Berita dan Politik
icon
669.8KThread40.2KAnggota
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Ikuti KASKUS di
© 2023 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved.